Berita Perjalanan Cara Check-in Turkish Airlines

Semua artikel

Cara Check-in Turkish Airlines

Setiap maskapai penerbangan pasti mewajibkan semua calon penumpang untuk melakukan check-in sebelum memasuki pesawat. Baca tips berikut untuk mengetahui cara termudah untuk check in ke penerbangan Turkish Airlines.

Setiap maskapai penerbangan pasti mewajibkan semua calon penumpang untuk melakukan check-in sebelum memasuki pesawat. Proses check-in ini bertujuan untuk memastikan data calon penumpang yang masuk sama dengan yang ada di database maskapai, sehingga mencegah terjadinya tindakan kriminal.

Cari tiket pesawat Turkish Airlines

Cara check-in yang diterapkan pun berbeda, tergantung pada kebijakan maskapai. Seperti misalnya Turkish Airlines yang menerapkan tiga metode check-in untuk para calon penumpangnya yang telah memiliki tiket pesawat, yaitu:

Airport Check-in

Airport check-in menjadi salah satu cara yang umum dilakukan oleh sebagian besar calon penumpang. Metode ini juga disebut dengan metode check-in manual, dengan para calon penumpang berdiri mengantre di loket-loket maskapai yang tersedia di bandara setempat.

Pada umumnya, proses check-in manual di bandara membutuhkan waktu lebih lama, karena harus menjalani berbagai prosedur keamanan. Oleh karena itu, jika Anda memilih untuk melakukan check-in secara manual di loket bandara, Anda harus tiba di bandara keberangkatan paling lambat tiga jam sebelum waktu keberangkatan yang tertulis pada tiket pesawat Turkish Airlines Anda.

Selain banyaknya prosedur yang harus dilalui, keberangkatan lebih awal juga bertujuan untuk menghindari terjadinya antrean panjang di setiap loket. Antrean ini umumnya terjadi 90 hingga 60 menit menjelang jam keberangkatan. Belum lagi ditambah dengan pengurusan bagasi jika Anda membawa banyak barang. Biasanya, waktu maksimal proses check-in manual ini adalah 60 menit sebelum waktu keberangkatan.

Sebelum memasuki loket check-in, pastikan Anda telah mempersiapkan berbagai dokumen dan kartu identitas serta tiket elektronik yang telah Anda pesan. Jangan lupa juga dokumen kesehatan, khususnya bagi penumpang yang hamil dan memiliki penyakit khusus.

Cari tiket pesawat Turkish Airlines

Online Check-in Melalui Website

Online check-in menjadi cara check-in Turkish Airlines kedua yang bisa Anda pilih. Keuntungan utama melakukan check-in secara online adalah Anda bisa langsung mengurus bagasi tanpa harus mengantre di loket. Langkah-langkah melakukan online checking adalah sebagai berikut:

  • Gunakan komputer, laptop, tablet, atau pun ponsel pintar Anda untuk mengakses situs resmi maskapai di www.p.turkishairlines.com dan klik “Check-in/Manage Booking” yang ada di bagian depan laman.

  • Masukkan nama belakang dan nomor reservasi tiket pesawat Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, tekan anak panah.

  • Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi detail informasi, termasuk permintaan khusus (jika ada) dan memilih kursi.

  • Pastikan data yang Anda isikan telah lengkap dan benar sebelum menekan tombol konfirmasi. Boarding pass akan segera dikirimkan melalui e-mail Anda.

  • Anda juga bisa melakukan check-in melalui ponsel pintar dengan mengundung aplikasi Turkish Airlines terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan bahwa ada banyak pilihan check-in online yang tersedia sesuai dengan kebijakan bandara, sehingga ada baiknya Anda mencari informasi lengkapnya terlebih dahulu sebelum melakukan check-in. Meskipun telah melakukan check-in secara online, Anda tetap diharuskan tiba di bandara paling lambat satu jam untuk penerbangan domestika dan dua jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional.

Cari tiket pesawat Turkish Airlines

Self-service Check-in

Cara check-in Turkish Airlines yang ketiga adalah self-service check-in atau check-in mandiri. Metode check-in ini bisa Anda lakukan melalui kios maskapai yang tersedia di bandara. Kios ini memungkikan Anda untuk melakukan check-in lebih cepat di bandara tanpa harus menuju loket.

Proses kerja mesin check-in mandiri adalah sebagai berikut. Semua penumpang yang telah memiliki tiket pesawat Turkish Airlines bisa melakukan check-in dengan mesin kios melalui berbagai pilihan kartu, mulai dari kartu Miles & Smiles atau bank card yang tersedia. Mesin akan membaca informasi kartu tersebut. Anda juga bisa memasukkan nomor reservasi jika tidak memiliki kartu-kartu tadi. Setelah memilih tempat duduk sesuai keinginan, boarding pass Anda akan segera tercetak.

Mesin check-in mandiri buka 12 jam sebelum jadwal keberangkatan dan ditutup 45 menit menjelang pesawat tinggal landas untuk penerbangan domestik dan 60 menit untuk penerbangan internasional. Mesin ini bisa digunakan untuk melakukan check-in hingga delapan orang dengan nomor reservasi yang sama. Jika Anda tidak memiliki barang bawaan, Anda bisa segera menuju boarding gate. Namun, jika Anda membawa bagasi, lakukan penyimpanan barang terlebih dahulu di baggage counter maskapai.

Cari tiket pesawat Turkish Airlines

Melalui berbagai cara check-in Turkish Airlines yang ditawarkan, Anda bisa melakukan proses check-in dengan lebih mudah dan cepat.

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!

Peta