Berita Perjalanan Maskapai Penerbangan Cara Refund Tiket AirAsia

Semua artikel

Cara Refund Tiket AirAsia

Tak seperti maskapai lainnya yang beroperasi di Indonesia, AirAsia memberlakukan kebijakan yang sangat ketat dan kompleks bagi Anda yang ingin mengajukan refund. Agar Anda tidak kebingungan, Skyscanner Indonesia telah menghimpun semua informasinya di sini.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Kebijakan Umum

Untuk AirAsia, refund hanya bisa diajukan melalui call center atau melalui menu “Manage my booking” yang tersedia di situs web mereka atau dengan mengisi e-form yang tautannya ada di akhir artikel ini. Pada dasarnya, refund hanya bisa dilakukan untuk biaya tiket (tergantung kasus/alasannya) dan airport tax. Anda tidak akan mendapat refund untuk biaya lain seperti bagasi dan makanan. Kebijakan ini berlaku untuk semua jenis tiket, baik itu kategori “Low fare”, “Low fare + Value Pack”, “Premium Flex”, maupun “Premium Flatbed”.

Cari tiket AirAsia

Opsi dan Biaya

Di AirAsia, ada 2 opsi refund, yaitu ke Akun Kredit AirAsia atau ke metode pembayaran asal sewaktu Anda membeli tiket. Khusus untuk penerbangan domestik di dalam Malaysia dan Indonesia, refund hanya akan dikembalikan dalam bentuk Akun Kredit.

Jika Anda memilih Akun Kredit AirAsia, jumlah refund akan dikembalikan utuh. Namun jika Anda memilih refund ke metode pembayaran asal, refund akan dikenakan biaya pengembalian (per penumpang per sektor). Informasi mengenai biaya ini bisa Anda cek langsung pada tautan yang kami sediakan di akhir artikel ini karena berbeda untuk setiap sektor/rute.

Cari tiket AirAsia

Alasan Refund

Adapun jenis atau alasan yang bisa mendapatkan refund adalah sebagai berikut:

1. Airport tax. Untuk mendapatkan refund ini, Anda harus mengajukannya dalam rentang waktu 6 bulan setelah pesawat Anda berangkat (hingga 1 tahun khusus untuk penerbangan yang berangkat dari Manila). AirAsia tidak akan mengenakan biaya pengembalian dana apabila Anda memilih pengembalian melalui Akun Kredit AirAsia atau untuk penerbangan AirAsia Filipina (Z2), AirAsia Thailand (FD), AirAsia X Thailand (XJ), AirAsia India (I5), serta semua penerbangan yang berangkat dari Thailand, Myanmar, dan Hong Kong. Pada e-form, pilih opsi “Refund” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Pajak bandara” pada bagian “Jenis Kasus”. 2. Alasan pribadi. Tidak akan ada refund untuk alasan ini, termasuk namun tidak terbatas pada, perubahan jadwal dari maskapai lain yang membuat jadwalnya “bertabrakan” dengan jadwal penerbangan AirAsia Anda, Anda berubah pikiran, dan lain-lain. Namun demikian, jika Anda terbang pada penerbangan domestik di Indonesia atau jika keluarga dekat Anda yang berada dalam satu nomor pemesanan sakit/meninggal, Anda bisa mengajukan refund. 3. Penumpang sakit. Pada e-form, pilih opsi “Permintaan pelanggan” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Perubahan Pemesanan Penerbangan” pada bagian “Jenis Kasus”, lalu sertakan salinan surat keterangan rawat jalan/inap dari rumah sakit yang menyatakan bahwa penumpang tidak dapat terbang karena sakit pada tanggal penerbangan, salinan hasil diagnosa, hasil MRI, hasil CT scan, atau dokumen medis lainnya, salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang, BIG Shot ID AirAsia penumpang, dan salinan surat kuasa (jika refund tidak diajukan langsung oleh penumpang yang sakit). Refund akan dipotong biaya pengembalian dana. 4. Penumpang meninggal. Pada e-form, pilih opsi “Permintaan pelanggan” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Perubahan Pemesanan Penerbangan” pada bagian “Jenis Kasus”, lalu sertakan salinan surat keterangan kematian yang menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan, salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) dari penumpang yang meninggal, salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal, salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) dari orang yang mengajukan refund atas nama penumpang yang meninggal, dan salinan surat kuasa. Refund tidak akan dipotong biaya pengembalian dana. 5. Kehamilan. Pada e-form, pilih opsi “Permintaan pelanggan” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Perubahan Pemesanan Penerbangan” pada bagian “Jenis Kasus”, lalu sertakan salinan surat keterangan dokter kandungan dengan kop resmi yang menyatakan bahwa penumpang tidak dapat terbang pada tanggal penerbangan, salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) dari penumpang yang hamil, BIG Shot ID AirAsia penumpang, dan salinan surat kuasa (jika refund tidak diajukan langsung oleh penumpang). Refund akan dipotong biaya pengembalian dana.

Cari tiket AirAsia

6. Anggota keluarga sakit/meninggal. Kebijakan ini hanya berlaku apabila tiket Anda dan anggota keluarga tersebut berada dalam satu nomor pesanan. Pada e-form, pilih opsi “Permintaan pelanggan” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Perubahan Pemesanan Penerbangan” pada bagian “Jenis Kasus”, lalu sertakan salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang sakit/meninggal (nama Anda berdua harus ada di dalam Kartu Keluarga tersebut). Refund akan dipotong biaya pengembalian dana. 7. Jadwal diubah/dibatalkan. Apabila AirAsia mengubah jadwal penerbangan Anda lebih dari 3 jam atau bahkan membatalkannya, Anda bisa mengajukan refund. Pada e-form, pilih opsi “Refund” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Penerbangan Berubah Jadwal” (jika penerbangan diubah jadwalnya) atau opsi “Penerbangan dibatalkan” (jika penerbangan Anda dibatalkan) pada bagian “Jenis Kasus”, lalu isikan kode booking dan nomor penerbangan Anda. 8. Pembayaran ganda. Permintaan pengembalian biaya hanya dapat diajukan apabila terdapat lebih dari 1 pembayaran yang sama untuk pemesanan penerbangan Anda. Misal, pembayaran ganda dengan menggunakan kartu kredit yang sama. Pengajuan pengembalian biaya yang disetujui akan diproses ke akun pembayaran semula berdasarkan pada transaksi kedua atau berikutnya. Pada e-form, pilih opsi “Refund” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Pembayaran Ganda” pada bagian “Jenis Kasus”, lalu isikan kode booking, nomor penerbangan, dan detail pembayaran yang Anda lakukan. 9. Pemesanan ganda. Permintaan pengembalian biaya hanya dapat diajukan apabila kedua pemesanan merupakan pemesanan penerbangan dengan tanggal, sektor dan rute yang sama (keberangkatan dan tujuan), kedua pemesanan memiliki nama tamu yang sama, dan permintaan pengembalian biaya diajukan sebelum tanggal keberangkatan penerbangan. Mohon dipahami bahwa pemesanan penerbangan yang dapat digunakan adalah pemesanan yang pertama yang ditentukan berdasarkan tanggal dan waktu pembelian. Pengajuan pengembalian biaya yang disetujui akan diproses untuk pemesanan penerbangan yang kedua atau berikutnya. Pada e-form, pilih opsi “Refund” pada bagian “Kategori Kasus” dan opsi “Pemesanan Ganda” pada bagian “Jenis Kasus”, lalu isikan kode booking, nomor penerbangan, tanggal dan waktu penerbangan, dan detail pembayaran yang Anda lakukan.

Cari tiket AirAsia

Refund Khusus Rute Domestik Indonesia

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yaitu 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika Anda telah melakukan check-in, baik di bandara maupun secara online.

  • Sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 72 jam sampai 48 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 48 jam sampai 24 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 24 jam sampai 12 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 12 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 2.160 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Cari tiket AirAsia

Itulah informasi serta syarat dan ketentuan pengajuan refund tiket AirAsia. Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi yang lebih lengkap, hubungi call center AirAsia Indonesia di nomor telepon (021) 29270999 atau 08041333333 (setiap hari pada pukul 06.00-22.00 WIB). Ingin mencari tiket AirAsia sekarang? Cari tiket pesawat via Skyscanner!

Catatan: Kebijakan mengenai besaran jumlah refund merupakan hak maskapai dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Tautan terkait refund tiket AirAsia

Peta
Peta