Berita Perjalanan 3 in 1 di Wilayah DKI Jakarta

Semua artikel

3 in 1 di Wilayah DKI Jakarta

3 in 1 adalah sebuah kebijakan dimana hanya mobil pribadi yang berpenumpang 3 orang atau lebih yang diperbolehkan lewat sebuah kawasan tertentu. Jika Anda berasal dari luar Jakarta dan sedang berlibur di kota ini, berikut kami sajikan informasi tentang apa saja yang harus Anda ketahui agar tidak melanggar kebijakan ini.

1. Kawasan 3 in 1

Awalnya, kawasan 3 in 1 terdiri dari 10 ruas jalan utama di Jakarta, namun per bulan September 2012, areanya berkurang menjadi 5 titik saja, yaitu:

  • Jalan Sisimangaraja, jalur cepat dan jalur lambat
  • Jalan Jenderal Sudirman, jalur cepat dan jalur lambat
  • Jalan MH. Thamrin, jalur cepat dan jalur lambat
  • Jalan Medan Merdeka Barat
  • Jalan Majapahit
  • Sebagian Jalan Jenderal Gatot Subroto antara persimpangan Jalan Jenderal Gatot Subroto – Jalan Gerbang Pemuda (Balai Sidang Senayan) sampai dengan persimpangan Jalan HR. Rasuna Said – Jalan Jenderal Gatot Subroto

Kebijakan 3 in 1 hanya berlaku pada jam 07.00 – 10.00 WIB dan jam 16.30 – 19.00 WIB di hari kerja (Senin – Jumat). Kebijakan ini tidak berlaku pada saat weekend dan libur nasional.

Peta Jalur 3 in 1 di Jakarta, Indonesia

2. Joki 3 in 1

Seiring dengan diterapkannya kebijakan 3 in 1 muncul pula loophole yang umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat kalangan bawah untuk mengais rezeki dengan menjadi “joki 3 in 1”. Pada dasarnya, “profesi” sebagai joki 3 in 1 ini adalah profesi yang ilegal, karena bila Anda ketahuan memakai jasa joki oleh polisi lalu lintas maka Anda dan si joki akan terkena denda bahkan bisa mendapatkan hukuman.

Para joki 3 in 1 akan “mangkal” di beberapa jalan utama sebelum Anda memasuki area 3 in 1. Penampilan para joki ini pun beraneka ragam, ada yang rapi selayaknya anak kuliah atau orang yang mau main ke mall dan ada juga yang berpenampilan seadanya. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyewa jasa joki ini pun tergantung jarak tempuhnya. Untuk jarak tempuh pendek, Anda harus membayar setidaknya Rp. 10.000,00 per orang, jarak sedang Rp. 15.000,00 per orang dan jarak jauh Rp. 20.000,00 per orang. Namun ada pula joki yang membawa bayi atau anak kecil. Jika Anda menggunakan joki tersebut, biasanya Anda hanya perlu membayar Rp. 15.000,00 untuk jarak pendek, Rp. 20.000,00 untuk jarak sedang dan Rp. 25.000,00 untuk jarak jauh. Kami sangat tidak menganjurkan penggunaan jasa joki!

Joki 3 in 1 di Jakarta, Indonesia

Ada beberapa area yang dianggap cukup rawan jika Anda menggunakan jasa joki. Rawannya adalah karena joki tersebut biasanya adalah preman yang akan meminta bayaran dengan nominal yang tinggi dan tidak mau turun jika Anda tidak memberikannya, tak jarang mereka pun menggunakan nada mengancam. Salah satu area yang dianggap cukup rawan joki jenis ini adalah di dekat pintu tol Tegal Parang (Kuningan).

Namun demikian, sekali lagi, kami sangat tidak menyarankan Anda untuk memakai jasa joki 3 in 1 demi tegaknya peraturan lalu lintas di Indonesia. Jika Anda terpaksa harus melalui area 3 in 1 dan mobil Anda tidak berpenumpang 3 orang atau lebih, Anda bisa menggunakan jalur alternatif dengan bantuan aplikasi peta online, meski konsekuensinya Anda jadi harus sedikit memutar dan waktu tempuh menjadi lebih lama.

Peta