Peta

 Bandara Tarakan

Bandar Udara Juwata, Tarakan (TRK)

Informasi ini benar per April 2016

 

Informasi Seputar Bandara Juwata Tarakan :

Bandara Internasional Juwata terletak di kota Tarakan, Kalimantan Utara dan berada 3.5 kilometer di sebelah  barat dari pusat kota Tarakan. Pada tanggal 22 Maret 2016, Presiden RI Joko Widodo baru meresmikan gedung terminal baru yang keberadaannya menambahkan kapasitas Bandara Juwata yang tadinya 300 orang per hari menjadi 2000 orang per hari atau 684.000 penumpang dalam satu tahun. Gedung Terminal Baru Bandara Juwata berdiri di sebelah bangunan lama bandara. Rencana ke depannya adalah mengembangkan Bandara Juwata menjadi pintu gerbang Kalimantan Utara dan bandara transit internasional pada tahun 2017. 

Saat ini beberapa maskapai penerbangan yang memberikan pelayanan penerbangan dari dan ke Bandara Juwata di antaranya adalah Batik Air, Garuda Indonesia, Kalstar Aviation, Lion Air, MAF Indonesia, MASwings, Sriwijaya Air, dan Susi Air. Di samping itu, jalur penerbangan internasional dengan rute Tarakan-Tawau-Keke (Kinabalu, Malaysia) baru buka kembali. Cari tiket pesawat murah ke Tarakan dengan Skyscanner Indonesia. 

Gedung baru  terminal Bandara Juwata terdiri atas 3 lantai. Berbagai fasilitas melengkapi gedung baru ini seperti ruang tunggu terminal keberangkatan domestik dan internasional, ruang bebas rokok, ruang main anak, lift dan escalator, alat x-ray dan body scanner, dan juga dua unit garbarata.Bandara Juwata memiliki fasilitas dan kualitas pe;ayanan sekelas bandara lain di kota-kota besar di Indonesia, sepert Medan dan Makassar. Selain fasilitas tersebut. Di dalam bandara juga terdapat musholla, ruang pengaduan barang hilang, ruang informasi, pos pelayanan kesehatan, pos pelayanan polisi, ATM, 200 buah troli, dan berbagai toko kue, makanan dan minuman. 

 

Transportasi dari dan ke Bandara Juwata Tarakan : 

Berkendara dengan Menyewa Mobil

Menyewa mobil di kota Tarakan dengan terlebih dahulu mereservasi lewat telepon atau online akan memudahkan penumpang ketika tiba di Bandara Juwata. Cara lainnya adalah dengan melakukan pencarian dan pemesanan sewa mobil melalui Skyscanner. Tarif sewa mobil di kota Tarakan sekitar Rp250.000 sampai dengan Rp350.000 tanpa supir. Apabila menyewa dengan supir dikenakan biaya tambahan Rp100.000. Biaya sewa ini adalah biaya pada hari biasa. Pada hari libur biaya sewa bisa menjadi 1.5 sampai 2 kali dari biaya normal. 

Taksi

Biaya taksi dari atau ke pusat kota Tarakan sekitar Rp 45.000. Di bandara juga terdapat Taksi Bandara dengan biaya sekitar Rp 70.000. 

Bus

Bus dan minibus juga bisa dijadikan pilihan transportasi dari dan ke Bandara Juwata. Untuk rute Bandar Juwata ke pusat kota Tarakan penumpang harus keluar dari area bandara sekitar 200 meter. Tarif rata-rata angkutan umum di Kota Tarakan adalah Rp 3.000 sampai Rp5.000. Pada saat ini belum ada Bus Damri yang melayani di Bandara Juwata. 

Ojek

Pilihan angkutan umum berikutnya adalah ojek. Dengan banyaknya pangkalan ojek di sekitar jalan, ojek ini menjadi salah satu cara mencapai sebuah destinasi dengan mudah, cepat, dan harga yang murah. 

Bandara dekat Tarakan:

 Maskapai yang terbang ke Tarakan

 Rincian Kontak Bandara

Bandara Tarakan
Tlp:+62 (551) 22553
Faks:+62 (551) 22554

Pemilik:
UPT Ditjen Hubud Kelas II

 Rincian Lokasi

Bujur:117° 33' 55'' E
Lintang:3° 19' 37'' N
Kode IATA:TRK
Kode ICAO:WALR

 Lokasi Bandara

Google map

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.