Berita Perjalanan 8 Lokasi Pengajuan Visa ke Berbagai Negara dari Indonesia

Semua artikel

8 Lokasi Pengajuan Visa ke Berbagai Negara dari Indonesia

Mau berlibur ke negara yang membutuhkan visa, tapi tidak tahu harus apply ke mana? Baca panduan kami di sini.

WNI yang ingin berlibur ke negara tertentu, seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, negara-negara di Eropa, Korea Selatan, atau Australia, memerlukan visa untuk masuk ke sana. Beberapa negara menggunakan jasa agen untuk membantu proses pengajuan visa, sedangkan beberapa negara lainnya langsung menyerahkan prosesnya pada kedutaan besar negara masing-masing. Mau mengajukan visa ke negara tertentu, tapi tidak tahu harus apply visa-nya ke mana? Baca panduan Skyscanner berikut ini.

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Visa ke Destinasi Impian Diterima.

1. TLS Contact

Di sini, Anda bisa mengajukan visa untuk masuk ke Prancis dan Swiss. Kantor TLS Contact di Indonesia hanya ada di Jakarta dan berlokasi di Menara Anugrah Lantai 3, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk masuk ke Prancis, Anda hanya perlu melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan (bisa dilihat di sini), kemudian mengatur jadwal pengumpulan dokumen, termasuk sesi rekam biometrik (foto dan sidik jari). Sementara untuk Anda yang ingin masuk ke Swiss dan baru pertama kali berpergian ke area Schengen, Anda wajib menjalani sesi wawancara di Kedutaan Besar Swiss di Jakarta. Wawancara harus dilakukan di hari yang sama dengan hari pengajuan aplikasi visa di TLScontact. Selengkapnya, baca di sini.

Baca juga: Cara Mengajukan Visa Shengen.

2. VFS Global

VFS Global bekerja untuk kedutaan Australia, Selandia Baru, Inggris, Kanada, Belgia, Denmark, Islandia, Italia, Kroasia, Norwegia, Swedia, Spanyol, Uni Emirat Arab, dan yang terbaru mulai 1 Juli 2016, Belanda. VFS Global melakukan pengumpulan dokumen-dokumen pemohon dan juga perekaman data biometrik. Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan visa ke masing-masing negara bisa dibaca di sini.

Di Indonesia, kantor VFS Global terdapat di Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Di Jakarta, VFS Global beralamat di Mall Kuningan City Lantai 1, Jakarta Selatan. Di Surabaya, kantor VFS Global berlokasi di Graha Pena Lantai 15. Sementara di Bali, kantor VFS Global bisa didatangi di Benoa Square Lantai 3, Kedonganan, Kuta.

Baca juga: Cara Membuat Visa Inggris lewat VFS Global.

3. Visa Center Cina

Negara Cina juga menggunakan jasa agen untuk mengumpulkan dokumen-dokumen pemohon visa. Di Indonesia, kantor perwakilan Visa Center Cina bisa ditemukan di tiga kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Medan. Namun sebelum mendatangi Visa Center, Anda harus terlebih dahulu mengisi formuli secara online. Informasi lebih lanjut soal cara mengajukan visa Cina bisa dibaca di sini.

Nantinya, Anda bisa mendatangi salah satu kantor Visa Center Cina berikut. Kantornya di Jakarta berlokasi di The East Building, Unit 6, 2nd Floor, Jl, DR. Ide Anak Agung Gede Agung Kav.E 3.2 no.1 South Jakarta 12950, Indonesia. Kantor di Surabaya berada di SPAZIO – 502 Kompleks Graha Festival Kav No.3, Jalan Mayjend Yono Soewoyo Graha Famili, Surabaya. Sedangkan kantor di Medan terdapat di Royal Condominium Tower B, 2nd, Palang Merah-Sukamulia No.1 Kelurahan Medan Aur, 20151, Medan-Sumatera Utara.

4. Kedutaan Besar Korea Selatan

Tidak seperti negara-negara sebelumnya, proses pengajuan visa untuk ke Korea Selatan bisa dilakukan langsung lewat kedutaan besarnya yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57, Jakarta Selatan.

Baca juga: Cara Mengajukan Visa Korea Selatan.

5. Kedutaan Besar Amerika Serikat

Untuk mengajukan visa ke Amerika Serikat, Anda harus melakukan pembayaran pengajuan visa, mengisi formulir aplikasi visa, dan membuat janji temu secara online terlebih dahulu di sini. Setelahnya, bawa semua dokumen yang dibutuhkan dan lakukan wawancara langsung ke Kedutaan Besar Amerika Serikat yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan 5, Jakarta Pusat. Baca lebih lanjut mengenai cara mengajukan visa Amerika Serikat di sini.

6. Kedutaan Besar Jepang

Sebetulnya, mulai 1 Desember 2014, WNI yang memegang e-paspor bisa masuk ke Jepang tanpa visa, hanya perlu mengajukan visa waiver saja. Namun, bagi Anda yang belum memiliki e-paspor, Anda tetap bisa apply visa Jepang seperti biasa, langsung ke Kedutaan Besar Jepang yang beralamat di Jalan MH Thamrin No.24, Jakarta Pusat.

Baca juga: Cara Membuat E-Paspor Supaya Bebas Visa ke Jepang.

7. Kantor Dagang Perwakilan Taiwan

Di Indonesia, Taiwan tidak memiliki kedutaan, hanya berupa kantor dagang atau TETO (Taiwan Economic and Trade Office) yang berlokasi di Gedung Artha Graha, Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, lantai 17, Divisi Konsuler. Di sini, Anda bisa mengajukan visa untuk berlibur ke Taiwan.

Proses pengajuan dan persyaratan visa ke Taiwan cukup mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir secara online di sini, melengkapi dokumen-dokumen standar pengajuan visa, lalu datang ke kantor TETO untuk penyerahan dokumen. Dalam waktu sekitar 2 hari saja, visa Taiwan sudah bisa Anda miliki.

Selain itu, Taiwan juga memiliki visa exemption program untuk WNI yang memiliki valid multiple-entry visa ke beberapa negara tertentu. Selengkapnya soal program visa exemption ini bisa dibaca di sini.

8. Kedutaan Besar Jerman

Persyaratan pengajuan visa Schengen via Jerman hampir sama seperti negara Schengen lainnya. Tempat pengajuan visanya pun cukup banyak, bukan hanya di Kedutaan Jerman saja, melainkan juga bisa dilakukan di Konsul Kehormatan Republik Federal Jerman di Indonesia yang ada di Medan, Surabaya, dan Bali. Sebelum mendatangi salah satu kantor perwakilan di atas, Anda diwajibkan untuk membuat janji temu terlebih dahulu di sini.

Alamat masing-masing tempat adalah sebagai berikut. Kedutaan Besar Jerman, Jakarta, berada di Jl. M.H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat. Konsul Kehormatan Republik Federal Jerman, Surabaya, terdapat di Jl. Dr. Wahidin No. 29, Surabaya. Konsul Kehormatan Republik Federal Jerman, Bali, berlokasi di Jl. Pantai Karang 17, Batujimbar, Sanur, Bali. Sedangkan Konsul Kehormatan Republik Federal Jerman, Medan, Sumatera Utara, dapat dijumpai di Jl. Abdullah Lubis No. 47 A, Medan.

Bookmark link artikel ini untuk panduan Anda jika ingin berkunjung ke salah satu negara di atas. Jangan lupa selalu pesan tiket pesawat, hotel, dan penyewaan mobil Anda lewat Skyscanner.

Peta

Informasi benar per Okt 2016. Anda dapat melihat informasi di situs resmi kedutaan/konsulat negara yang Anda tujui untuk informasi terbaru dan terlengkap