Berita Perjalanan Inspirasi Long Weekend 2017, Pergi Ke Mana?

Semua artikel

Long Weekend 2017, Pergi Ke Mana?

Total ada 11 long weekend di 2017 yang bisa Anda manfaatkan untuk berlibur. Kapan saja, dan sebaiknya ke mana? Skyscanner berikan idenya untuk Anda.

Pegawai kantoran yang memiliki jumlah cuti yang terbatas tentunya akan memanfaatkan long weekend untuk mendapatkan jumlah hari libur yang lebih banyak dengan jumlah hari cuti yang sedikit. Walaupun harga tiket pesawat dan hotel di periode long weekend cenderung lebih mahal, tapi jika Anda mulai merencanakannya dari jauh-jauh hari, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan harga yang masih terjangkau.

Dari total 15 tanggal merah yang terdapat di 2017, ada 11 tanggal yang bisa Anda manfaatkan untuk long weekend, di luar Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal, dan Tahun Baru. Masih bingung mau memanfaatkan 11 long weekend di tahun depan ke mana? Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi Skyscanner berikut ini.

1. Selasa, 28 Maret – Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939

Tidak ada tempat yang lebih tepat untuk memanfaatkan liburan di tanggal ini selain ke Bali dan merasakan kesunyian dan kesakralan perayaan Nyepi. Ambilah penerbangan tanggal 25 Maret dan pulang di tanggal 29 pagi, agar jumlah hari cuti Anda tetap satu hari saja, yaitu di hari Senin, 27 Maret.

Cari tiket murah ke Bali

Perayaan Nyepi di Bali

2. Jumat, 14 April – Wafat Isa Almasih

Ingin mencoba destinasi yang masih jarang didatangi wisatawan Indonesia? Coba ke Filipina di long weekend 14 April ini. Di periode ini, Filipina akan lumayan padat dengan wisatawan karena perayaan Pekan Suci, sehingga Anda bisa bertemu lebih banyak lagi traveler dari seluruh dunia. Tapi selain itu, cuacanya pun sedang bagus sehingga sangat cocok untuk island hopping ke berbagai pulau cantik di Filipina. Dengan ambil ekstra cuti 1 hingga 2 hari, Anda bisa mencoba berkunjung ke salah satu pulau di Cebu, ataupun El Nido dan Coron di Palawan.

Cari tiket murah ke Filipina

3. Senin, 24 April – Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

10 hari berselang sejak long weekend pertama di bulan April, Anda akan bertemu lagi dengan long weekend kedua yang jatuh di hari Senin. Kali ini, Anda bisa berkunjung ke Lombok untuk sebuah liburan singkat yang akan membekas di ingatan. Di bulan ini, bukit-bukit di Lombok sedang menghijau, cantik sekali. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi: Bukit Malimbu, Bukit Merese, Tanjung Aan, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, dan Desa Sade.

Cari tiket murah ke Lombok

4. Senin, 1 Mei – Hari Buruh Internasional

Mei adalah salah satu bulan terbaik untuk berpergian ke tempat-tempat yang ramai wisatawan karena cuacanya sedang cerah dan juga belum memasuki periode puncak liburan. Anda bisa menghabiskan liburan singkat ini dengan berkunjung ke Johor Bahru di Malaysia dan menghabiskan waktu Anda bersama keluarga di Legoland, tanpa perlu terjebak dalam antrian wahana yang tak kunjung selesai.

Cari tiket murah ke Johor Bahru

5. Kamis, 11 Mei – Hari Raya Waisak 2561

Setiap tahunnya, berlangsung upacara perayaan Waisak berskala besar di Jogjakarta yang dihadiri bukan cuma umat Buddha, tapi juga wisatawan lokal maupun mancanegara. Datanglah ke Jogjakarta sehari sebelumnya dan ikuti prosesinya dengan khidmat. Setelahnya, Anda bisa ikut menerbangkan lampion ke udara.

Cari tiket murah ke Jogja

6. Kamis, 25 Mei – Kenaikan Isa Al Masih

Jika Anda ingin bertualang agak jauh, dengan modal cuti satu hari saja, Anda bisa mencoba long weekend ke Ho Chi Minh City atau yang juga dikenal dengan nama Saigon. Anda akan dapat melakukan wisata kuliner berbagai makanan Vietnam di sana. Ambil penerbangan pada Rabu malam sehingga Anda bisa tiba di sana hari Kamis pagi.

Cari tiket murah ke Ho Chi Minh City

7. Kamis, 1 Juni – Hari Lahir Pancasila

Memasuki bulan puasa, tidak ada salahnya berkunjung ke salah satu destinasi Muslim di Indonesia untuk melihat tradisi puasa di sana. Banda Aceh yang dijuluki Serambi Mekkah ini bisa menjadi pilihan Anda. Setelahnya, menyebranglah ke Pulau Weh, bermain-main di kota Sabang, dan lihat titik nol kilometer di ujung terbarat Indonesia.

Cari tiket murah ke Banda Aceh

8. Kamis, 17 Agustus – Hari Kemerdekaan RI

Di hari ulang tahun Indonesia ini, Anda bisa melakukan wisata sejarah dengan berkunjung ke kota-kota yang menjadi bagian dari perjuangan kemerdekaan Indonesia dulu. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Bengkulu, kota di mana Bung Karno bertemu dengan Fatmawati, Ibu Negara pertama Republik Indonesia, saat Beliau diasingkan di sana pada tahun 1938-1942.

Cari tiket murah ke Bengkulu

Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu

Foto: @TravellersID.

9. Jumat, 1 September – Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah

Sama seperti Mei, September juga merupakan bulan yang pas untuk berlibur dengan jumlah wisatawan yang tidak terlalu ramai. Kunjungilah Belitung di bulan ini dan bermainlah di pantainya yang cantik. Jangan lupa juga untuk mampir ke Museum Kata Andrea Hirata, tempat yang dulunya menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Cari tiket murah ke Belitung

10. Kamis, 21 September – Tahun Baru Islam 1439 Hijriah

Dengan Garuda Indonesia yang baru meluncurkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Labuan Bajo, maka waktu tempuh ke destinasi ini semakin cepat. Ambil 1 hari cuti dan manfaatkan long weekend kali ini untuk berkunjung ke Taman Nasional Komodo dan juga Pulau Padar. Apalagi, September adalah bulan yang cocok sekali untuk Anda yang suka menyelam. Bulan ini adalah bulannya ikan paus, manta, dan komodo – dan dengan jumlah turis yang sangat minim, sehingga Anda bisa menikmati keindahan pulau ini sampai puas.

Cari tiket murah ke Labuan Bajo

11. Jumat, 1 Desember – Maulud Nabi Muhammad SAW

Masuk di bulan Desember, maka tidak ada destinasi lain yang lebih baik dari Singapura. Pada bulan ini, Singapura terlihat semakin cantik dengan berbagai hiasan lampu yang meriah di sepanjang jalan, serta pusat perbelanjaan yang dihiasi dengan pohon Natal. Bukan itu saja, periode akhir tahun ini juga menandai dimulainya musim diskon yang bisa membuat Anda kalap.

Cari tiket murah ke Singapura

Selain 11 long weekend di atas, sadarkah Anda bahwa di bulan April hingga Juni, Anda bisa mendapatkan liburan lama dengan jumlah hari cuti yang sedikit saja?

Dapatkan total liburan sebanyak 10 hari dengan modal cuti hanya 4 hari saja di tanggal 22 April sampai 1 Mei 2016. Anda juga bisa mendapatkan total liburan hingga 11 hari dengan 5 hari total cuti di tanggal 14-24 April atau 25 Mei – 4 Juni. Di periode musim semi dan musim panas ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk liburan ke Jepang atau Korea Selatan sambil melihat sakura yang bermekaran dengan cantiknya. Anda juga bisa menuju Eropa dan mampir ke Amsterdam untuk melihat bunga tulip bermekaran dengan cantiknya di Keukenhof.

Cari tiket murah ke Amsterdam

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rencanakan liburan long weekend tahun depan mulai dari sekarang! Pilih destinasinya, lalu cari tiket pesawat dan hotelnya hanya di Skyscanner!

Peta