Berita Perjalanan Maskapai Penerbangan Cara Refund Tiket Lion Air, Wings Air, dan Batik Air

Semua artikel

Cara Refund Tiket Lion Air, Wings Air, dan Batik Air

Terpaksa membatalkan perjalanan dengan Lion Air, Wings Air, atau pun Batik Air? Baca cara dan persyaratan refund-nya di sini.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Prosedur Refund

Anda punya 3 opsi untuk mengajukan pembatalan dan refund tiket dari maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, dan Batik Air), yaitu melalui travel agent tempat Anda membeli tiket, kantor penjualan Lion Air terdekat yang ada di kota Anda, atau melalui call center mereka di nomor telepon 08041778899 atau (021) 63798000 (Indonesia), (+60) 03-78415333 (Malaysia), atau (+65) 63391922 (Singapura). Seperti halnya maskapai lain, jika memenuhi persyaratan, umumnya refund baru akan Anda peroleh dalam jangka waktu hingga 1 bulan terhitung sejak tanggal Anda mengajukan.

Saat mengajukan refund, pastikan Anda menyertakan kode booking dan/atau nomor tiket dan bukti identitas diri. Untuk refund melalui call center, maskapai akan meminta Anda mengirimkan scan/foto bukti identitas diri Anda untuk verifikasi data. Anda juga perlu memahami bahwa tidak semua kelas/jenis tiket bisa di-refund, terutama jika Anda membeli tiket promo.

Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yaitu 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Cari tiket Lion Air

Cara cari tahu info subkelas tiket Anda dan masa berlakunya

Refund Karena Alasan Pribadi, Sakit, Kehamilan, Double Booking

Subkelas O

  • sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • antara 72 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 2.160 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Selain subkelas O

  • sampai 72 jam sebelum keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • antara 72 jam sampai 4 jam, refund dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 2.160 jam setelah keberangkatan, refund dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Kebijakan tersebut berlaku untuk penumpang dewasa dan anak-anak pada ketiga maskapai. Sementara untuk penumpang bayi, sampai dengan 2.160 jam setelah keberangkatan, Anda bisa mendapatkan refund sebesar 100%.

Cari tiket Wings Air

Tertarik untuk menjadi bagian dari Cabin Crew kami? Lion Air Group kembali membuka kesempatan untuk bergabung menjadi pramugari dengan mengikuti Walk In Interview yang akan diselenggarakan di LION AIR BALARAJA, komplek perkantoran Lion Air Group, perumahan TALAGA BESTARI, Balaraja Timur, Tangerang-Banten, pada Senin, 3 Juli 2017, mulai dari pukul 09.00 WIB. Informasi lebih lanjut klik: http://bit.ly/2tuOaos Publikasi Resmi terkait Recruitment HANYA dikeluarkan oleh Recruitment Lion Group. Apabila menerima informasi terkait recruitment di luar dari halaman tersebut, harap dapat melaporkan kepada kami. Proses Recruitment tidak dipungut biaya. Apabila ada pertanyaan, silahkan menghubungi melalui alamat email resmi di: recruitment@lionair.co.id #LionAirGroup #RecruitmentLionGroup

A post shared by Wings Air (@wingsairlines) on

Refund Karena Penumpang Meninggal

Apabila pemilik tiket meninggal dunia, maka tiket pesawat dapat di-refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang), asalkan anggota keluarga bisa melengkapi persyaratan dokumen pendukung, yang kemudian harus disetujui oleh maskapai. Jika tidak, maka kebijakan refund karena alasan pribadi akan berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) dari penumpang yang meninggal,
  2. salinan Kartu Keluarga dari penumpang yang meninggal, dan
  3. salinan surat keterangan kematian menggunakan kop surat resmi dari rumah sakit atau kelurahan.

Untuk penumpang lainnya yang berada di dalam satu nomor pesanan/kode booking dan ingin mengajukan refund, maka kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku.

Cari tiket Batik Air

#TuesdayWindowView

A post shared by Batik Air (@batikair) on

Refund Karena Hal Lain

Refund karena jadwal diubah/dibatalkan oleh maskapai

Untuk dikategorikan sebagai perubahan jadwal oleh maskapai, jadwal penerbangan baru harus berbeda setidaknya satu jam dengan jadwal yang lama. Jika tidak memenuhi persyaratan ini dan Anda tetap ingin refund maka yang berlaku adalah kebijakan refund karena alasan pribadi.

  • Subkelas U: PPN dan airport tax (pajak bandara) akan hangus.
  • Subkelas O: PPN akan hangus.
  • Subkelas R: airport tax (pajak bandara) akan hangus.
  • Subkelas lainnya: penumpang akan mendapat refund penuh (100% dari tarif dasar tiket).

Refund karena force majeure (bencana alam)

Bila terjadi kondisi force majeure seperti bencana alam, badai, dan cuaca buruk maka berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 tahun 2015, refund akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10-20% per penumpang.

Cari tiket Lion Air

Itulah informasi serta syarat dan ketentuan pengajuan refund tiket Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi yang lebih lengkap, hubungi call center Lion Air di nomor telepon 08041778899 atau (021) 63798000 (Indonesia), (+60) 03-78415333 (Malaysia), atau (+65) 63391922 (Singapura). Ingin mencari tiket pesawatnya sekarang? Cari via Skyscanner!

Catatan: Kebijakan mengenai besaran jumlah refund pada tiap-tiap subkelas tiket merupakan hak maskapai dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Peta
Peta