Peta

 Bandara Bandar Lampung

Bandar Udara Radin Inten II, Lampung 

Informasi ini benar per April 2016

 

Informasi Bandara Radin Inten II, Lampung : 

Perjalanan ke Provinsi Lampung untuk menikmati beragam tempat wisatanya yang eksotis menjadi semakin mudah dengan kehadiran Bandar Udara Radin Inten II. Masyarakat lokal sering menyebutnya sebagai Bandara Branti karena lokasi bandar udara yang berada di Jalan Branti Raya di Branti Raya, Natar, barat laut Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan. Nama resmi dari bandara yang berada 28 km dari kota Bandar Lampung ini sendiri mengambil dari nama sultan terakhir Lampung, yaitu Sultan Radin Inten II.  

Saat ini Bandara Radin Inten 2 sedang dalam renovasi dan proses pengembangan untuk menjadi bandara bertaraf internasional.  Namun demikian, di awal tahun 2016 ini bandara yang khususnya melayani Provinsi Lampung ini sudah mulai terlihat wajah barunya, yaitu dengan gedung terminal yang lebih besar dan baik, serta area parkir yang luas dan rapi.

 

Terbang dari dan ke Bandara Radin Inten II 

Saat ini bandara melayani penerbangan domestik atau penerbangan antara Bandar Lampung dan kota-kota di Indonesia, seperti Bandar Lampung – Jakarta Soekarno-Hatta, Bandar Lampung – Jakarta Halim Perdanakusuma, Bandar Lampung – Medan, dan Bandar Lampung - Batam. Maskapai penerbangan yang beroperasi di  antaranya adalah Batik Air, Citilink, Express Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, NAM Air, Susi Air, dan Wings Air. Dari beragam pilihan maskapai penerbangan dan jadwal keberangkatan, pencarian penerbangan murah ke Lampung ini dapat dilakukan dengan mudah melalui Skyscanner Indonesia. 

 

Fasilitas di Bandara Radin Inten II

Fasilitas yang dapat dijumpai di bandara ini adalah sejumlah counter check-in, ruang tunggu dengan televisi dan banyak kursi, lift, tempat makan, dan toko yang menjual oleh-oleh khas Lampung seperti kopi Lampung. Ruang tunggu yang menghadap landasan pacu juga bisa menjadi alternatif tempat menunggu khususnya bagi penumpang yang membawa anak-anak dalam perjalanan dari Lampung ini. Selain itu terdapat fasilitas berupa toilet, musholla, dan charging box. 

 

Transportasi dari dan ke Bandara Radin Inten II : 

Berkendara dengan Kendaraan Pribadi atau Sewa Mobil 

Bandara Radin Inten II berlokasi di Jalan Branti Raya di Branti Raya, Natar, barat laut Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan. Perjalanan dengan kendaraan pribadi atau sewa mobil baik dengan supir maupun tidak menghabiskan waktu lebih kurang 30 menit sampai 1 jam ke pusat kota Bandar Lampung. Dari bandara, Anda harus mengambil arah ke kawasan Tanjung Karang lalu menuju ke Jl. Gatot Subroto yang merupakan pusat kawasan bisnis di Lampung. Apabila ingin menyewa mobil, terdapat sejumlah perusahaan sewa mobil di bandara atau Anda bisa melakukan pencarian dan pemesanan sewa mobil melalui Skyscanner Indonesia.  

Bus dan Mikrolet (Angkutan Kota/Angkot

Salah satu cara murah untuk pergi ke pusat kota Bandar Lampung adalah dengan menggunakan bus atau mikrolet. Bandara Radin Inten 2 terletak sekitar 50 meter dari Jalan Lintas Sumatera sehingga banyak bus yang melaluinya. Salah satunya adalah bus yang menuju ke Terminal Rajabasa. Tarif bus berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 7.000. Hal yang perlu diingat adalah tempat duduk belum tentu masih ada yang tersedia.  

Sama halnya dengan bus, mikrolet atau angkot dapat dijumpai dari depan bandara atau tepatnya di pinggir jalan besar. Cukup banyak orang yang menggunakan cara ini untuk pergi ke pusat kota Bandar Lampung, khususnya bagi mereka yang backpacker ke Lampung. Kendaraan yang harus dipilih adalah kendaraan berwarna cokelat dengan destinasi ke Rajabasa. Terletak sekitar 16,4 km dari bandara, perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 30 menit dan biaya Rp 5.000. Sesampainya di terminal, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota ke Tanjung Karang untuk bisa sampai di pusat kota Bandar Lampung. Biaya dari angkot berwarna biru ini berkisar Rp 3.000. 

Taksi 

Pilihan alat transportasi yang banyak orang gunakan baik dari Bandara Radin Inten II menuju pusat kota Bandar Lampung maupun sebaliknya adalah taksi. Taksi bandara ini berjenis minibus Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia dan berkapasitas 7 orang. Perjalanan dengan taksi ini hanya berlaku untuk satu tujuan. Untuk tarif misalnya antara Bandar Udara Radin Inten 2 dan Rajabasa Bandar Lampung adalah Rp 110.000. Apabila melakukan perjalanan bersama dengan beberapa orang dan membawa banyak barang bawaan maka taksi bisa menjadi opsi yang cocok. 

Bandara dekat Bandar Lampung:

 Maskapai yang terbang ke Bandar Lampung

 Rincian Kontak Bandara

Bandara Bandar Lampung
Tlp:+62 (721) 7697321
Faks:+62 (721) 7697115

Pemilik:
UPT Ditjen Hubud Kelas II

 Rincian Lokasi

Bujur:105° 10' 36'' E
Lintang:5° 14' 27'' S
Kode IATA:TKG
Kode ICAO:WICT

 Lokasi Bandara

Google map

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.