Berita Perjalanan Saran 6 Cara Berlibur ke Rusia Tanpa Visa

Semua artikel

6 Cara Berlibur ke Rusia Tanpa Visa

Katanya, banyak jalan menuju Roma. Faktanya, banyak jalan pula menuju Rusia, —termasuk perjalanan yang tanpa harus menggunakan visa!

Jika selama ini rencana Anda berlibur ke Rusia terganjal urusan visa, maka dalam artikel berikut Skyscanner merangkum 6 cara untuk berkunjung ke Rusia tanpa perlu repot mengurus visa:

1. Memiliki paspor dinas/paspor diplomatik

Jika Anda pemegang paspor dinas atau paspor diplomatik dengan masa berlaku minimal 6 bulan, Anda diperbolehkan terbang dan berlibur ke Rusia selama 14 hari. Jangka waktu itu dapat diperpanjang sebanyak satu kali dengan waktu kunjungan maksimal sepanjang 90 hari.

2. Memiliki APEC Business Travel Card (ABTC)

Jika Anda seorang pebisnis dengan mobilitas tinggi, sering bepergian ke beragam negara untuk kepentingan bisnis, dan memiliki ABTC, maka Anda tidak perlu direpotkan dengan pengajuan visa. Bermodalkan ABTC, Anda dapat langsung terbang ke sana.

Cari tahu lebih lanjut tentang cara mendapatkan APEC Business Travel Card di sini.

Cari tiket murah ke Rusia

3) Memiliki FAN ID

Jika Anda penggemar sepakbola dan berencana berkunjung ke Rusia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, maka Anda wajib memiliki FAN ID. Selain memungkinkan Anda berkunjung ke sana tanpa visa, FAN ID juga berfungsi sebagai tiket masuk menuju beragam stadion yang dijadikan tempat pertandingan. Cek website ini untuk mengetahui syarat lengkap dan jadwal registrasi untuk pembuatan FAN ID.

4) Berlayar menuju St. Petersburg dengan kapal pesiar

Sebagai kota terbesar kedua di Rusia, St. Petersburg tercatat sebagai salah satu kota paling cantik di dunia. Beragam bangunan masa Renaissance yang cantik serta kanal dan jembatan iconicmenjadi daya tarik St. Petersburg. Berita baiknya, jika Anda berencana berkunjung ke St. Petersburg dengan kapal pesiar, Anda tidak perlu mengajukan visa.

Salah satu kapal pesiar yang berlayar ke St. Petersburg adalah St. Peter Line. Terdapat tiga pilihan jalur yang disediakan, yaitu:

  1. Tallinn – Stockholm – Helsinki – St. Petersburg – Helsinki.
  2. Stockholm – Helsinki – St.Petersburg – Helsinki.
  3. Helsinki – St.Petersburg – Helsinki/Stockholm/Tallinn

Masing-masing opsi di atas memiliki durasi kunjungan yang berbeda. Ada yang hanya memperbolehkan Anda mengunjungi St. Petersburg selama 1 hari, ada pula yang mengizinkan Anda tinggal hingga 3 malam. Lihat informasi selengkapnya di sini.

Cari tiket murah ke Rusia

5) Berlayar menuju Kaliningrad dengan kapal pesiar

Kaliningrad adalah ibu kota Oblast Kaliningradskaya yang merupakan salah satu daerah administratif Rusia dan terletak di antara Lithuania – Polandia.

Jika ingin berkunjung ke Kaliningrad tanpa visa, Anda dapat menumpang kapal pesiar untuk mengikuti tur Laut Baltik yang dimulai dari Belanda dan berlanjut menuju Norwegia, Swedia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Jerman, Denmark dan tentunya Rusia.

Selagi berada di Kaliningrad, Anda bisa transit selama 3 hari. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan, antara lain: berkunjung ke Katedral Königsberg untuk mengagumi keindahannya sekaligus menonton konser organ yang megah, meneguk bir di Bretzel, serta menyantap masakan khas Lithuania.

Anda juga bisa mengunjungi Curonian Spit National Park yang hanya berjarak 1 jam perjalanan darat dari Kaliningrad. Taman nasional berupa bukit pasir yang terletak tepat di antara Laut Baltik dan Curonian Lagoon ini merupakan tempat di mana Anda dapat menemukan babi rusa/babi hutan yang sangat jinak, dan juga pohon-pohon pinus berbentuk unik yang sekilas terlihat seperti sedang menari.

Cari tiket murah ke Rusia

6) Berlayar menuju Vladivostok dengan kapal pesiar

Selain dua kota di atas, Vladivostok menjadi kota terakhir di Rusia yang dapat Anda kunjungi tanpa visa. Sama seperti St. Petersburg dan Kaliningrad, Anda hanya diperbolehkan transit di Vladivostok selama maksimal 3 hari kunjungan.

Selama berada di Vladivostok, pastikan Anda mengunjungi Seaside Safari Park/Primorye Safari Park yang memungkinkan Anda melihat harimau amur, beruang, rusa, dan binatang lainnya hidup bebas di habitatnya. Ingat cerita tentang harimau amur dan kambing bernama Timur yang bersahabat karib? Nah, Anda dapat melihat keduanya di sini.

Anda juga dapat menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di Central Square, berkunjung ke Arseniev Regional Museum, mampir ke S-56 Submarine Museum, melihat The Vladivostok Fortress serta Vladivostok Railway Station yang terkenal, dan naik ke mercusuar Tokarev Sky. Bagi yang ingin wisata kuliner, Anda wajib menyantap pakis, udang, dan teripang di Port Café.

Untuk menuju Vladivostok, Anda dapat berlayar dengan kapal pesiar dari Jepang yang memiliki 3 pilihan rute:

  1. Jepang – Vladivostok – Jepang
  2. Jepang – Vladivostok – Korea Selatan – Jepang
  3. Jepang – Taiwan – Vladivostok – Jepang

Cari tiket murah ke Rusia

Jika Anda bukan pemilik paspor dinas/paspor diplomatik/ABTC, tidak tertarik memiliki FAN ID, enggan berwisata dengan kapal pesiar, tetapi memiliki rencana untuk mengunjungi Rusia, Anda dapat mengajukan visa turis dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Mengisi formulir secara online di sini kemudian dicetak
  2. Menyiapkan paspor asli dan fotokopinya (dengan masa berlaku minimal 6 bulan)
  3. Memiliki tiket pesawat untuk perjalanan pulang dan pergi
  4. Mengisi surat undangan/visa support dari agen perjalanan yang bisa didapat secara online.
  5. Melampirkan bukti pembayaran akomodasi perjalanan yang mencakup penginapan, tiket tiket kereta, dan tiket bus).
  6. Melampirkan foto terbaru ukuran 3×4 dengan background berwarna putih sebanyak 2 lembar.
  7. Menyiapkan uang sebesar USD 70 (single entry) atau sebesar USD 100 (multiple entry)

Setelah melengkapi semua dokumen, Anda dapat mengajukan visa di Kedutaan Besar Rusia yang beralamat di Jl. H. R. Rasuna Said Kav. X7 No. 1-2, Jakarta. Pengajuan visa hanya tersedia pada hari kerja mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WIB. Proses pembuatan visa turis memakan waktu sekitar 4 hingga 20 hari.

Baca juga Panduan Wisata ke Rusia di sini.

Cari tiket murah ke Rusia

Dengan banyaknya cara untuk bisa berlibur ke Rusia tanpa visa, Anda semakin mudah untuk merealisasikan rencana perjalanan Anda ke Rusia. Cari tiket pesawat dan hotel ke Rusia lewat Skyscanner. Download juga aplikasi gratis Skyscanner di smartphone Anda, agar Anda bisa mencari tiket pesawat kapan saja, di mana saja.

Peta