Berita Perjalanan Mencicipi Suasana Asia Dengan Rasa Eropa di Macao

Semua artikel

Mencicipi Suasana Asia Dengan Rasa Eropa di Macao

Daerah yang terletak sekitar 70 kilometer dari Hong Kong ini ternyata jauh lebih kompleks dan ramah keluarga. Banyak hal menarik lain yang membuat Macao potensial untuk menjadi incaran destinasi wisata terkini, baik untuk para backpacker maupun keluarga. Mulai dari predikatnya sebagai UNESCO Creative City of Gastronomy, kemeriahan beragam festival seni & budaya sepanjang tahun, hingga asimilasi budaya Eropa yang begitu kental terasa saat kita menelusuri kota. Popularitas Macao di kalangan turis Muslim juga meningkat seiring dengan perkembangan tempat makan yang muslim friendly di sana. Berikut rekomendasi tempat dan acara yang wajib kamu datangi untuk mendapatkan suasana east meets west terbaik di Macao, dari segi sejarah, budaya, maupun kuliner.

Arsitektur, seni, tradisi, makanan dan komunitas di Macao mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis, dikarenakan Portugis tiba dan menetap di Macao pada pertengahan abad ke-16. Kekayan budaya ini membuat beberapa kawasan bersejarah yang ada di Macao Peninsula masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage, yang paling terkenal diantaranya:

Ruins of St. Paul’s

Ruins of St. Paul’s dulunya adalah gereja Katolik terbesar di Asia. Namun, kamu hanya akan menemukan bagian depannya saja sekarang karena gereja tersebut terbakar di tahun 1835. Yang membuat tempat ini unik adalah sisa reruntuhan gereja (yang hanya bagian depannya saja) tampak seperti pintu gerbang yang unik dan megah. Inilah yang membuat orang tertarik berkunjung dan rela antre untuk berfoto!

Berlokasi di depan Museum Macao dan Mount Fortress, juga wajib mengunjungi kedua tempat ini. Kita bisa mencari tahu seluk beluk sejarah Macao di Museum de Macau, dan berfoto-foto di benteng yang bersejarah ini, selain itu bisa mengambil foto Ruins of St. Paul’s dan pemandangan kota Macao dari atas.

Cek Wisata Macao

Leal Senado Building

Gedung senat pertama di Macao yang berlokasi di Almeida Ribeiro Avenue ini memiliki gaya Neo-klasikal anggun yang sangat instagrammable. Bangunan yang dilengkapi dengan galeri, perpustakaan, dan taman ini buka setiap hari mulai dari pukul 09:00-21:00 (kecuali Senin).

Leal Senado Building

Cek Wisata Macao

Mandarin House

Mandarin House yang dibangun pada abad ke-19, dan dulunya merupakan milik penulis Zheng Guanying, yang karya-karyanya telah dibaca oleh Sun Yat Sen serta Mao Zedong. Bangunan ini memiliki desain khas Tiongkok dengan sedikit elemen Eropa. Mandarin House buka untuk turis dari Kamis hingga Selasa, mulai dari pukul 10:00 hingga 17:30.

Mandarin House

Cek Wisata Macao

Taipa Houses-Museum

Kawasan bersejarah lain yang juga terkenal adalah Taipa Village. Di dalamnya terdapat Taipa Houses-Museum yang merupakan gabungan dari lima rumah kuno bergaya Portugis yang dijadikan museum. Kelima rumah ini memiliki museum-museum kecil seperti Nostalgic House, Macanese Living Museum, House for Reception, Creative Casa, serta Exhibition Gallery.

Taipa Houses-Museum

Cek Wisata Macao

Carmel Garden

Bagi yang ingin bersantai sejenak, jangan lupa mampir ke Carmel Garden. Taman besar ini berlokasi tidak jauh dari pusat Desa Taipa, dan memberi akses dekat ke Taipa Houses-Museum. Taman ini memiliki pepohonan asri, kolam air mancur, tempat bersantai, dan patung penyair Portugis Carmoes. Terdapat kolam renang serta perpustakaan umum di dekat area taman.

Cek Wisata Macao

Cotai yang memiliki panorama indah saat malam, dengan arsitektur serta cahaya lampu yang cocok untuk melakukan fotografi malam dengan beberapa aktivitas sebagai berikut:

The House of Dancing Water

The House of Dancing Water adalah pertunjukan panggung yang ditampilkan di teater City of Dreams Resort memiliki sekitar 2.000 tempat duduk yang dibuat melingkar 270 derajat, bisa menyaksikan pertunjukkan air terbesar di dunia. Panggungnya sendiri dilengkapi 3.7 juta galon air atau setara dengan lima kolam renang olimpiade.

Pertunjukkan ini menggabungkan antara tarian dan aksi akrobatik air dengan cerita-cerita epik Tionghoa, sambil melihat efek-efek visual dengan teknologi canggih yang tentunya bisa memanjakan mata.

The House of Dancing Water

Cek Wisata Macao

Skycab

Skycab adalah atraksi gondola wisata yang dikelola oleh Wynn Palace. Gondola berjendela kaca lebar ini membawa pengunjung menikmati pertunjukan air mancur Performance Lake serta pemandangan ke seluruh area Cotai. Skycab mendarat di kebun di bagian dalam Wynn Palace, di mana pengunjung bisa langsung menikmati resort atau mengunjungi pusat perbelanjaan.

Skycab

Cek Wisata Macao

Eiffel Tower di Parisian

The Parisian adalah resort mewah bertema Prancis yang terkenal karena menggunakan sumber energi terbarukan dalam operasinya. Bangunan resort ini memiliki replika Menara Eiffel yang diselimuti lampu-lampu LED. Pada malam hari, seluruh bangunan dan Menara Eiffel di depannya menciptakan panorama yang spektakuler. Saat mengunjungi The Parisian, jangan lupa naik ke puncak Menara Eiffel menggunakan lift. Anda juga bisa melihat pertunjukan cahaya yang diiringi musik.

Eiffel Tower di Parisian

Cek Wisata Macao

Dari Cotai berlanjut ke Coloane yang menawarkan beragam tujuan wisata history dan alam berpemandangan indah, pastikan mengunjungi tempat-tempat berikut ini:

A-Ma Cultural Village

A-Ma Cultural Village yang terletak di puncak tertinggi Macao dan memiliki beberapa jalur pendakian yang melewati hutan indah, dekat dengan patung tertinggi di dunia Dewi A-Ma.

A-Ma Cultural Village
A-Ma Cultural Village

Arsitektur desa terutama terdiri dari gerbang depan bergaya paviliun, altar marmer berukir, Istana Tin Hau, Ruang Ganti Pakaian bersama dengan Menara Lonceng dan Menara Genderang. Terdapat shuttle bus untuk naik dan turun bukit setiap 30 menit dari jam 8.00 – 18.00 setiap harinya.

Cek Wisata Macao

Pantai Hac Sa

Pantai Hac Sa adalah pantai terbesar dan paling terkenal di Macao, dengan pasir kehitaman dan gelombang lembut yang cocok untuk berenang (pemerintah menambahkan sedikit pasir kuning untuk mencegah erosi). Pantai ini memiliki berbagai fasilitas untuk turis, seperti tempat berkemah, kolam renang, dan penyewaan perahu.

Cek Wisata Macao

Wisata Seni & Festival Budaya

Tips anti rugi saat menyusun itinerary ke Macao: Jangan lupa cek kalender wisata Macao untuk melihat tanggal-tanggal festival setiap tahun. Macao diramaikan oleh festival hampir sepanjang tahun, mulai dari festival budaya, religi, sejarah, hingga olahraga. Ini acara-acara yang bisa kamu datangi dalam waktu dekat:

1. 29th Macao Art Festival (27 April – 31 May)

Acara tahunan yang diadakan setiap musim semi ini menampilkan seni rupa, musik, drama, teater, sirkus, dan tarian. Festival tahun ini mengambil tema “Origin (Spring of Life)”. Kamu bisa cek di http://www.icm.gov.mo/fam/29/en/ untuk mengetahui jadwal dan lokasi acara.

29th Macao Art Festival

Cek Wisata Macao

2. Festival A-Ma (8 May)

Ini saatnya masyarakat memberi persembahan untuk dewi paling populer di Macao – yang namanya konon menginspirasi nama Macao – pelindung nelayan dan pelaut A-Ma (Tin Hau). Selain persembahan, juga diadakan pertunjukan opera Kanton di kuil.

Festival A-Ma

Cek Wisata Macao

3. Tchoi Long (22 May)

Tchoi Long (Festival of Drunken Dragon) adalah festival kaum nelayan dan pedagang ikan. Ciri khas festival ini adalah parade “tarian naga” yang diikuti komunitas nelayan setempat, diiringi dengan musik meriah serta pembagian “beras umur panjang”.

Cek Wisata Macao

4. Festival Bunga Lotus ke-18 (9-17 Juni)

Festival Bunga Lotus (Macao Lotus Flower Festival) menghadirkan beragam spesies bunga lotus di Taipa Houses-Museum serta Lou Liem Ieoc Garden. Berbagai bunga ini juga hadir di berbagai area di jalan utama serta destinasi wisata populer, baik di kolam maupun di dalam pot.

Festival Bunga Lotus

Cek Wisata Macao

5. Balap Perahu Naga Internasional (18 June)

Balap Perahu Naga Internasional (International Dragon Boat Races) adalah acara tahunan di Danau Nam Van, Praia Grande. Acara ini mulanya diadakan untuk menghormati Qu Yuan, penyair patriotik yang menenggelamkan diri sebagai bentuk protes terhadap korupsi, sebelum akhirnya menjadi salah satu event olahraga ikonik khas Macao.

Balap Perahu Naga Internasional

Cek Wisata Macao

6. 29th Macao International Fireworks Display Contest (1, 8, 15, 24 September & 1 Oktober)

29th Macao International Fireworks Display Contest adalah kompetisi kembang api tahunan yang menghadirkan persaingan peserta dari seluruh dunia dalam menciptakan formasi kembang api paling spektakuler. Selain menikmati pertunjukan kembang api, penonton juga bisa berpartisipasi dalam lomba foto.

Macao International Fireworks Display Contest

Cek Wisata Macao

7. Festival Pertengahan Musim Gugur (24 September)

Festival Pertengahan Musim Gugur ditandai dengan lampion-lampion hias di berbagai jalan utama. Area seperti Praia Grande, Danau Nam Van, Pantai Hac Sa, serta hampir semua taman umum menjadi lokasi perayaan, lengkap dengan parade serta aktivitas menghanyutkan lentera di air.

Festival Pertengahan Musim Gugur

Cek Wisata Macao

Kuliner Khas & Makanan Muslim Friendly

Egg Tart
Predikat Creative City of Gastronomy dari UNESCO untuk Macao bukan tanpa alasan. Begitu banyak pilihan makanan yang menggiurkan untuk dicoba. Beberapa kuliner lezat khas Macao banyak dipengaruhi tradisi Portugis dan Cina, yang paling terkenal misalnya:

1. Portuguese Egg Tart

Makanan penutup no.1 Macao yang menjadi favorit penduduk lokal maupun turis global ini bisa ditemukan di mana saja, namun yang paling terkenal adalah buatan Lord Stow’s Bakery.

Cek Wisata Macao

2. African Chicken

Jangan tertipu oleh namanya – hidangan ini menggunakan bumbu pedas dari cabai piri-piri, santan, bawang putih, paprika, dan tomat; bumbu yang sangat khas Asia. Henri’s Gallery adalah salah satu restoran di Avenida de Republica yang terkenal dengan sajian ini.

Masih ada Bakpao, Sawdust Pudding (puding dari susu, krim, dan remahan biscuit) yang bisa masuk ke daftar makanan yang wajib kamu coba saat berada di Macao.

Untuk kamu-kamu yang muslim, tidak perlu takut kelaparan saat menjelajah Macao. Ini beberapa rekomendasi tempat makan enak dan halal di sana:

  • Indian Spice Express (makanan India) di area resort Venetian Macao.
  • Dong Lai Shun (hidangan khas Tiongkok) di Cidade de Coimbra, tepat di belakang L’Arch Hotel.
  • Golden Peacock (restoran India modern dengan predikat Michelin Star) di area Venetian Macao.
  • Loly Indonesian Food (untuk kamu yang kangen masakan Indonesia) di Edificio Pek Hoi Kok, Rua da Erva.

Cek Wisata Macao

Dengan perkembangan industri wisatanya yang cukup pesat, Macao menghadirkan pesona destinasi yang berbeda dari stereotype-nya dan dapat diterima untuk segala usia. Kita bisa menikmati festival seni dan budaya, memperkaya pengetahuan lewat situs-situs sejarah, atau menikmati kuliner lezat bersama keluarga. Pesan segera tiket pesawat ke Macao, dan nikmati indahnya budaya Barat danTimur yang berpadu harmonis di sini.

Anda bisa mengajak teman, pasangan dan keluarga untuk menghabiskan liburan dengan begitu banyak festival dan tempat wisata dengan #visitmacao. Skyscanner siap membantu perjalanan anda untuk #ExperienceMacaoYourOwnStyle. Cari tiket pesawat dan hotel lebih hemat dan cepat!

Peta

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!