Berita Perjalanan 7 Negara Bebas Visa Untuk Melihat Salju

Semua artikel

7 Negara Bebas Visa Untuk Melihat Salju

Salju biasanya hanya dialami oleh negara-negara yang memiliki empat musim. Dan biasanya pula, negara-negara itu seringkali dipersepsikan sebagai negara yang mensyaratkan visa kunjungan. Padahal, ada 7 tempat di dunia ini di mana Anda bisa melihat salju dan tidak perlu mengajukan visa untuk mengunjunginya. Bahkan, tiga di antaranya berada di Asia! Mau tahu apa saja negaranya? Baca terus ke bawah.

1. Vietnam

Terasa aneh melihat nama Vietnam ada dalam daftar? Padahal, dengan suhu yang bisa mencapai -5 derajat Celcius, kota Sa Pa yang berada di barat laut Vietnam ini selalu mengalami salju dalam beberapa tahun terakhir. Ketika musim dingin tiba, pemandangan sawah-sawah hijau di Sa Pa diselimuti oleh salju-salju putih, yang mengubah daerah pegunungan favorit di Vietnam ini menjadi taman bermain musim dingin. Selain Sa Pa, ada pula beberapa tempat lain di Vietnam di mana Anda bisa merasakan hujan salju di musim dingin, seperti Gunung Mau Son dan Tam Dao.

Cari tiket murah ke Vietnam

Salju di Vietnam

2. Pulau Jeju, Korea Selatan

Dari Pegunungan Hallasan yang terkenal di dunia hingga Taman Bermain Ecoland, ada puluhan tempat di Pulau Jeju yang terlihat sangat menakjubkan di musim dingin. Dan dengan cuaca yang relatif menyenangkan, Anda tetap bisa hiking dan melakukan berbagai kegiatan luar ruangan lainnya di destinasi liburan terfavorit di Korea Selatan ini.

Pemerintah Jeju memiliki kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia, khusus bagi WNI yang terbang langsung ke Pulau Jeju, tanpa melalui Seoul. Baca selengkapnya di sini.

Cari tiket murah ke Jeju

Salju di Jeju

Foto: Flickr/Jeju Island/Republic of Korea/CC-BY.

3. Taiwan

Walaupun Taiwan tidak mengalami salju, tapi ada beberapa tempat di Taiwan di mana Anda bisa naik kereta luncur dan membuat boneka salju. Biasanya, salju akan muncul di Taiwan selama musim dingin di daerah dataran tinggi, seperti Yushan, Xueshan, dan Hehuanshan. Bahkan, pada 24 Januari 2016 lalu, salju muncul di Taiwan. Siapa tahu Anda bisa melihatnya juga di kunjungan Anda ke sana tahun depan.

WNI yang memiliki surat izin tinggal tetap atau visa yang masih valid ke Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, salah satu negara Schengen, Australia, atau Selandia Baru, bisa masuk ke Taiwan tanpa perlu mengajukan visa lagi. Baca selengkapnya di sini.

Cari tiket murah ke Taipei

Salju di Taiwan

Foto: Flickr/49/365/想回家的貓/CC-BY.

4. Kolombia

Kolombia, negara yang terkenal akan wanita-wanita cantiknya ini bisa menjadi taman bermain yang menyenangkan bagi para petualang. Los Nevados, atau dikenal juga sebagai Snow-Capped Mountains, adalah satu-satunya wilayah di Kolombia yang memungkinkan Anda menikmati salju. Jika salju yang turun cukup banyak, maka Anda bisa bermain ski es di sini. Selain itu, Anda bisa pergi ke Sierra Nevada de Santa Marta (terletak di dekat Andes), untuk mendaki gunung dan meluncur di atas es. Namun perlu diperhatikan bahwa biasanya orang-orang yang diperbolehkan bermain di sini adalah mereka yang sudah berpengalaman dalam bermain ski gunung.

Cari tiket murah ke Kolombia

Salju di Kolombia

Foto: Flickr/PNN Los Nevados Colombia/Climate Change/CC-BY.

5. Peru

Secara teknis, sebetulnya tidak ada area ski di Peru. Namun, Anda bisa mampir ke Huaraz yang telah dikenal sebagai tempat bermain ski es selama bertahun-tahun. Jika Anda berpengalaman dan cukup berani, Anda bisa mencoba bermain ski menuruni lereng curam Huascaran – puncak tertinggi di Peru yang mencapai 6.768 meter.

Cari tiket murah ke Peru

Salju di Peru

_Foto: Flickr/Happy in Huaraz/Toni Fish/CC-BY._

6. Maroko

Terkenal dengan daerah gurun, arsitektur Islam, pantai-pantai eksotis, dan rempah-rempahnya, Maroko bukanlah tempat pertama yang muncul dalam pikiran saat Anda memikirkan destinasi bersalju. Namun, Anda bisa menikmati salju di Maroko, terutama di daerah resor dekat pegunungan. Anda bisa menemukannya di dekat Marrakesh atau Fes, tapi sebagian besar resor di sini tidak memiliki ski es yang luar biasa. Meskipun demikian, Anda bisa tetap menikmati liburan musim dingin di negara ini karena berbagai hal menarik lain yang ditawarkannya.

Berita mengejutkannya, baru-baru ini, tepatnya tanggal 19 Desember 2016, lagu Anggun C. Sasmi yang berjudul “Snow in Sahara” atau “Salju di Sahara” menjadi nyata adanya, ketika hujan salju terjadi di sisi Maroko yang dekat dengan Aljazair. Siapa tahu akan terjadi lagi tahun ini?

Cari tiket murah ke Maroko

Salju di Maroko

Foto: Flickr/Marokko 2010/wsanter/CC-BY.

7. Ekuador

Merupakan negara yang masuk di wilayah Amerika Selatan dan berada tepat di khatulistiwa, agak sulit membayangkan salju di Ekuador. Meski begitu, salju benar-benar pernah turun di Ekuador, khususnya di puncak dengan ketinggian 6.000 meter atau lebih. Seperti misalnya di Gunung Cayambe yang merupakan titik tertinggi di Andes Ekuador. Tempat ini tertutup secara permanen oleh salju, dan sering dikunjungi oleh para petualang yang suka mendaki.

Cari tiket murah ke Ekuador

Salju di Ekuador

Foto: Flickr/Cayambe/Robert Nunn/CC-BY.

Berminat mengunjungi salah satunya? Cari, bandingkan, dan pesan tiket pesawat Anda ke salah satu destinasi di atas hanya lewat Skyscanner. Cari juga hotel Anda selama di sana melalui Skyscanner.

Catatan: Artikel disadur dari Skyscanner Filipina dan disesuaikan dengan status ramah visa bagi pemegang paspor Indonesia.

Peta