Berita Perjalanan Panduan Wisata ke Rusia

Semua artikel

Panduan Wisata ke Rusia

Anda seorang petualang dan sedang dalam pencarian destinasi wisata baru yang menantang? Rusia bisa menjadi pilihan Anda. Cari tahu alasan dan panduan wisatanya di sini!

Rusia, negara terbesar di dunia yang membentang di benua Eropa dan Asia, tampaknya terkesan sebagai destinasi wisata yang “menyeramkan” bagi wisatawan Indonesia. Keterbatasan informasi tentang wisata Rusia mungkin yang menyebabkan banyak wisatawan masih ragu untuk menjejakkan kaki di Negari Beruang Merah ini. Sedangkan bagi Anda yang berjiwa petualang, hal ini malah bisa menjadi tantangan yang sangat menarik.

Tertarik ingin ke Rusia? Skyscanner telah mempersiapkan panduan singkatnya untuk Anda, termasuk cara membuat visa, harga tiket pesawat, waktu terbaik mengunjunginya, perkiraan biaya perjalanan, hingga rekomendasi kota-kota yang harus dikunjungi.

Cari tiket murah ke Rusia

1. Mendapatkan visa Rusia

Pemegang paspor Indonesia membutuhkan visa untuk masuk ke Rusia. Tapi jangan khawatir, proses aplikasi visa Rusia tergolong mudah.

Untuk mendapatkan visa Rusia, semua pengunjung yang datang untuk tujuan wisata diwajibkan memiliki surat undangan yang bisa didapat dari agen perjalanan atau hotel yang terdaftar di Rusia. Setelah itu, Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran online yang ada di sini dan mencetaknya. Setelah selesai, bawa surat undangan serta formulir pengajuan visa yang sudah dicetak bersama dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti paspor, foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, serta bukti pemesanan tiket pesawat dan hotel ke Kedutaan Besar Rusia di Jl. H. R. Rasuna Said Kav. X7 No. 1-2 selama hari kerja, mulai pk 09.00-13.00 WIB. Setelahnya, tinggal bayar biaya visa turis untuk single entry sebesar USD 70 atau multiple entry sebesar USD 100 dan tunggu visa Anda diproses selama 4-20 hari kerja. Informasi soal jenis visa Rusia lainnya bisa dibaca di sini.

Cari tiket murah ke Rusia

2. Tiket pesawat

Banyak yang mengira kalau harga tiket pesawat ke Rusia mahal, padahal sebetulnya harga tiket ke Rusia tidak lebih mahal dari harga tiket ke negara-negara di Eropa atau Turki, berbeda sedikit dari harga tiket pesawat ke Jepang atau Korea Selatan, dan kurang lebih sama dengan harga tiket pesawat ke Selandia Baru atau Australia (Adelaide atau Melbourne). Lebih tepatnya, Anda bisa mendapatkan tiket pulang-pergi Jakarta-Moskow mulai dari Rp 5 jutaan di bulan termurahnya, yaitu bulan Maret 2017.

Cari tiket murah ke Rusia

3. Waktu terbaik mengunjungi Rusia

Musim favorit wisatawan untuk mengunjungi Rusia adalah musim panas di bulan Juni-Agustus. Di periode ini, berlangsung satu fenomena alam yang sangat unik di St. Petersburg, Anda akan melihat langit tidak berubah menjadi gelap saat malam hari dan disebut sebagai “The White Nights”. Selain itu, musim gugur (September-Oktober) menjadi musim yang baik untuk berkunjung saat turis tidak terlalu ramai dan cuaca tidak terlalu dingin. Sementara musim dingin (November-Februari) merupakan waktu yang tepat untuk bermain ski dan melihat lanskap alam Rusia tertutup salju.

Cari tiket murah ke Rusia

4. Biaya perjalanan: makanan, akomodasi, dan transportasi

Rusia menggunakan mata uang Rubel dan 1 Rubel bernilai sekitar Rp 208. Selain nilai mata uang yang tergolong rendah, biaya akomodasi di Rusia tergolong murah. Kamar dorm bed bisa didapatkan mulai dari R700 sampai R800 atau sekitar Rp 140.000 sampai Rp 160.000 per malamnya. Sementara satu kamar di hotel ber-budget berkisar antara Rp 400.000 sampai Rp 600.000 per malamnya.

Di sisi lain, makanan bisa didapat mulai dari R200 atau sekitar Rp 40.000 untuk streetfood dan mulai dari R500 atau sekitar Rp 100.000 untuk makanan di restoran/café.

Rusia sangat luas sehingga jenis transportasi yang paling sering digunakan untuk mengelilingi Rusia adalah kereta api (dengan rute Trans-Siberia-nya yang terkenal) dan pesawat. Lama perjalanan dari satu kota ke kota lain pun bisa memakan waktu dari hitungan jam hingga harian.

Sementara untuk keliling di dalam kota, Anda bisa menggunakan bus atau metro dengan harga R30 atau sekitar Rp 6.000, sementara biaya taksi di dalam kota berkisar antara R200-R300 atau sekitar Rp 60.000 – Rp 90.000.

Cari tiket murah ke Rusia

5. Kota-kota yang patut dikunjungi

Dua kota paling terkenal di Rusia, yaitu Moskow dan St. Petersburg, tentunya adalah dua kota yang wajib dikunjungi untuk Anda yang baru pertama kali pergi ke Rusia. Moskow, ibu kota negara Rusia ini adalah kota yang cocok untuk para petualang, sementara St. Petersburg adalah kota budaya yang kaya akan sejarah dan memiliki koleksi museum terbaik di dunia.

Kunjungi Red Square, Moscow’s Kremlin, St. Basil Cathedral, Lenin’s Mausoleum, dan KGB Museum untuk melihat sejarah kehebatan Rusia pada zaman dulu di Moskow. Sementara di St. Petersburg, kunjungi The Hermitage Museum atau The Winter Palace, salah satu museum terbaik di dunia yang juga merupakan obyek wisata utama St. Petersburg dan memiliki lebih dari 3.000.000 koleksi seni dari seluruh dunia. Bagi Anda penggemar seni, Anda bisa menikmati karya-karya Rembrandt, Leonardo, Michealngelo, Rubens, dan lainnya di sini.

Jika Anda ingin bertualang mengelilingi Rusia, naiklah kereta Trans-Siberia dan berhentilah di beberapa pitstop favorit, seperti Irkutsk yang akan mengejutkan pengunjung dengan rumah-rumah kayu yang berdiri di samping apartemen-apartemen mewah. Lalu, lanjutkan perjalanan Anda sejauh 45 km menuju Lake Baikal, danau air tawar terbesar di dunia. Kunjungi juga Vladivostok, pemberhentian terakhir kereta Trans-Siberia, kota yang dikelilingi pegunungan dan teluk, menjadikannya kota dengan pemandangan alam yang sangat indah di sebelah timur Rusia, dan naiklah ke Eagle’s Nest Hill, untuk melihat pemandangan Vladivostok dari titik tertinggi kota ini.

Cari tiket murah ke Rusia

Apakah setelah membaca panduan singkat ini Anda jadi tergoda untuk ke Rusia? Jika iya, segera siapkan semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan visa, lalu cari tiket pesawat dan hotel Anda lewat Skyscanner. Jangan lupa untuk unduh aplikasi Skyscanner di smartphone Anda.

Peta