Berita Perjalanan Saran 5 Barang yang Jangan Dibawa vs 5 Barang Pengganti yang Bisa Dibawa Ketika Traveling

Semua artikel

5 Barang yang Jangan Dibawa vs 5 Barang Pengganti yang Bisa Dibawa Ketika Traveling

Kadang ketika packing untuk traveling, seringkali kita memasukkan barang-barang yang sebetulnya tidak terlalu kita perlukan dan hanya membuat ransel atau koper kita berat. Padahal, di zaman yang kian canggih ini, ada beberapa barang substitusi yang bisa kita pergunakan dan beratnya lebih ringan. Ini dia 5 di antaranya.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Jangan bawa: buku atau laptop

Bawa saja penggantinya: e-book reader / tablet

Membaca buku dan bekerja dengan laptop seringkali menjadi aktivitas utama untuk mengisi waktu luang saat menunggu di bandara, selama penerbangan, atau bahkan "teman" untuk mengisi waktu di coffeeshop. Akan tetapi, ukurannya yang cenderung besar dan tebal menambah beban di ransel atau koper Anda, seringan apapun mereka.

Untunglah sekarang sudah ada e-book reader dan tablet multifungsi yang bisa digunakan untuk membaca buku sekaligus bekerja, tentunya dengan ukuran yang jauh lebih tipis sehingga bisa menghemat ruangan dalam ransel atau koper Anda.

Baca juga: 7 Cara Packing Untuk Menghindari Biaya Bagasi Ekstra.

Cari tiket murah via Skyscanner

e-Book reader

Jangan bawa: stop kontak dengan lubang banyak

Bawa saja penggantinya: power bank

Keterikatan traveler zaman sekarang dengan dunia digital membuat charger (handphone, laptop, ataupun kamera) menjadi alat yang tak boleh ketinggalan untuk dibawa. Masalahnya ketika Anda membawa gadget semakin banyak, maka kebutuhan isi ulang batere juga meningkat dan Anda pun biasanya akan memutuskan untuk membawa stopkontak dengan lubang banyak. Padahal, selain cenderung berukuran panjang dan memakan tempat, stop kontak tidak efektif karena tidak bisa dipergunakan kapanpun Anda inginkan – karena harus terhubung listrik.

Oleh karena itu, lebih baik Anda membawa power bank yang berukuran lebih kecil, dengan stopkontak lebih dari dua dan kekuatan minimal 10.000 mAH agar Anda bisa men-charge gadget Anda kapanpun dan di mana pun. Anda pun akan menghemat tempat dalam ransel atau koper Anda.

Cari tiket murah via Skyscanner

Powerbank

Jangan bawa: handuk dan bantal

Bawa saja penggantinya: sarung / kain dan bantal lipat

Anda mungkin tidak yakin dengan kebersihan handuk yang disediakan hotel tempat Anda menginap, atau Anda mungkin tidak bisa tidur jika tidak menggunakan bantal favorit Anda. Sayangnya, dua benda ini adalah salah dua benda terbesar yang akan sangat memakan tempat dalam ransel atau koper Anda.

Saran kami, bawalah kain tipis yang menyerap air sebagai pengganti handuk. Carilah juga bantal lipat yang bisa Anda tiup untuk menggembung, lalu pakailah itu sebagai alas kepala Anda ketika tidur. Agar bau favorit Anda bisa ikut terbawa ketika traveling, gunakanlah untuk tidur dari beberapa hari sebelum Anda pergi.

Baca juga: Tips Packing Ringan Dengan Ransel.

Cari tiket murah via Skyscanner

Bed sheets

Jangan bawa: berbagai jenis sepatu

Bawa saja: satu saja sepatu multifungsi yang nyaman

Ketika bepergian, terutama dalam waktu yang lumayan lama, Anda mungkin belum yakin dengan tempat yang akan dikunjungi dan kegiatan yang akan dilakukan. Untuk itu, Anda membawa berbagai jenis pakaian – dan sepatu – untuk berbagai kondisi. Padahal, hal ini bisa membuat ransel dan koper Anda penuh.

Saran kami, carilah sepatu yang versatile, sehingga bisa Anda gunakan satu sepatu dalam situasi apapun; formal atau non-formal, jalan santai, ke pantai, ataupun naik gunung. Jangan lupa, pastikan sepatu tersebut juga nyaman.

Cari tiket murah via Skyscanner

Sepatu

Jangan bawa: uang kertas dalam jumlah banyak

Bawa: ATM dan kartu kredit

Uang tunai adalah hal yang sangat penting ketika traveling. Semakin lama Anda traveling, maka semakin banyak uang yang Anda butuhkan. Akan tetapi, ketika Anda bepergian dalam waktu yang lama dan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, Anda akan menarik perhatian pencopet dan sejenisnya.

Untuk itu, bawalah uang secukupnya saja, sisanya simpan di ATM dan lakukan tarik tunai setibanya Anda di kota tujuan. Anda pun bisa melakukan hal yang sama jika Anda ke luar negeri. Jangan khawatir nilai tukar di ATM lebih tinggi, malah sebaliknya. Mengambil uang di ATM negara tujuan bisa memberikan Anda rate yang lebih baik ketimbang menukar uang di negara asal.

Baca selengkapnya di: Tips Memilih Tempat Penukaran Uang dengan Nilai Tukar Terbaik.

Cari tiket murah via Skyscanner

Dompet berisi kartu kredit

Sudah siap jalan-jalan lagi? Segera cari dan pesan tiket pesawat serta hotel Anda lewat Skyscanner. Download juga aplikasi gratis Skyscanner di smartphone Anda, agar pencarian tiket pesawat dan hotel bisa dilakukan kapan saja, di mana saja.

Peta

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!