Berita Perjalanan 7 Negara di Dunia yang Memberikan Masa Berlaku Visa yang Lama

Semua artikel

7 Negara di Dunia yang Memberikan Masa Berlaku Visa yang Lama

Mengurus visa bukanlah kegiatan yang disukai banyak orang. Prosesnya bisa terasa panjang dan melelahkan; mulai dari Anda harus mempersiapkan beragam dokumen, menjalankan sesi interview, hingga cemas menunggu keputusan penerimaan visa-nya. Padahal semakin sering Anda mengurus visa, maka semua proses itu akan terasa lebih mudah karena Anda semakin terbiasa.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Selain itu, semakin banyak visa yang tertempel di paspor Anda bisa membuat Anda jadi lebih mudah mendapatkan visa ke destinasi lainnya. Beberapa negara bahkan bisa memberikan Anda visa dengan masa berlaku yang lebih lama ketika track record paspor Anda terlihat meyakinkan.

Baca: 6 Tips Agar Pengajuan Visa ke Destinasi Impian Diterima.

Beberapa negara juga bisa memberikan masa berlaku visa yang lebih lama jika Anda tercatat sudah berulang kali datang ke negara itu. Negara mana saja kah itu? Ini dia daftarnya.

1. Australia

Sejak 1 Desember 2015, WNI yang mengajukan visa Australia bisa keluar-masuk ke Negara Kanguru ini berulang kali dalam periode 3 tahun. Biaya pengurusan visa jenis multiple-entry ini pun sama dengan visa single entry.

Berita lebih membahagiakannya adalah bahwa per tanggal 20 November 2017, WNI bisa mengajukan e-Visa ke Australia. Jadi, Anda tak perlu lagi repot mengajukan visa ke pusat pengurusan visa.

Baca caranya di sini.

Cari tiket murah ke Australia

2. Jepang

Sama seperti Australia, WNI bisa mendapatkan bebas visa multiple entry ke Jepang hingga 3 tahun atau sampai batas akhir berlaku paspor (mana yang lebih dulu). Tapi perlu diingat bahwa per kunjungan, Anda hanya bisa tinggal selama maksimal 15 hari saja.

Baca cara mendapatkan visa atau bebas visa wisata ke Jepang di sini.

Cari tiket murah ke Jepang

3. Korea Selatan

Secara umum, Anda membutuhkan visa untuk masuk ke Korea Selatan. Namun ternyata terdapat sejumlah cara yang bisa membuat Anda tak perlu visa untuk berkunjung ke Korea Selatan. Salah satunya adalah jika Anda sudah pernah mengunjungi Korea Selatan lebih dari empat kali dalam dua tahun terakhir, atau jika Anda sudah mengunjungi Korea Selatan sebanyak lebih dari 10 kali secara total.

Baca cara lengkapnya di sini.

Cari tiket murah ke Korea Selatan

4. Tiongkok

Anda bisa mengajukan visa multiple-entry ke Tiongkok untuk jangka waktu 6 atau 12 bulan dengan biaya masing-masing sebesar Rp600.000,00 dan Rp900.000,00.

Baca cara mudah membuat visa turis ke Tiongkok di sini.

Cari tiket murah ke Tiongkok

5. Kanada

Masih jarang dilirik wisatawan Indonesia, padahal pengajuan visa ke Kanada bukan hanya mudah, tapi masa berlakunya juga lama. Hanya dengan satu kali aplikasi, Anda bisa memiliki visa Kanada dengan masa berlaku hingga paspor Anda habis. Jadi, jika Anda mengajukan visa Kanada dengan paspor baru, maka masa berlaku visa Kanada Anda bisa mencapai 5 tahun.

Baca cara mudah mendapatkan visa Kanada di sini.

Cari tiket murah ke Kanada

6. Schengen/Eropa

Secara umum, jika Anda baru pertama kali mengajukan visa Schengen, maka biasanya Anda akan mendapatkan masa berlaku visa selama 30 hari atau 90 hari saja. Tapi jika Anda mengajukan visa Schengen untuk kali ke-2 dalam jangka waktu kurang dari 5 tahun, maka Anda bisa mendapatkan masa berlaku visa yang lebih lama, yaitu 6 bulan atau 1 tahun. Jika Anda sudah lebih dari 3 kali masuk ke wilayah Schengen, ataupun koleksi visa negara lain di paspor Anda sudah banyak, Anda bahkan bisa mendapatkan visa Schengen yang valid hingga 2 tahun, 3 tahun, atau bahkan 5 tahun lamanya.

Baca cara mengajukan visa Schengen yang berlaku untuk 26 negara Eropa di sini.

Cari tiket murah ke Eropa

7. Amerika Serikat

Mendapatkan visa Amerika Serikat memang tidak mudah. Tapi jika Anda berhasil mendapatkannya, maka Anda bisa bebas keluar masuk Amerika Serikat tanpa perlu mengajukan visa terus menerus hingga 5 tahun lamanya.

Baca cara membuat visa Amerika Serikat di sini.

Cari tiket murah ke Amerika Serikat

Itulah 7 negara yang bisa memberikan visa kunjungan dengan masa berlaku yang lebih lama dibandingkan negara lainnya di dunia. Jadi, sudah siap untuk melanglang buana lagi? Segera cari tiket pesawat dan pesan hotel Anda hanya lewat Skyscanner. Unduh juga aplikasi gratis Skyscanner di smartphone Anda, agar pencarian tiket pesawat semakin mudah dilakukan, kapan pun, di mana pun.

Peta

Informasi benar per Feb 2018