Berita Perjalanan Cara Bikin Visa UK, Inggris di Indonesia Lewat VFS

Semua artikel

Cara Bikin Visa UK, Inggris di Indonesia Lewat VFS

Berikut informasi lengkap untuk mengetahui cara membuat visa UK untuk liburan ke Inggris.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Untuk berlibur ke Inggris, Anda memerlukan Visa UK. Dengan visa ini, Anda akan bisa menelusuri kota London dan juga berlibur ke wilayah Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales. Per Januari 2017, Kerajaan Inggris menerapkan aturan dan cara baru dalam pengajuan visa. Baca artikel ini dengan seksama agar pengajuan Anda jadi lebih mudah.

1. Isi aplikasi secara online

Kunjungi situs imigrasi Kerajaan Inggris (tautan ada di akhir artikel) untuk mengisi formulir permohonan visa secara online dan pilih bahasa dan negara tempat Anda akan mengajukan visa (cara ini hanya berlaku untuk pemegang paspor biasa berwarna hijau). Jika sudah, lakukan pembayaran biaya visa secara online (US$ 125, per Oktober 2017), cetak berkas formulir isian tersebut, lalu hadiri janji temu di pusat permohonan visa yang ada di Jakarta, Surabaya, atau Bali.

2. Hadiri janji temu dengan dokumen lengkap untuk visa UK

Setelah membuat janji temu, Anda harus datang ke pusat permohonan visa sesuai dengan tanggal dan jam yang telah ditentukan. Hadiri janji temu di pusat permohonan visa untuk menyerahkan formulir permohonan visa yang sudah ditandatangani lengkap dengan dokumen yang diperlukan, asli dan foto kopi. Anda juga akan diminta memberikan data biometrik Anda (foto dan sidik jari). Pas foto yang Anda lampirkan harus foto terkini, sekitar 6 bulan terakhir.

  • Jakarta: Kuningan City Mall, 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan.
  • Surabaya: 15th Floor, R.1506, Graha Pena, Jl. Ahmad Yani No.88, Surabaya.
  • Bali: Benoa Square, 3rd Floor No. 7-9.3/A, Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No 21A, Kedonganan.

cara-aplikasi-visa-uk-inggris-di-indonesia-skyscanner

3. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa UK

  • Paspor
  • Pas foto terbaru 2 lembar sesuai dengan spesifikasi yang ada di website
  • Fotokopi kartu keluarga dan akte lahir
  • Surat keterangan kerja dengan kop surat perusahaan, keterangan gaji per bulan, lama bekerja, konfirmasi izin cuti, dan informasi jenis cuti yang diberikan (apakah cuti tersebut dibayar, cuti tahunan atau tidak dibayar)
  • Surat undangan dari Inggris (jika ada)
  • Rekening bank dan slip gaji tiga bulan terakhir
  • Surat referensi bank yang menyatakan bahwa Anda adalah nasabah di bank tersebut
  • Bukti pemesanan tiket pesawat, hotel, dan asuransi perjalanan

Untuk menghindari penundaan di Pusat Aplikasi Visa Inggris, disarankan agar Anda mengikuti petunjuk berikut ini

  • Bila memungkinkan semua dokumen berukuran A4.
  • Setiap dokumen yang berukuran lebih kecil atau lebih besar dari ukuran A4, harus difotokopi ke kertas berukuran A4. Ini termasuk halaman paspor sebelumnya.
  • Semua dokumen harus bebas dari klip/pin.
  • Dokumen robek, kusut atau sangat kusut tidak dapat dipindai dan oleh karena itu harus difotokopi ke kertas berukuran A4.
  • Dokumen tidak boleh dilaminasi.

4. Keputusan Visa UK diterima atau ditolak

Keputusan diterima atau ditolaknya Visa UK Anda bisa Anda terima dalam jangka waktu 3-12 minggu sejak tanggal pengajuan permohonan. Untuk mengetahui apakah permohonan visa Anda telah diproses atau tidak, Anda bisa menggunakan apikasi lacak visa yang ada di website VFS.

Jika visa Anda sudah siap, maka VFS akan memberitahu Anda dan visa pun bisa segera Anda ambil (atau dikirim ke alamat Anda) di tempat permohonan visa sambil membawa tanda bukti pembayaran. Pastikan bahwa detail pribadi Anda benar, serta cek juga masa berlaku visa Anda.

Jika visa Anda ditolak, kedutaan/VFS akan mengirimkan notifikasi melalui email, berikut alasan penolakannya, dan Anda pun akan diberikan hak untuk mengajukan banding. Anda pun dapat memeriksa perkembangan dari permohonan visa Anda dengan layanan lacak visa di website VFS.

5. Tips mencari Tiket Pesawat dan Hotel ke Inggis

Cari tiket pesawat termurah ke Inggris dengan Skyscanner. Anda juga bisa mencari akomodasi selama di Inggris lewat pencarian Hotel Skyscanner.

Tautan terkait pengajuan visa Kerajaan Inggris

Peta