Berita Perjalanan Cara Membuat Visa Korea Selatan

Semua artikel

Cara Membuat Visa Korea Selatan

Berencana untuk berlibur ke Korea Selatan? Panduan dari Skyscanner Indonesia berikut ini bisa membantu Anda dalam pembuatan visa Korea Selatan. Jangan lupa cari dan pesan tiket pesawat promo ke Korea Selatan (periode 2017-2018) sekarang juga sebelum habis!

Beberapa tahun terakhir, Korea Selatan menjadi tujuan utama wisatawan Asia, termasuk Indonesia. Para bintang K-Pop dengan lagu-lagunya yang menghentak dan paras cantik serta tampan dari bintang film dan serial TV Korea Selatan berhasil menarik minat para wisatawan untuk menginjakkan kaki ke negeri gingseng ini.

Namun, sebelum Anda mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Korea Selatan, Anda wajb memiliki visa untuk memasuki negara ini. Skyscanner berikan panduan mudah untuk mendapatkan visa Korea Selatan agar Anda bisa mewujudkan impian Anda berlibur ke sana.

Untuk langkah awal, kami sarankan untuk membaca secara teliti cara untuk apply visa Korea Selatan supaya tipe visa yang benar yang terpilih. Di akhir panduan ini, kami telah memberikan informasi tentang situs dimana Anda dapat memulai aplikasi visa Korea Selatan.

Jika Anda sudah berada di situs kedutaan besar Korea Selatan untuk Indonesia, tampilan awal untuk persyaratan dokumen adalah seperti yang di bawah ini, klik tab kedua (angka 2) atau simbol >>.

Tampilan awal untuk persyaratan dokumen, klik tab kedua (angka 2) atau simbol >>

Pilih nomor 1, "Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9)"

Pilih nomor 1, "Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9)"

Di halaman ini tertera berbagai macam informasi mengenai persiapan pembuatan visa Korea, seperti

Pendaftaran dan Pengambilan Visa

  • Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00-11.30 WIB.
  • Pengambilan Visa : 13.30-16.30 WIB.
  • Lama Proses Pembuatan Visa: minimal 6 Hari Kerja, dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen (proses bisa lebih dari 6 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan).
  • Selama proses pembuatan visa, paspor tidak boleh dipinjam

Biaya Pembuatan Visa

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari): Rp544.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun): Rp1.224.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan): Rp952.000,-
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Persyaratan Dokumen

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan, yaitu Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21), rekening koran tabungan 3 bulan terakhir, dan surat referensi bank.

Catatan:

  • Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua.
  • Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
  • Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employer-nya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan).
  • Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen.

Jika Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, maka langkah berikutnya adalah mengunduh formulir aplikasi visa di halaman ini atau klik salah satu bagian yang berwarna merah seperti pada gambar di bawah (isi formulir berisi bahasa Korea dan Inggris).

Cari tiket murah ke Seoul

Klik salah satu bagian yang berwarna merah seperti pada gambar

Setelah semua dokumen sudah lengkap, maka Anda sudah bisa berangkat menuju Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta yang beralamat di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 12950 untuk proses pengajuan visa. Anda bisa mengecek perkembangan pengajuan visa Anda dengan cara berikut:

  1. Kunjungi situs web www.visa.go.kr
  2. Sorot/klik tab "Check Application Status" di sebelah kiri atas
  3. Klik opsi "Check Application Status and Print"
  4. Pilih tempat di mana Anda mengurus visa, jika di kedutaan maka pilih "Diplomatic office", dan
  5. Isikan data yang diminta lalu akan keluar hasilnya

Cara mengecek status aplikasi visa Korea Selatan Anda

Ketika status visa Anda sudah berubah dari ‘Application Received’ menjadi ‘Approved’, maka berarti Anda bisa kembali ke Kedutaan Besar Korea Selatan untuk mengambil visa dan paspor Anda. Selanjutnya, tinggal berangkat ke Korea Selatan!

Sudah siap untuk memulai aplikasi visa Korea Selatan? Anda bisa membuka situs Kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia di sini.

Rekomendasi Objek Wisata

Jika sudah terbang ke Korea, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat-tempat berikut ini :

  • N Seoul Tower yang merupakan landmark kota Seoul dan menjadi titik tertinggi di kota ini. Jangan lupa untuk membawa gembok cinta dan mengaitkan nama Anda bersama pasangan agar tidak terpisahkan selamanya di Jembatan Cinta N Seoul Tower.
  • Myeongdong, Insadong, Dongdaemun, dan Namdaemun, yakni pusat perbelanjaan yang sangat terkenal di Korea.
  • Berfoto dengan background keindahan Pulau Nami ala Winter Sonata.
  • Pulau Jeju yang dianggap seperti Bali atau Hawai-nya Korea Selatan. Banyak tempat wisata yang Anda dapat nikmati di sini, seperti kebun botani, museum Teddy Bear, dan taman dewasa Loveland.
  • Jjimjilbang, tempat sauna Korea yang menjadi salah satu unsur kebudayaan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari warganya.

Sudah tidak sabar ingin segera ke Korea Selatan? Cari sekarang juga [tiket pesawat murah ke Korea Selatan](https://www.skyscanner.co.id/transportasi/penerbangan/id/kr/penerbangan-termurah-dari-indonesia-ke-korea-(selatan).html?adults=1&children=0&adultsv2=1&childrenv2=&infants=0&cabinclass=economy&rtn=1&preferdirects=false&outboundaltsenabled=false&inboundaltsenabled=false&locale=id-ID&currency=IDR) via Skyscanner!

Peta

Baca juga: Panduan terlengkap untuk liburan ke Korea Selatan.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Sudah tidak sabar untuk segera berkunjung ke Korea Selatan? Pastikan Anda mencari tiket pesawat, akomodasi, dan rental mobil via Skyscanner!

Peta