Berita Perjalanan Ini Dia Negara Yang Bisa Dikunjungi Tanpa Visa, Jika Anda Memiliki Visa Amerika Serikat yang Masih Berlaku

Semua artikel

Ini Dia Negara Yang Bisa Dikunjungi Tanpa Visa, Jika Anda Memiliki Visa Amerika Serikat yang Masih Berlaku

Sebenarnya, negara-negara ini mewajibkan visa bagi pemegang paspor Indonesia. Tapi, jika Anda memiliki visa Amerika Serikat yang masih valid, maka Anda bisa masuk ke negara-negara ini tanpa visa.

Dari data yang dikeluarkan oleh passportindex.org, Indonesia berada di posisi 67 dalam hal kekuatan paspor. Hingga saat ini, ada 57 negara di dunia yang bisa dikunjungi oleh pemilik paspor Indonesia tanpa perlu mengajukan visa.

Selain 57 negara tersebut, ada kebijakan yang menguntungkan pemegang paspor Indonesia, terutama yang memiliki visa Amerika Serikat yang masih valid. Karena hanya dengan memiliki visa Amerika Serikat yang masih valid ini, Anda bisa bepergian ke beberapa negara lain tanpa perlu mengajukan visa sebelumnya.

Ingin tahu apa saja negara tersebut? Ini dia beberapa di antaranya.

1. Kosta Rika

Sejak tahun 1980an, Kosta Rika sudah terkenal sebagai destinasi yang digemari para pencinta alam dan eco-travelers. 23.4% dari luas tanahnya diisi oleh taman nasional dan daerah terlindungi yang kaya akan flora dan fauna yang sangat beragam. Namun bukan itu saja, Kosta Rika juga menawarkan pantai-pantai eksotis yang berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Karibia, serta gunung-gunung berapi aktif yang tetap aman untuk dikunjungi.

Anda yang memiliki visa Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Korea Selatan, atau visa Schengen yang masih valid bisa masuk ke negara ini tanpa visa. Pastikan bahwa visa ini harus memiliki masa berlaku minimal 3 bulan dan ditempelkan di paspor Anda. Sediakan juga tiket kepulangan Anda untuk dicek di imigrasi.

Cari tiket murah ke Kosta Rika

2. Meksiko

Meksiko bukan sekadar negara yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat. Negara ini terkenal akan pantainya yang eksotis dan kulinernya yang cukup terkenal serta cocok dengan lidah orang Indonesia, seperti Tacos, Tortilla, Enchiladas, Guacamole, dan Quesadillas. Kunjungi Cabo San Lucas dan Puerto Vallarta, kota pinggir pantai yang akan membuat Anda terlena.

Bagi pemilik visa Amerika Serikt yang masih aktif, Anda bisa masuk ke Meksiko tanpa mengajukan visa lagi. Namun, jika Anda masuk ke Meksiko melalui jalur darat dan berencana untuk berpergian sejauh lebih dari 25 km dari garis batas, maka Anda diwajibkan berhenti di checkpoint imigrasi untuk mendapatkan izin masuk yang dikenal dengan nama Forma Migratoria Multiple (FMM).

Cari tiket murah ke Meksiko

3. Panama

Bukan hanya Terusan Panama yang terkenal dari negara yang terletak di tenggara Amerika Tengah ini, tapi juga Old Panama dengan desain bangunan yang memukau dan angkutan umum berwarna-warni. Selain itu, Panama menawarkan ragam wisata untuk berbagai tipe traveler, baik yang suka rock climbing, kayak, scuba diving, snorkeling, hiking, hingga kegiatan yang lebih santai seperti berendam di pemandian air panas.

Pemilik multiple-entry visa dari negara Amerika Serikat, Australia, Kanada, atau Inggris yang masih valid dan memiliki masa berlaku minimal satu tahun dapat dengan mudah mendapatkan stempel imigrasi Panama. Yang perlu diingat adalah bahwa visa itu setidaknya sudah pernah digunakan minimal satu kali untuk masuk ke negara tujuan dari pembuatan visa itu, agar Anda bisa memanfaatkan visa exemption program dari Panama ini. Selain itu, pastikan paspor Anda masih berlaku minimal 3 bulan. Anda juga harus memiliki tiket kepulangan dari Panama dan bukti finansial dengan nilai minimum 500 USD. Dengan ini semua, Anda bisa menetap di Panama hingga maksimal enam bulan lamanya.

Cari tiket murah ke Panama

4. Serbia

Berniat mengadakan trip Balkan? Anda bisa mulai dari Serbia. Saat ini, wisata Serbia sedang naik daun karena Wisata Berburu Vampir yang ada di Desa Zarozje. Bagi penyuka sejarah, Anda bisa mengunjungi Belgrad dan Novi Sad untuk napak tilas sejarah negara ini.

Sejak Oktober 2014, pemilik visa Schengen, Inggris, atau Amerika Serikat yang masih aktif dapat berkunjung ke Serbia tanpa visa hingga 90 hari lamanya. Namun pastikan paspor Anda masih berlaku dan juga periode tinggal Anda tidak melebihi tanggal kedaluwarsa visa Anda.

Cari tiket murah ke Serbia

5. Montenegro

Montenegro bukanlah negara besar. Luasnya saja hanya dua kali luas DKI Jakarta. Namun, negara yang dahulu menjadi satu dengan Serbia ini memiliki daya tarik wisata yang tidak kalah menariknya dengan Serbia. Salah satu yang paling terkenal adalah kota Kotor yang memiliki teluk indah dan sempat menjadi rebutan beberapa negara di Eropa. Karena keindahannya, negara ini menyandang sebutan “Mutiara Hitam dari Mediterania”.

Pemegang visa Amerika Serikat, Irlandia, Schengen, atau visa Inggris yang masih aktif dapat berkunjung ke Montenegro tanpa visa hingga 30 hari lamanya.

Cari tiket murah ke Montenegro

6. Taiwan

Wisata kuil? Bisa. Wisata tempat bersejarah? Ada. Wisata kuliner dan belanja? Lengkap. Taiwan adalah negara yang bisa memuaskan Anda saat berlibur ke sana. Anda pun bisa merasa nyaman selama berada di negara ini dengan semakin berkembangnya pembangunan beragam fasilitas di kota-kotanya.

Pemilik multiple-entry visa yang masih berlaku ke wilayah Schengen, Amerika Serikat, Selandia Baru, Inggris Raya, Australia, Jepang, dan Kanada bisa dengan mudah mendapatkan stempel Taiwan tanpa visa. Namun, jangan sampai lupa mengisi Travel Authorization Certificate (TAC) secara online dan mencetaknya sebelum keberangkatan. Info selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Cari tiket murah ke Taipei

7. Korea Selatan

Tak diragukan lagi, Korea Selatan sangatlah tenar bagi wisatawan Indonesia, terutama bagi para penggemar K-Pop dan K-Drama. Namun Korea tidak hanya tentang K-Pop dan K-Drama saja. Budayanya yang masih sangat terjaga, wisata alamnya yang beragam, makanannya yang enak-enak, kota-kotanya yang nyaman, serta penduduknya yang ramah membuat wisatawan suka berlibur ke sini.

Bagi Anda pemegang visa Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat yang masih aktif, stempel Imigrasi Korea Selatan bisa dengan mudah didapat, tanpa perlu mengajukan visa lagi sebelumnya. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca di sini.

Cari tiket murah ke Seoul

Itulah beberapa negara yang bisa Anda kunjungi tanpa visa jika Anda memiliki visa Amerika Serikat yang masih valid. Dengan semakin tahu, sekarang saatnya Anda mulai merencanakan jadwal perjalanan Anda ke negara-negara tersebut tanpa dipusingkan dengan urusan visa. Jangan lupa, ke mana pun tujuan Anda, selalu cari tiket pesawat dan hotelnya hanya di Skyscanner!

Peta