Berita Perjalanan Panduan Membuat Visa Amerika Serikat

Semua artikel

Panduan Membuat Visa Amerika Serikat

Berencana bepergian ke negeri Paman Sam? Berikut panduan membuat visa Amerika yang perlu Anda pelajari.

Banyaknya orang yang pengajuan visa-nya ditolak seolah membuat proses mendapatkan visa Amerika Serikat tampak sulit sekali. Padahal, sama seperti proses pengajuan visa lainnya, proses pengajuan visa Amerika Serikat bisa menjadi mudah jika Anda mengikuti semua langkahnya dengan baik, serta menyertakan dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap. Berikut panduan pembuatan visa Amerika Serikat yang sudah Skyscanner siapkan untuk Anda.

Terkait tujuan Anda berwisata ke Amerika Serikat, Anda membutuhkan visa non-imigran. Dalam proses pengajuan visa itu, ada lima langkah yang patut Anda ikuti.

1. Membayar biaya pengajuan visa non-imigran

Pembayaran dilakukan maksimum dua belas bulan sebelum jadwal wawancara. Proses pembayaran hanya dapat dilakukan di Bank Standard Chartered atau Bank Permata pada cabang yang telah ditentukan. Siapkan dan cetak slip deposit aplikasi visa US yang dapat diakses melalui http://www.ustraveldocs.com/id/id-niv-paymentinfo.asp, pastikan Anda mencetak slip deposit sesuai jenis visa yang diajukan. Khusus untuk Bank Permata, Anda juga dapat melakukan pembayaran visa secara online. Biaya pembuatan visa tipe Business/Tourist sebesar $160.

Panduan Membuat Visa Amerika Serikat - Slip Deposit Aplikasi Visa

2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160)

Dalam proses pengisian aplikasi DS-160, lengkapi semua informasi dengan benar. Jika aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam proses pengisian ada lebih dari dua kesalahan informasi, maka jadwal wawancara akan ditunda. Anda tidak dapat memperbaiki atau mengisi informasi tambahan pada aplikasi DS-160 di Kedubes AS.

Cetak lembar halaman konfirmasi DS-160 pada kertas ukuran surat/A4 dalam format portrait. Pastikan anda mencetaknya dalam resolusi tinggi sehingga staf kedutaan dapat membaca barcode.

Perhatikan hal di bawah ini ketika mengisi aplikasi DS-160 :

  • Tentukan jenis visa yang akan Anda ajukan. Hindari kesalahan pemilihan jenis visa.
  • Jika Anda pernah mengajukan visa Amerika Serikat dan permohonan Anda ditolak, cantumkan info ini.
  • Jangan memberi spasi/jarak antara huruf dan angka ketika menulis nomor paspor.
  • Pergunakan menu dropdown untuk penulisan kota tempat paspor Anda diterbitkan. Penulisan harus dilakukan dengan lengkap dan benar.
  • Siapkan file pas foto dengan ketentuan yang sesuai.
  • Informasi mengenai pendidikan dan pengalaman kerja harus dicantumkan sejelas-jelasnya.
  • Cantumkan nominal penghasilan bulanan Anda dengan menggunakan mata uang Rupiah.

Panduan Membuat Visa Amerika Serikat - Form Aplikasi DS-160

3. Membuat jadwal wawancara secara online

Jadwal wawancara dapat diatur melalui http://www.ustraveldocs.com/id/ pada bagian Go to Schedule Appointment. Pilihan waktu wawancara tersedia setiap hari kerja pada pukul 07.00 dan 09.00. Cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa lembar konfirmasi itu pada saat wawancara.

4. Menyiapkan Dokumen Untuk Keperluan Wawancara

Dokumen yang wajib Anda bawa:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan.
  • Tanda bukti pembayaran Bank Standard Chartered atau Bank Permata.
  • Lembar konfirmasi DS-160.
  • Lembar konfirmasi jadwal wawancara.
  • Satu lembar foto terbaru, menghadap depan, latar belakang foto warna putih. Ukuran 5cm X 5cm. Foto dibuat tidak lebih dari 6 bulan terakhir.
  • Apabila anda sebelumnya pernah tinggal di Amerika Serikat: perlihatkan dokumen yang dapat membuktikan status keimigrasian atau status visa anda, dokumen resmi dari Departemen Homeland Security (DHS).
  • Catatan kriminal/pengadilan atas setiap penangkapan atau hukuman dimanapun, walaupun anda telah dibebaskan atau telah diberi pengampunan di kemudian hari.
  • Orang tua yang mengajukan permohonan visa untuk anak-anaknya yang berusia dibawah 16 tahun, harap membawa kartu keluarga dan akte kelahiran asli.

Dokumen tambahan yang sebaiknya Anda bawa:

  • Paspor lama.
  • Bukti terbaru atas pendapatan, pembayaran NPWP, kepemilikan properti atau badan usaha, atau aset; buku tabungan atau rekening koran; surat keterangan bank atau deposito;
  • Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan tujuan anda di Amerika Serikat.
  • Rencana perjalanan selama berada di Amerika Serikat.

Harap membawa semua dokumen asli, jangan berupa fotokopi.

Panduan Membuat Visa Amerika Serikat - Golden Gate, San Fransisco

Foto: Evonne.

5. Wawancara

Wawancara dilakukan di Kedubes Amerika Serikat yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan 5, Jakarta. Semua pemohon visa non-imigran harus datang sendiri untuk wawancara dan pengambilan sidik jari (kecuali pemohon visa A1, A2, G1, G2, G3, G4, NATO dan C3, dan bagi pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas).

Jadwal wawancara dibagi menjadi dua grup, yaitu grup A (jadwal pukul 07.00) dan grup B (jadwal pukul 09.00). Jika Anda masuk dalam grup A, Anda harus datang ke kedutaan antara pukul 06:30 sampai 08:30. Jika Anda masuk dalam grup B, Anda harus datang ke kedutaan antara pukul 08:30 sampai 10:30.

Selama proses wawancara, jangan gugup. Jawab semua pertanyaan dari petugas dengan tenang dan meyakinkan. Pertanyaan yang umum ditanyakan oleh petugas seputar tujuan Anda ke Amerika Serikat, rencana perjalanan Anda selama berada di Amerika Serikat, apakah Anda punya keluarga yang menetap di Amerika Serikat, sumber dana perjalanan Anda ke Amerika Serikat, dan pekerjaan Anda di Indonesia.

Setelah proses wawancara selesai Anda akan menerima hasil yang ditentukan berdasarkan jenis warna, yaitu putih (aplikasi Anda disetujui), hijau (Anda diminta datang kembali untuk memberi info tambahan), kuning (ada proses administrasi tambahan untuk permohonan visa), merah muda (Anda belum memenuhi syarat), biru (pengisian aplikasi tidak lengkap, Anda diminta kembali dengan aplikasi yang telah lengkap).

Panduan Membuat Visa Amerika Serikat - Sunset in New York

Foto: Jerry Ferguson.

Jadi, tunggu apalagi? Segera wujudkan rencana Anda bepergian ke Amerika Serikat dan temukan tiket pesawat termurah ke Amerika Serikat dengan Skyscanner. Anda pun bisa mencari akomodasi selama di Amerika Serikat lewat pencarian Hotel Skyscanner.

Tiket Pesawat ke Amerika Serikat
Akomodasi di Amerika Serikat

Catatan: Harga yang ditampilkan di atas adalah berdasarkan pencarian yang dilakukan pada tanggal 15 Juni 2017 pukul 20.22 WIB untuk 1 orang/1 malam dan sangat mungkin berubah tergantung ketersediaan dan kebijakan mitra Skyscanner.

Peta