Berita Perjalanan 5 Kota Kuno dan Bersejarah di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Semua artikel

5 Kota Kuno dan Bersejarah di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Kota kuno memiliki pesona yang unik dan mampu memikat hati mereka yang gemar wisata sejarah maupun yang ingin mengumpulkan pengalaman menginjakkan kaki di situs populer di dunia.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Beberapa destinasi yang terkenal seperti Angkor Wat di Kamboja, Roma di Italia, Istanbul di Turki, Bagan di Myanmar, Kairo di Mesir, Persopolis di Iran, Kyoto di Jepang, Machu Picchu di Peru, Athena di Yunani, Petra di Yordania, Borobudur di Indonesia, Stonehenge di Inggris, dan Yerusalem di Israel.

Tapi sebetulnya, masih banyak sekali kota kuno lainnya di dunia yang menyimpan banyak sejarah dan membuatnya menarik untuk dikunjungi. Ini beberapa di antaranya.

1. Great Zimbabwe, Zimbabwe

Anda mungkin mengenal Zimbabwe hanya sebagai negara miskin dengan nilai mata uang yang sangat rendah. Tapi sebetulnya, Zimbabwe, tepatnya di Great Zimbabwe, adalah sebuah kota yang sangat bersejarah.

Alkisah di abad ke-11, kerajaan yang berlokasi di sebelah tenggara Zimbabwe ini merupakan pusat perdagangan di Afrika hingga Samudera Hindia. Di sana terdapat sebuah area kerajaan yang berada di atas bukit dan menawarkan pemandangan luar biasa indah ke The Great Enclosure yang merupakan tembok yang kemudian juga menjadi lambang negara. Great Zimbabwe hingga kini menjadi pengingat bawa Afrika pernah berjaya sebelum kolonialisme melanda.

Cari tiket murah ke Zimbabwe

2. Timbuktu, Mali

Pernah mendengar celetukan, “… lempar sampai ke Timbuktu”? Entah apa penyebab Timbuktu dijadikan “tempat pembuangan”, padahal Timbuktu dulu menjadi pusat pembelajaran penting masyarakat dunia. Di Timbuktu tersimpan ribuan manuskrip penting dan bersejarah dari seluruh dunia. Namun ketika gerakan separatis dimulai, manuskrip itu dipindahkan ke ibu kota Mali, Bamako.

Selain itu, hingga kini Anda masih bisa menemukan beberapa masjid unik khas Timbuktu. Bahkan, ada tiga masjid yang sudah berdiri sejak abad ke-14. Yang membuat kagum adalah ketiga masjid ini masih terus dirawat dengan teknik yang sama seperti dahulu kala, hingga keindahan dan kekuatannya pun masih terus terjaga.

Cari tiket murah ke Mali

3. Xi’An, Cina

Jika mendengar mengenai negara Cina, maka mungkin dua kota pertama yang akan teringat oleh Anda adalah Beijing dan Shanghai. Padahal, Xi’An didapuk sebagai kota no. 2 terpopuler di bagian tengah-utara Cina.

Xi’An adalah kota bersejarah. Di sinilah jalur perjalanan barat dimulai pada periode Jalur Sutera. Untuk lebih dari 1000 tahun lamanya, Xi’An juga dikenal sebagai ibu kota dari dinasti Cina kuno. Yang paling terkenal adalah museum Pejuang Terracotta dari zaman Kerajaan Qin Shi Huang. Diceritakan bahwa ribuan prajurit yang siap berperang terkubur hidup-hidup selama 2000 tahun lamanya, sebelum akhirnya ditemukan pada tahun 1974.

Cari tiket murah ke Xi’an

4. Damaskus, Syria

Damaskus merupakan daerah hasil taklukan Alexander Agung. Anda bisa melihat terdapat berbagai macam pengaruh budaya di kota ini, seperti elemen budaya Romawi dan Yunani dalam hal tata kotanya. Ada pula pengaruh agama Islam yang terlihat dalam wujud Masjid Ummayad, salah satu masjid terbesar dan tertua di dunia, yang dibangun antara 705 hingga 715 Masehi. Tahun 2008, Damaskus dinobatkan sebagai ibukota Budaya Arab.

Cari tiket murah ke Damaskus

5. Varanasi, India

Sebagai salah satu kota tertua di India dan dunia, Varanasi dianggap sebagai tempat tersuci di dunia bagi umat Hindu. Lokasinya yang berada di tepi Sungai Gangga menjadikannya tempat ziarah penting. Varanasi juga merupakan rumah dari banyak kuil dan salah satunya yang paling terkenal adalah Golden Temple yang menghormati Dewa Siwa.

Cari tiket murah ke Varanasi

Dari lima kota tersebut, mana yang ingin Anda kunjungi? Segera siapkan perjalanan Anda, dan lakukan pemesanan tiket pesawat dan hotelnya hanya di Skyscanner. Unduh juga aplikasi gratis Skyscanner di smartphone Anda, agar pemesanan tiket pesawat dan hotel semakin mudah dilakukan, kapan saja dan di mana saja.

Peta

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!