Berita Perjalanan Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata

Semua artikel

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata

Para penggemar film Bollywood mungkin akan menggambarkan India sebagai negara dengan pemuda tampan, pemudi cantik, dan tarian menarik. Namun, sebenarnya India memiliki banyak daya tarik lainnya, seperti lanskap alam yang indah, kuliner yang nikmat, dan budaya yang kaya serta terjaga dengan baik. Untuk bisa mengunjungi India, Anda harus mengurus visa terlebih dahulu dan berikut adalah panduannya.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Sejak tanggal 1 Juli 2012, India sudah mewajibkan pengajuan permohonan visa secara online. Beruntungnya, sebagai Warga Negara Indonesia kita dapat mengajukannya dengan 2 cara, yaitu sebelum keberangkatan dan mengambilnya di Kedutaan Besar India yang ada di Jakarta, Bali, atau Medan (Tourist Visa) atau sebelum keberangkatan dan mengambilnya di bandara kedatangan kita di India (e-Tourist Visa).

Tourist Visa (TV) India

Visa Turis hanya dikeluarkan untuk tujuan berlibur atau mengunjungi keluarga di India. Dokumen yang dibutuhkan adalah:

  • Paspor, dengan masa berlaku minimal 6 (enam) bulan sejak tanggal kedatangan di India. Selain itu, paspor harus memiliki setidaknya 2 (dua) halaman kosong.
  • Pas foto sebanyak 2 (dua) lembar. Ketentuan: foto ukuran paspor, foto dengan wajah yang terlihat jelas, serta berlatar belakang putih.
  • Tiket pesawat pulang pergi atau tiket terusan dari India ke negara lain.
  • Anda harus memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan atau rekreasi selama di India yang dibuktikan dengan melampirkan print out rekening Anda selama 3 (tiga) bulan terakhir.
  • Bukti konfirmasi pemesanan hotel selama di India.
  • Surat undangan atau sponsor dari India dengan salinan paspor atau kartu identitas sponsor. Untuk orang asing yang mengundang dan tinggal di India maka harus terdapat lampiran visa yang masih berlaku dari orang yang bersangkutan.
  • Itinerary selama kunjungan Anda di India.
  • Pengajuan visa tidak boleh dilakukan lebih dari 2 minggu sebelum tanggal kedatangan di India.

Visa Turis ini tidak dapat diganti dan diperpanjang. Pemberian visa sesuai dengan jadwal perjalanan yang sudah Anda rencanakan hingga waktu maksimum 6 bulan atau kurang dari jangka waktu itu. Apabila Anda ingin terbang kembali ke India maka perlu ada rentang waktu 2 bulan dari kunjungan Anda terakhir ke negara ini. Jika Anda harus mengunjungi India lagi dalam jangka waktu sebelum 2 bulan sejak kedatangan yang lalu, maka Anda harus mengajukan permohonan Visa Turis Double Entry dan harus disertai dengan dokumen pendukung yang menjelaskan alasan Anda harus kembali ke sana.

Baca juga: Cara buat visa Inggris di Indonesia lewat VFS.

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - Tourist Visa India (Page 1)

Setelah semua dokumen sudah siap, maka berikut adalah langkah-langkah pengajuan Tourist Visa India. Kunjungi situs web https://indianvisaonline.gov.in/, scroll ke bagian bawah, dan klik tombol/gambar “Apply Online”. Isilah form dengan data Anda. Anda dapat memilih kantor Kedutaan Besar India untuk mengambil visa pada kolom “Indian Mission”. Pada kolom “Visa Type”, pilih “TOURIST VISA”.

Baca juga: 10 negara bebas visa untuk WNI selain ASEAN (Bagian 1).

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - Tourist Visa India (Page 2)

Setelah selesai, klik tombol “Continue” dan Anda akan dibawa ke halaman kedua dan ketiga di mana Anda harus memasukkan data paspor dan dokumen pendukung lainnya. Isi semua data pada form lalu klik tombol “Save and Continue”.

Baca juga: Panduan Liburan ke Tokyo: Visa, Tiket Pesawat, Akomodasi, & Itinerary.

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - Tourist Visa India (Page 3)

Pada halaman keempat, Anda harus mengunggah foto Anda. Pastikan foto yang Anda unggah sesuai dengan ketentuan, yaitu: foto dalam format JPEG, ukuran file minimum 10 KB dan maksimum 1 MB, dimensi foto 350×350 piksel, dan foto menghadap muka dengan latar belakang putih. Namun demikian, persyaratan ini tidak wajib Anda penuhi pada saat pengajuan visa secara online karena Anda bisa membawa foto pada saat pengambilan visa di Kedutaan Besar India.

Baca juga: 10 negara bebas visa untuk WNI selain ASEAN (Bagian 2).

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - Tourist Visa India (Page 4)

Pada halaman kelima, Anda akan diminta mengecek semua data yang telah Anda masukkan. Pastikan semua data sudah benar dan valid. Jika ada kesalahan, Anda bisa klik tombol “Modify/Edit” dan perbaiki data yang salah. Jika sudah benar semua, klik tombol “Verified and Continue”.

Pada halaman terakhir, Anda dapat mengunduh form isian dalam bentuk PDF (atau setidaknya catat “Application Id” Anda). Simpan form atau Application ID itu. Anda bisa memantau status aplikasi visa Anda melalui halaman https://indianvisaonline.gov.in/visa/VisaEnquiry.jsp dengan memasukkan Apllication ID dan nomor paspor Anda. Umumnya, proses pengajuan visa membutuhkan waktu sekitar 2 hari kerja.

Baca juga: Tips cara mengajukan visa Schengen (26 negara Eropa).

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - Tourist Visa India (Page 6)

Jika visa Anda disetujui, cetak dan bawa form tersebut beserta semua dokumen pendukung ke Kantor Kedutaan Besar India. Anda bisa pergi pada hari kerja antara pukul 09.00-12.00 waktu setempat. Proses penerbitan visa biasanya membutuhkan waktu 1 (satu) hari kerja dengan biaya sebesar Rp1.320.000,00. Jadwal pengambilan visa dan paspor adalah setiap hari kerja pada pukul 16.00-16.30 waktu setempat.

Saat mengambil visa, periksalah dengan teliti jenis dan periode visa yang disetujui. Jika ada yang tidak sesuai atau periode visa yang disetujui tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda harus segera mengajukan keberatan pada saat itu juga karena pihak kedutaan tidak akan melayani keluhan di kemudian hari.

e-Tourist Visa (eTV) India

Jika Anda terlalu sibuk atau tempat tinggal Anda terlalu jauh dari kantor Kedutaan Besar India, Anda juga bisa memperoleh visa India dengan cara mengajukan e-Tourist Visa (eTV). Keuntungannya adalah Anda tidak perlu datang ke kantor Kedutaan Besar India, namun Anda harus membayar biaya visa secara online, dengan kartu kredit visa atau mastercard, sebesar 50 USD ditambah biaya admin bank sebesar 2,5%.

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus visa ini adalah

  • foto digital dengan format JPEG dan ukuran file minimum 1 KB dan maksimum 1 MB, panjang dan lebar foto harus sama, dan background polos berwarna light atau putih; dan
  • scan halaman awal paspor dalam format PDF dengan ukuran file minimum 10 KB dan maksimum 300 KB. Masa berlaku paspor minimum 6 bulan sejak tanggal kedatangan di India.

Jenis visa ini tidak berlaku untuk pemegang paspor diplomatik, paspor resmi, dan paspor anak-anak. Setiap pemohon harus memiliki paspor individual (bukan paspor sponsor). Pengajuan visa jenis ini hanya bisa dilakukan dalam rentang waktu paling lambat 4 (empat) hari hingga maksimum 120 (tiga puluh empat) hari dari tanggal kedatangan Anda di India dan hanya berlaku untuk pintu masuk dari bandara di Ahmedabad, Amritsar, Bagdogra, Bengaluru, Calicut, Chennai, Chandigarh, Cochin, Coimbatore, Delhi, Gaya, Goa, Guwahati, Hyderabad, Jaipur, Kolkata, Lucknow, Mangalore, Mumbai, Nagpur, Pune, Tiruchirapalli, Trivandrum & Varanasi dan 3 pelabuhan yang ditunjuk yaitu Cochin, Goa, Mangalore. Namun, Anda bisa keluar dari salah satu Pos Pemeriksaan Imigrasi yang berwenang (ICP) di India.

Baca juga: Cara membuat e-Paspor di Indonesia.

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - e-Tourist Visa India

Kunjungi halaman web https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html dan scroll ke bagian paling bawah lalu klik tombol “Apply Online” dan ikuti prosedurnya. Secara keseluruhan, form yang harus Anda isi sama dengan form pengajuan Tourist Visa India. Perbedaannya hanya terletak pada kewajiban Anda mengunggah foto dan halaman depan paspor Anda serta membayar biaya visa secara online. Anda harus membayar biaya visa paling lambat 4 (empat) hari sebelum tanggal keberangkatan atau visa Anda tidak akan diproses.

Setelah semua proses selesai, termasuk pembayaran, eTV akan dikirimkan melalui alamat e-mail yang Anda daftarkan pada proses pengajuan. Anda harus mencetak dan membawanya bersama dengan dokumen pendukung lainnya pada saat keberangkatan ke India. eTV berlaku selama 60 hari sejak tanggal kedatangan Anda di India dan dapat berlaku hingga Double Entry.

Mereka akan meminta Anda menunggu selama 72 jam untuk proses persetujuan visa, namun biasanya waktu yang dibutuhkan hanya 24 jam saja. Pantau terus alamat e-mail Anda karena pihak Kedutaan Besar India akan memberikan konfirmasi melalui e-mail itu. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat jeda waktu sekitar 4 jam untuk melihat update status pembayaran visa Anda. Jadi, setelah membayar, tunggulah 4 jam sebelum mengecek statusnya lagi.

Perlu dipahami bahwa biaya visa yang Anda bayarkan bersifat non-refundable, meskipun pengajuan visa Anda ditolak oleh Pemerintah India. Penolakan visa biasanya terjadi karena dokumen yang tidak lengkap atau foto dan paspor yang Anda unggah tidak jelas atau tidak sesuai ketentuan. Hal ini juga berlaku pada permohonan pengajuan Tourist Visa India.

Baca juga: Panduan membuat visa Amerika Serikat.

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - Taj Mahal

Rekomendasi Objek Wisata

India memiliki banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi, mulai dari objek wisata sejarah, budaya, arsitektur, alam, kuliner, bahkan pantai dan alam bawah laut. Beberapa objek wisata yang paling populer di India adalah :

  • Taj Mahal yang terletak di Agra.
  • Sungai Gangga di Varanasi.
  • Golden Temple di Amritsar.
  • Udaipur, kota danau dan istana.
  • Ajanta dan Ellora Caves di dekat Aurangabad.
  • Kerala Backwaters.
  • Puluhan pantai di daerah Goa.

Baca juga: Tradisi unik di India saat bulan Ramadan.

Cari tiket murah ke India

Cara Membuat e-Tourist Visa India dan Rekomendasi Objek Wisata - Holi Festival

Kini Anda sudah tahu cara dan proses mengurus visa India. Ingat, gunakanlah Skyscanner untuk membandingkan harga dan menemukan penawaran terbaik tiket pesawat, akomodasi, dan penyewaan mobil di India!

Peta
Peta