Berita Perjalanan Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina

Semua artikel

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina

Filipina belum jadi destinasi populer turis Indonesia. Padahal Filipina memiliki banyak pantai yang akan membuat Anda jatuh cinta.

Filipina adalah sebuah negara kepulauan yang sangat besar dan terbagi menjadi tiga kelompok pulau besar, yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. Ketiganya terbagi lagi menjadi 18 daerah, 81 provinsi, 144 kota, 1.490 kotamadya. Sama seperti Indonesia yang juga merupakan negara kepulauan, Filipina pun memiliki banyak sekali pemandangan alam indah, terutama pantai.

Selain itu, Filipina juga terkenal akan keramahannya yang menjadikannya sebagai salah satu dari “10 Negara Paling Murah Senyum di Dunia”. Sayangnya, masih banyak warga Indonesia yang tidak terlalu mengenal Filipina. Hingga bulan Juli tahun 2013, hanya 0.01% warga Indonesia yang sudah berkunjung ke Filipina.

Berencana mengunjungi Filipina dalam waktu dekat? Mulailah dari 3 pulau atau pantai terbaik Filipina pilihan Skyscanner berikut ini.

1. Palawan

Palawan adalah sebuah provinsi yang berbentuk kepulauan dengan ibu kota Puerto Princessa. Palawan memiliki banyak sekali pantai indah. Palawan juga memiliki dua Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Tubbataha Reef National Marine Park dan Puerto Princessa Underground River, di mana yang terakhir juga merupakan salah satu dari “7 Keajaiban Dunia Baru”.

Cari tiket murah ke Puerto Princesa

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina - Underground_River_Puerto_Princessa

Foto : paweesit.

Selain Puerto Princessa, Palawan juga memiliki dua kota atau pulau lainnya yang terkenal, yaitu El Nido dan Coron. El Nido tadinya hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja, namun kini El Nido mulai ramai dikunjungi oleh turis mancanegara. Dengan karakter bebatuan kapur seperti di Halong Bay, Krabi, dan Guilin, serta resort di atas air seperti di Maldives dan Ora Beach, El Nido juga terkenal sebagai salah satu destinasi honeymoon terfavorit warga Filipina.

Cari tiket murah ke El Nido

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina - El_Nido

Sementara Coron terkenal oleh situs diving-nya yang kaya akan terumbu karang dan bangkai kapal. Selain sebagai situs diving, Coron juga memiliki banyak laguna, danau, pulau, dan pantai yang cocok untuk island hopping, snorkeling, maupun sekadar berenang. Ada Twin Lagoon yang warna airnya bisa berubah tergantung musim. Ada pula Kayangan Lake, salah satu danau terbersih se-Asia. Lalu Barracuda Lake yang menjadi favorit para penyelam karena situs diving-nya yang unik, yaitu bisa berubah suhu tergantung kedalaman air. Selain itu, Coron juga memiliki Malcapuya Island, Banana Island, dan Bulog Beach yang cocok sebagai tempat bersantai karena pantainya yang sepi dan berpasir putih.

Cari tiket murah ke Coron

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina - Coron

2. Boracay

Boracay adalah salah satu pulau paling terkenal di Filipina. Bisa dibilang, Boracay adalah “Bali” nya Filipina. Dengan pantai berpasir putih dan laut berwarna biru cemerlang, tak heran Boracay selalu dipenuhi pengunjung ketika musim liburan tiba.

Boracay memiliki empat pantai yang cukup terkenal, yaitu White Beach, Puka Beach, Baling Hai Beach, dan Bulabog Beach. Di antara keempat pantai ini, White Beach adalah pantai yang paling terkenal dan ramai pengunjung. Pantai ini sekaligus berperan sebagai pusat komersial di Boracay. Sementara Puka Beach adalah gambaran sempurna dari sebuah pulau tropis, yaitu berpasir putih, memiliki air jernih, dan sepi. Pantai ini cocok sekali untuk berpiknik sambil bersantai. Sementara Baling Hai Beach dan Bulabog Beach sesuai untuk Anda yang ingin bermain olahraga air, seperti berenang, snorkeling, dan juga kiteboarding.

Cari tiket murah ke Boracay

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina - Santai_di_Pantai_Boracay

3. Cebu

Ada yang bilang, ketika Anda ke Cebu, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di pusat kotanya. Tetapi pergilah ke utara atau selatan di mana keindahannya berada dan nikmati lebih banyak waktu di sana. Anda perlu menyiapkan diri karena jarak antara pusat kota Cebu ke Utara maupun Selatan bisa memakan waktu 5 jam sekali jalan dengan bus. Jauh? Pastinya. Hal ini tidak mengherankan apabila mengingat Cebu adalah salah satu kota terbesar di Filipina, dengan tanah seluas 5000 kilometer persegi yang terbagi menjadi 6 kota utama, 47 kotamadya, dan 167 pulau kecil yang mengelilinginya.

Di Utara Cebu, terletak Malapascua Island, Bantayan Island, dan Camotes Island. Malapascua Island adalah sebuah pulau kecil yang terkenal dengan situs diving dan juga pantai yang indah. Pulaunya yang masih sangat sepi membuatnya cocok untuk Anda yang lebih suka ketenangan dan menghabiskan waktu dengan bersantai saja mengelilingi pulau. Selain itu, Malapascua Island cocok untuk budget backpacker karena akomodasi yang tersedia di sana lebih disediakan untuk mereka. Meskipun demikian kualitasnya tetap terjaga tentunya.

Cari tiket murah ke Cebu

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina - Malapascua_Island_of_Cebu

Tidak terlalu jauh dari Malapascua Island, ada Bantayan Island yang berukuran lebih besar dan memiliki jenis wisata yang lebih banyak. Sementara Camotes Island memiliki karakteristik yang kurang lebih sama dengan Malapascua Island, hanya saja ukurannya lebih besar dan terdiri atas empat pulau lainnya yang saling terhubung.

Di sebelah Selatan, ada Moalboal yang juga terkenal akan situs penyelamannya dan dua pantai indahnya, yakni Panangsama Beach dan White Beach. Di samping itu terdapat Oslob, yang terkenal akan whale-shark swimming-nya. Selatan Cebu memiliki Kawasan Falls, sebuah area dengan beberapa air terjun cantik di dalamnya.

Selain pantai, Cebu memiliki banyak tempat wisata lainnya, seperti bukit cokelat di Chocolate Hills di Bohol, permainan pemacu adrenalin di EAT Danao, dan tentunya wisata bersejarah di pusat kota Cebu itu sendiri. Oleh karena itu jika Anda berencana ke Cebu, buatlah itinerary sebaik mungkin. Anda perlu menentukan terlebih dahulu destinasi yang ingin Anda kunjungi. Lalu baru Anda menghitung waktu yang Anda butuhkan di sana.

Cari tiket murah ke Cebu

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina - Oslob

Tips dari kami :

  1. Banyaknya kota di Filipina membuat transportasi terbaik untuk bepergian antar kota besar adalah dengan pesawat. Untuk mencapai kota kecil di Filipina, Anda harus transit di hub utama mereka, yaitu Manila atau Cebu.
  2. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Filipina adalah di musim panas, yaitu sekitar bulan Maret hingga Mei. Jika Anda ingin khusus menikmati pantai di Filipina, maka bulan November hingga Mei bisa menjadi pilihan Anda. Hindari berlibur ke Filipina di bulan Juni hingga Oktober jika Anda tidak mau liburan Anda lebih banyak dihabiskan dengan berdiam di dalam kamar. Pada kurun waktu itu biasanya hujan mengguyur pantai-pantai indah yang semestinya bisa Anda nikmati.

Cari tiket murah ke Filipina

Pulau dan Pantai Terbaik di Filipina - Sunset_di_Boracay

Foto : Hairi.

Bagaimana, Anda sudah tergoda untuk berangkat ke Filipina? Segera cari tiket murah ke Filipina dengan Skyscanner dan nikmati pantai-pantai indahnya!

Peta