Berita Perjalanan Inspirasi 6 Negara Dengan Nilai Tukar yang Rendah Terhadap Rupiah

Semua artikel

6 Negara Dengan Nilai Tukar yang Rendah Terhadap Rupiah

Beberapa negara ini memiliki kurs nilai tukar mata uang yang rendah terhadap Rupiah. Artinya jika Anda berlibur ke salah satu dari negara itu, maka Anda mungkin bisa puas liburan tanpa harus menghabiskan banyak uang.

Tak sedikit orang yang hanya berpatokan pada tinggi – rendahnya nilai tukar Dolar Amerika terhadap Rupiah ketika mereka hendak berlibur ke luar negeri. Padahal, patokan yang paling pas adalah nilai tukar Rupiah terhadap mata uang negara tujuan liburan. Untuk memaksimalkan setiap peser uang Rupiah yang Anda miliki, kunjungilah beberapa negara berikut ini yang mempunyai kurs nilai tukar yang rendah terhadap Rupiah.

1. Vietnam

Karena gencar mempromosikan pariwisatanya, akhir-akhir ini Vietnam menjadi primadona di kalangan pelancong, terutama mereka yang berasal dari wilayah ASEAN. Wisata sejarah, budaya, dan alam bisa Anda dapatkan di tempat-tempat seperti Ho Chi Minh City, Na Thrang, Hue, Hoi An, dan Hanoi. Untuk mendapatkan uang 1 Dong Vietnam (VND), Anda cukup menukarkan uang 0,6 Rupiah. Biaya sekali makan di Vietnam rata-rata sekitar 15.000-30.000 Dong atau sekitar Rp8.800-Rp16.000. Murah sekali kan? Selain itu, sebagai WNI Anda juga mendapatkan bebas visa kunjungan selama 30 hari.

 

2. Sao Tome dan Principe

Terletak di area Afrika Tengah, negara kepulauan ini menawarkan banyak destinasi pantai dan pulau kecil yang cantik. Anda juga bisa mengunjungi beberapa bangunan bersejarah seperti benteng-benteng peninggalan zaman penjajahan dan beberapa di antaranya bahkan terletak persis di pinggir pantai. Terkait nilai tukar, Anda bisa mendapatkan uang 1 Dobra (STD) dengan menukar uang 0,62 Rupiah. Biaya sekali makan di restoran negara ini rata-rata sekitar 150.000 Dobra atau sekitar Rp85.000, tapi ingat ya, ini di restoran.

 

3. Laos

Meski tak mempunyai batas laut karena letaknya yang terjepit oleh Thailand, Vietnam, Tiongkok, dan Myanmar, tak lantas membuat negara ini kehilangan pesona, terutama wisata sejarah dan budayanya. Pencinta wisata budaya akan senang bila mengunjungi Luang Prabang, salah satu Kota Warisan Budaya yang sudah diakui oleh UNESCO. Nilai tukar mata uangnya pun cukup rendah, 1 Kip (LAK) setara dengan 1,64 Rupiah dan WNI mendapatkan fasilitas bebas visa selama 30 hari di negara ini. Biaya sekali makan makanan khas Laos rata-rata sekitar 20.000 Kip atau sekitar Rp32.000.

 

4. Kamboja

Biaya hidup di Kamboja masih terbilang cukup murah. Misalnya saja biaya makan kira-kira menghabiskan 10.000 Riel atau setara lebih kurang dengan 32.000 Rupiah. Untuk mendapatkan uang 1 Riel Kamboja (KHR), Anda harus menukarkan uang sekitar 3,27 Rupiah. Jika hendak mengunjungi negara ini untuk pertama kalinya, kami merekomendasikan Anda untuk pergi ke Phnom Penh dan Siem Reap. Di 2 kota ini Anda bisa mengunjungi Toul Sleng Genocide Museum, Independence Monument, the Preah Borom Ratanak Kaudh’s Royal Statue, Royal palace with Silver Pagoda, dan lain-lain.

 

5. Kolombia

Selain Chile dan Peru, Kolombia adalah negara di Amerika Selatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Kebijakan bebas visa selama 90 hari bagi WNI dan nilai tukar yang relatif rendah, 1 Peso Kolombia (COP) setara dengan 4,47 Rupiah, tentu dapat membuat biaya liburan Anda di sana menjadi lebih hemat. Di Kolombia, Anda bisa mengunjungi Cartagena, Bogota, Cocora Valley, Tayrona National Park, hutan Amazon, dan masih banyak lagi. Biaya sekali makan di Bogota, Kolombia rata-rata sekitar 12.000-15.000 Peso Kolombia atau sekitar Rp55.000.

6. Belarus

Sudah lama ingin liburan ke Eropa tapi takut dengan biaya hidup yang tinggi? Jika ya, berarti Anda belum banyak tahu tentang Belarus. Negara yang beribukota di Minsk ini terletak di wilayah Eropa Timur dan berbatasan dengan Rusia, Ukraina, dan Polandia. Di sini, bangunan dengan arstitektur unik nan cantik adalah andalannya. Anda juga bisa mendaki bukit kecil untuk melihat panorama indah kotanya. Untuk mendapatkan uang 1 Rubel Belarus (BYR), Anda cukup menukarkan uang 0,68 Rupiah saja! Berapa biaya sekali makan di negara ini? Di Minsk, biayanya rata-rata sekitar 120.000 Rubel atau sekitar Rp80.000.

Ternyata tidak sedikit negara tujuan berlibur yang cukup ramah di kantong orang Indonesia. Jika Anda sudah tak sabar ingin segera mengunjungi satu atau beberapa negara tersebut, segera cari dan bandingkan harga tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil di sana via Skyscanner!

Peta