Berita Perjalanan Keindahan Tanjung Bira Beach dan Kapal Pinisi di Bulukumba, Sulawesi

Semua artikel

Keindahan Tanjung Bira Beach dan Kapal Pinisi di Bulukumba, Sulawesi

Tanjung Bira, keindahan pantai berpasir lembut, air laut yang bening dan langit biru di Sulawesi Selatan.

Jika Anda pencinta pantai, Skyscanner merekomendasikan Pantai Tanjung Bira di sebelah selatan Sulawesi dan hanya berjarak 153 km dari Makassar. Tanjung Bira terkenal dengan pasir pantainya yang selembut tepung terigu dan air lautnya yang jernih. Pemandangan garis pantai yang membujur panjang membentang sepanjang mata memandang akan membuat Anda terpukau!

Pesona Tanjung Bira

Karena siang di Tanjung Bira begitu terik, paling enak duduk santai di salah satu warung sambil menikmati es kelapa muda atau minuman dingin. Pemandangan di depan mata sungguh sempurna: langit biru, pantai dan laut yang jernih.

tanjung-bira-makassar-sulawesi-selatan-sutiknyo-skyscanner

Pulau Liukang Loe adalah salah satu keindahan di Tanjung Bira yang wajib dikunjungi. Pulau kecil ini tidak jauh dari pesisir pantai Tanjung Bira. Hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mencapainya dengan speedboat yang melaju kencang. Pesona pantai pulau mungil ini tidak kalah dengan Tanjung Bira. Pantai di pulau ini begitu nikmat karena cenderung masih sepi dan alami.

liukang-loe-tanjung-bira-sulawesi-makassar-indonesia-sutiknyo-skyscanner

Menurut keterangan dari crew speedboat yang disewa penulis, jarang sekali ada wisatawan lokal yang mampir ke sana. Entah apa alasannya, yang pasti pasirnya putih bersih dengan air laut yang bening sempurna. Tidak banyak pohon di pulau ini sehingga sinar matahari di siang bolong bisa panas terik.

Kapal Pinisi di Panrang Luhu

Hal lain yang menarik di Tanjung Bira adalah kapal Pinisi. Kapal kayu andalan masyarakat Bugis yang terkenal di dunia internasional dibuat di sini. Sutiknyo, kontributor Skyscanner, sempat mengunjungi salah satu lokasi pembuatan perahu fenomenal ini di daerah Panrang Luhu. Pembuatan kapal megah yang konon katanya tangguh di laut itu biasanya dikerjakan oleh beberapa orang dan memakan waktu yang tidak sedikit – kadang bisa sampai lebih dari setahun.

kapal-pinisi-tanjung-bira-makassar-sulawesi-selatan-indonesia-sutiknyo-skyscanner

Sebenarnya pembuatan kapal Pinisi di Tanjung Bira juga dilakukan di tempat lain seperti di pantai Lemo-lemo dan di Tana Beru. Namun, dari ketiga lokasi pembuatan kapal Pinisi tersebut, di Panrang Luhulah yang paling raksasa perahunya.

Semburat cahaya petang memantul begitu sempurna di permukaan air laut. Beberapa pengunjung asyik menikmati matahari terbenam sambil berendam di kejernihan air laut. Jika tidak mau basah-basahan berendam di laut, Anda bisa memesan secangkir kopi Toraja di warung-warung kecil sepanjang pantai dan menikmati suasana petang dan sunset cantik sambil meneguk kopi yang nikmat.

Cara Menuju Tanjung Bira

Banyak cara menuju ke Tanjung Bira. Destinasi pertama adalah kota Makassar karena biasanya dari kota inilah kita bisa menemukan transportasi untuk ke Tanjung Bira. Di bandara Makassar sebenarnya sudah ada yang menawarkan jasa untuk mengantarkan Anda ke sejumplah tujuan di Makassar. Pandai-pandailah menegosiasikan harga. Jika tidak mau pakai mobil rental di bandara, Anda bisa naik taksi menuju terminal Malengkeri. Dari terminal ini ada dua alternatif untuk ke Tanjung Bira.

Alternatif pertama adalah jasa travel. Biasanya mereka menawarkan minibus. Harga tiketnya antara Rp30.000 – 60.000 tergantung tingakt keahlian tawar menawar Anda. Jika Anda datang dengan rombongan sewalah mobil karena akan lebih menguntungkan. Banyak jenis mobil juga yang disediakan jasa travel itu. Harga sewa sekali jalan dari terminal Malengkeri ke Tanjung Bira biasanya berkisar antara Rp300.000 – 500.000.

Alternatif kedua adalah naik bis jurusan Selayar. Beritahu petugas bisnya bahwa Anda hendak turun di Tanjung Bira. Jangan sampai ketiduran dan ketika bangun Anda bisa jadi sudah di atas kapal ferry penyeberangan menuju Selayar. Harga tiket bis dari terminal Malengkeri ke Tanjung Bira sekitar Rp70.000. Bis membrikan kenyamanan lebih dari segi kursi dan AC dibandingkan mobil travel yang biasanya diisi dengan 10 penumpang.

Ada beberapa operator bis yang melayani rute Makasar-Selayar, namun menurut sejumlah orang di terminal Malengkeri, bis yang paling nyaman adalah Mahkota dan Sumber Mas. Biasanya bis-bis itu berangkat dari terminal pukul 9 pagi. Jika ketemu calo mobil, bilang saja Anda mau ke Selayar, pasti mereka akan mengarahkan Anda ke loket bis.

penginapan-tanjung-bira-makassar-sulawesi-selatan-indonesia

Beberapa Rekomendasi Akomodasi

  1. Amatoa resort: Pilihan favorit penulis karena paling nyaman menurutnya. Tempatnya di tepi sebuah tebing indah dan di bawahnya laut yang jernih.
  2. Bira View Hotel: Hotel ini letaknya di atas tebing karang sejajar dengan Amatoa resort. Bentuknya rumah panggung dengan AC dan dari terasnya kita bisa menikmati indahnya Tanjung Bira.
  3. Bara Beach Bungalows: Bungalow ini sangat seru karena terletak di pinggir pantai pasir putih yang sepi.
  4. Sunshine Bungalows: Bungalow ini murah meriah, kamar tanpa AC tetapi berada di atas bukit dengan view yang memesona sekali. Tempat ini dIkelola sepasang suami istri Inggris-Indonesia.

Cari tiket pesawat murah ke Makassar adalah dengan situs Skyscanner. Anda akan langsung mendapatkan perbandingan harga dari sejumlah maskapai dan online travel agent, jadi tinggal pilih waktu terbang paling pas dan harga yang bikin dompet senang! Aplikasi mobile Skyscanner juga cukup praktis. Download di sini.

Kontributor artikel dan foto: Sutiknyo, pemilik blog travel LostPacker. Follow Sutiknyo di Twitter @Lostpacker

Peta