Berita Perjalanan Cara Check-in Batik Air

Semua artikel

Cara Check-in Batik Air

Batik Air merupakan maskapai kelas premium milik Lion Grup yang melakukan penerbangan pertamanya pada Mei 2013. Dengan membeli tiket pesawat Batik Air, Anda bisa menikmati konsep full service dalam pilihan kelas bisnis dan kelas ekonomi.

Batik Air merupakan maskapai kelas premium milik Lion Grup yang melakukan penerbangan pertamanya pada Mei 2013. Dengan membeli tiket pesawat Batik Air, Anda bisa menikmati konsep full service dalam pilihan kelas bisnis dan kelas ekonomi. Fasilitas full service sering kali ditawarkan dalam harga promosi untuk rute penerbangan Jakarta – Ambon, Jakarta – Praya, serta Jakarta – Manokwari.

Cari tiket pesawat Batik Air

Bagaimana Cara Check-in Tiket Pesawat Batik Air?

1. Check-in Bandara

Untuk melakukan check-in di konter bandara, Anda memiliki waktu 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik, dan 45 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan internasional. Konter check-in Batik Air di bandara bisa Anda kunjungi sejak 2 jam sebelum waktu keberangkatan.
Konter check-in Batik Air di Jakarta tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma. Penerbangan domestik dari Soekarno-Hatta menawarkan pilihan destinasi ke Ambon, Balikpapan, Batam, Jayapura, Kendari, Kupang, Lombok, Makassar, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Sementara penerbangan domestik dari Halim Perdana Kusuma menyediakan pilihan destinasi ke Banda Aceh, Solo, serta Tarakan.

2. Web Check-in

Web check-in Batik Air dapat dilakukan dengan mengakses fitur check-in Batik Air di website resmi maskapai. Pada halaman ini, Anda harus memasukkan kode konfirmasi (kode yang tercantum dalam e-ticket yang dibeli langsung dari website Batik Air) dan nama belakang pemesan tiket.
Setelah mengeklik ‘Search’, Anda akan mendapatkan informasi layanan fasilitas tambahan. Apabila Anda tidak membutuhkan fasilitas-fasilitas tersebut, langsung saja tekan ‘No, Continue to Check-in’ untuk melangkah ke halaman berikutnya.
Pada halaman ini, Anda akan mendapatkan perincian penerbangan, seperti jam keberangkatan, nomor penerbangan, dan perkiraan waktu tiba di bandara tujuan. Anda bisa memilih tempat duduk dengan mengeklik ‘Select Seats’ lalu klik ‘Return’ untuk kembali ke menu check-in. Selesaikan proses check-in dengan mengeklik ‘Check-in’.
Pada langkah terakhir, Anda akan diberikan pilihan untuk mencetak boarding pass atau menerima file PDF-nya ke alamat email. Pastikan Anda melakukan web check-in sesuai ketentuan dari Batik Air, yakni mulai dari 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

3. Mobile Check-in

Proses check-in yang memakan banyak waktu di bandara bisa disiasati dengan layanan check-in via smartphone. Fasilitas mobile check-in dari smartphone ini sudah bisa diakses melalui iOS dan Android dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Batik Air.
Ketentuan mobile check-in Batik Air yakni antara 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan. Selain check-in, aplikasi Batik Air juga menyediakan informasi pengecekan dan pemilihan kursi, status penerbangan, waktu keberangkatan dan kedatangan, serta status bagasi.

Cari tiket pesawat Batik Air

Bagaimana Ketentuan Bagasi Batik Air?

1. Jatah Bagasi Gratis untuk Penerbangan Domestik

Batik Air menyediakan bagasi check-in gratis sejumlah dua puluh (20) kilogram untuk penerbangan domestik kelas ekonomi, dan tiga puluh (30) kilogram untuk kelas bisnis. Sementara untuk bagasi kabin, Batik Air mengizinkan penumpangnya menenteng tas jinjing dengan berat maksimal tujuh (7) kilogram.

2.Jatah Bagasi Gratis untuk Penerbangan Internasional

Untuk penerbangan internasional, Batik Air menawarkan bagasi check-in gratis sebesar dua puluh (20) kilogram untuk kelas ekonomi, dan penumpang kelas bisnis mendapatkan jatah tiga puluh (30) kilogram. Untuk bagasi kabin, penumpang Batik Air dapat membawa tas jinjing dengan berat maksimal tujuh (7) kilogram.

3. Jatah Bagasi Gratis untuk Penerbangan Berkelompok

Pada perjalanan berkelompok, jumlah bagasi gratis akan dikalikan dengan jumlah penumpang dalam kelompok tersebut dengan ketentuan bahwa seluruh anggota kelompok hadir di bandara keberangkatan saat mendaftarkan bagasinya. Apabila Anda pergi bersama lima orang di kelas ekonomi, kelompok Anda akan mendapatkan total bagasi gratis sebanyak seratus (100) kilogram. Artinya, jika seorang anggota kelompok membawa kelebihan bagasi, maka dapat disubsidi oleh jatah bagasi gratis anggota kelompok lainnya.

4. Mekanisme Kelebihan Bagasi

Kelebihan bagasi Batik Air akan dikenakan biaya tambahan antara Rp6.000-22.000,00 per kilogram. Besaran biaya ini dihitung berdasarkan pilihan rute penerbangan Anda.
Demikianlah pembahasan cara check-in tiket pesawat Batik Air yang menjanjikan pengalaman terbang dengan konsep full service. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Cari tiket pesawat Batik Air

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!