Berita Perjalanan Inspirasi 12 Lokasi Syuting K-Drama Terpopuler di Korea Selatan

Semua artikel

12 Lokasi Syuting K-Drama Terpopuler di Korea Selatan

Berkunjung ke Korea Selatan bagi penggemar drama Korea adalah sebuah perwujudan mimpi. Mereka tidak hanya akan menghabiskan liburan dengan sekadar jalan-jalan dan belanja, tetapi juga berkunjung ke berbagai lokasi syuting yang sangat memorable dari drama Korea favorit mereka. Jika Anda adalah penggemar drama Korea, maka Anda tidak boleh melewatkan 12 lokasi syuting ini.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

1. Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village adalah sebuah komplek perumahan tradisional Korea yang disebut “Hanok”. Area ini pada dasarnya adalah area residensial warga Seoul, tapi karena keunikannya akhirnya juga menjadi lokasi wisata budaya di Seoul. Penggemar drama Korea pun mungkin familiar dengan Bukchon Hanok Village karena pernah dijadikan lokasi syuting drama populer berjudul Personal Taste yang diperankan oleh Lee Min Ho dan Son Ye Jin.

Berlokasi di Gyedong-gil, Jongno-gu di Seoul, Anda bisa naik subway menuju Anguk Station, keluar Exit 2, dan jalan kaki sekitar 5 hingga 10 menit untuk tiba di lokasi.

2. The 1st Shop of Coffee Prince

Salah satu drama Korea terpopuler, The First Shop Of Coffee Prince, yang diperankan oleh Gong Yoo dan Yoon Eun-hye menggunakan cafe ini sebagai lokasi syuting utamanya. Bercerita tentang seorang wanita yang berpura-pura menjadi pria agar ia bisa bekerja di sana sebagai waiter, kini, tempat ini juga menjadi salah satu lokasi wisata favorit para penggemar K-Drama.

Untuk mencapai The 1st Shop of Coffee Prince yang berlokasi di Hongdae ini, Anda bisa naik subway menuju Hongik University dan keluar di Exit 8. Setelahnya, Anda tinggal berjalan kaki selama 5 hingga 10 menit untuk mencapai lokasi.

3. N Seoul Tower

Sebagai salah satu tempat terpopuler di Seoul, N Seoul Tower juga menjadi lokasi syuting dari banyak drama Korea populer, seperti My Love From The Star yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Jun Ji yun, serta Boys Over Flowers yang dibintangi Lee Min Ho dan Go Hye Sun. Di sini, selain melihat Seoul dari ketinggian, Anda dapat “mengunci” cinta Anda bersama pasangan di “pagar gembok cinta” yang ada di sana.

Untuk mencapai N Seoul Tower, Anda bisa naik subway menuju Myeong-dong dan keluar di Exit 2, lalu naik Namsan Circular Shuttle Bus No. 05. Atau, Anda bisa keluar di Myeong-dong Exit 3, lalu jalan kaki sekitar 15 menit untuk naik kereta gantung menuju puncaknya. Jangan lupa siapkan uang 10.000 won untuk tiket masuk orang dewasa dan 8.000 untuk tiket masuk anak-anak, jika Anda berniat naik hingga ke menara pengamatannya. N Seoul Tower buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 23.00 di hari Minggu hingga Jumat, dan pukul 10.00 hingga 24.00 di hari Sabtu.

4. Coex Aquarium

Coex Aquarium adalah rumah dari lebih dari 40.000 binatang laut dan menjadi salah satu tempat wisata favorit turis saat liburan ke Korea Selatani. Tempat ini juga menjadi lokasi syuting dari I Can hear Your Voice yang diperankan oleh Lee Jong Suk dan Lee Bo Young, serta My Lovely Samsoon yang diperankan oleh Lee Dong Wook dan Kim Sun Ah.

Untuk mencapai Coex Aquarium, Anda bisa naik subway menuju Samseong dan keluar di Exit 5 & 6. Setelahnya, Anda cukup mengikuti papan petunjuk menuju Coex Aquarium. Buka setiap hari sepanjang tahun dari pukul 10.00 hingga 20.00, Anda bisa masuk ke tempat ini dengan menyiapkan biaya 22.000 won untuk orang dewasa, 19.000 won untuk pelajar SMP dan SMA, 16.000 won untuk anak-anak, serta 16.500 won untuk lansia.

5. Nami Island

Pertama kali dipopulerkan oleh salah satu drama Korea paling populer sepanjang masa, Winter Sonata, Nami Island adalah tempat yang sangat wajib dikunjungi para penggemar K-Drama maupun turis biasa. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan super indah di musim apapun, terutama di musim gugur dan musim dingin.

Kunjungi Nami Island dengan naik kapal ferry dari Gapyeong menuju Nami. Kapal ferry beroperasi mulai pukul 7.30 hingga 21.45 dengan jarak tempuh 10-15 menit.

6. Petite France

Sebuah taman bermain yang terinspirasi dari novel klasik Prancis, Le Petit Prince, Petite France di Korea Selatan ini telah menjadi lokasi syuting dari banyak drama Korea populer, seperti My Love From The Star, Secret Garden, hingga variety show Running Man.

Berlokasi di area yang sama dengan Nami Island, Anda bisa berkunjung ke sini dengan mengikuti Gapyeong City Tour dengan shuttle bus dan membayar biaya sebesar 6000 won. Anda akan mengitari rute sebagai berikut:
Gapyeong Intercity Bus Terminal → Gapyeong Station → Jaraseom Island → Gapyeong Rail Bike → Namiseom Island → Geumdae-ri Meeting Hall → Bokjjangni Samgeori Three-way Intersection → Petite France → Homyeong-ri → Cheongpyeong Bus Terminal → Cheongpyeong Station (Sin Cheongpyeong Station) → Im Elementary School → The Garden of Morning Calm.

7. Suncheon Open Film Set

Seperti namanya, Suncheon Open Film Set adalah sebuah lokasi yang sengaja dibuat untuk menjadi lokasi syuting drama atau film Korea yang menggunakan setting tahun 50an, 60an, dan 70an. Beberapa film dan drama yang pernah dibuat di sini antara lain baker King Kim Tak Goo dan Gangnam Blues.

Selain berfungsi sebagai lokasi syuting, Anda bisa sekaligus belajar sejarah, berfoto-foto dengan setting Korea zaman dahulu, hingga makan berbagai makanan khas Korea di sini.

8. Taebaek City

Kota Taebaek menjadi populer setelah menjadi lokasi syuting drama perang populer Descendants of the Sun yang diperankan oleh Song Joong-ki dan Song Hye-kyo. Anda pun akan menemukan set militer Uruk yang dibangun kembali setelah syuting berakhir, agar para penggemarnya bisa datang ke sini dan berfoto-foto dengan bangunan itu.

9. Korean Folk Village

Berbagai film atau drama Korea yang berlatar sejarah pasti menggunakan Korean Folk Village sebagai tempat syutingnya, sebut saja Jewel in the Palace, Dae Jang Geum, dan Moon Embracing the Sun. Selain rumah bergaya Joeson, Anda dapat mengikuti beragam kegiatan tradisional Korea yang akan membuat Anda lebih mengenal sejarah Korea.

10. Daepohang Port Light House

Berlokasi di Sokcho, Mercusuar Daepohang merupakan lokasi dari salah satu adegan paling romantis dalam drama Korea berjudul Strong Woman Do Bong Soon yang diperankan oleh Park Bo-young dan Park Hyung-sik. Inilah tempat di mana kedua pemeran utama ini berkencan untuk pertama kalinya.

Anda bisa mencapai Mercusuar Daepohang dengan menggunakan bus antar kota dari Seoul Express Bus Terminal ke Sokcho selama kurang lebih 3 jam. Setelahnya, naik bus no. 1, 3, 5, 7, atau 9 dari seberang Sokcho Express Bus Terminal, dan berhenti di Daepohang Port sekitar 2-3 menit perjalanan.

11. Jumunjin Beach

Sebagai salah satu K-Drama terpopuler tahun ini, Goblin yang diperankan oleh Gong Yoo menggunakan Pantai Jumunjin di Gangneung ini sebagai lokasi syuting dari adegan yang paling berkesan dalam dramanya. Ingat ketika Ji Eun Tak pertama kali memanggil Kim Shin?

Untuk mencapai Pantai Jumunjin, Anda bisa naik bus antar kota dari Dong Seoul Bus Terminal ke Gangneung Intercity Bus Terminal, lalu naik bus no. 302 atau 315 menuju Pantai Jumunjin.

12. Daehan Dawon Tea Plantation

Daehan Dawon Tea Plantation di Boseong menjadi lokasi drama Korea berjudul Legend of the Blue Sea yang diperankan oleh Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun. Tapi, kebun teh ini bukan merupakan kebun teh biasa. Selain perkebunan hijau yang menyegarkan mata, Anda bisa menikmati beragam variasi teh hijau, mulai dari es krim, crackers, hingga ddeokbokki.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa naik bus antar kota dari Seoul Express Bus Terminal menuju Boseong Intercity Bus Terminal, lalu naik taksi ke Boseong Green Tea Plantation selama 15 menit.

Dari 12 tempat di atas, mana lokasi syuting drama Korea yang akan Anda kunjungi saat liburan ke Korea Selatan? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Korea Selatan. Cari tiket pesawat dan hotelnya lewat Skyscanner, sekarang.

Peta
Peta