Peta

 Bandara Sydney

AIRPORT – Sydney Kingsford Smith (SYD)

 

Selamat datang di Sydney! Setibanya Anda di kota berjulukan The Harbour City ini, Anda akan disambut oleh salah satu bandara tertua di dunia, Bandara Kingsford Smith. Ide didirikannya bandar ini dipelopori oleh seorang veteran pilot masa perang bernama Nigel Love pada tahun 1920-an, yang kemudian dibeli oleh pemerintah. Penerbangan regular pertama di bandara ini sendiri dilakukan pada tahun 1924. Seiring berjalannya waktu, Bandara Kingsford Smith terus berkembang menjadi salah satu bandara tersibuk di Australia dan bahkan sempat menempati urutan ke-31 bandara tersibuk dunia pada tahun 2012.  

 

Informasi Penerbangan

Bandara satu-satunya yang melayani Sydney ini merupakan hub resmi bagi maskapai penerbangan kenamaan Austalia yaitu Qantas. Selain itu, bandara ini juga berfungsi sebagai hub sekunder bagi maskapai penerbangan Virgin Australia dan Jetstar Airways. Apabila Anda bertolak dari Jakarta, Anda dapat mengakses bandara ini dengan memilih di antara beberapa maskapai di antaranya Garuda Indonesia, AirAsia, ANA, Asiana Airlines, Bangkok Airways, Cathay Pacific, China Southern, Japan Airlines, Korean Air, Malaysia Airlines, Qantas, Qatar Airways, Singapore Airlines, Thai Airways, dan Vietnam Airlines. 

 

Terminal Bandara

Bandara Kingsford Smith memiliki tiga terminal penumpang. Terminal 1 berfungsi sebagai terminal penerbangan internasional, dan dipisahkan dari kedua terminal lainnya oleh sebuah runway. Terminal 2 memfokuskan layanan untuk penerbangan domestik dari maskapai-maskapai penerbangan seperti Virgin Australia, Jetstar, dan Tigerair Australia. Terminal 3 juga berfungsi sebagai terminal penerbangan domestik namun khusus bagi maskapai penerbangan Qantas. 

 

Fasilitas Bandara

Bandara Kingsford Smith memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti: 

    • Terminal 1. Di terminal internasional ini Anda dapat menemukan berbagai area perbelanjaan duty-free dan tempat makan. Dua shower room gratis juga teredia di area Kedatangan bagi Anda yang ingin melepas penat setelah penerbangan panjang. Fasilitas lain yang juga tersedia di terminal ini yaitu observation deck, tempat pos, dan terminal Internet. 
    • Terminal 2. Terminal ini terkenal akan tempat makan dan area perbelanjaan yang luas.   
    • Terminal 3. Selain fasilitas tempat makan dan area perbelanjaan, di sini Anda juga dapat menemukan fasilitas Wifi dan internet. 

 

 

 

Akses dari dan ke Bandara

Bandara Kingsford Smith terletak sekitar delapan kilometer sebelah selatan dari pusat kota Sydney, tepatnya di daerah suburbia Mascot di Sydney. Beberapa alternatif sarana transportasi yang dapat Anda gunakan untuk perjalanan dari dan ke bandara ini yaitu: 

  • Penyewaan Mobil. Anda dapat menjumpai berbagai konter penyewaan kendaraan standard internasional yang buka selama 24 jam yaitu Redspot, Apex, Avis, Hertz, Europcar, dan Webjet Car Hire. 
  • Minibus. Apabila Anda berwisata bersama rombongan, akan lebih baik bila Anda menyewa layanan minibus dengan kapasitas 8, 12 atau 21 orang. 
  • Bus. Di bandara, Anda dapat menjumpai halte pemberhentian bus lokal di luar Terminal 1 dan 2. 
  • Taksi. Layanan taksi tersedia di ketiga terminal ini. Antrian menunggu taksi terutama lebih lama di hari Jumat malam.  
  • Kereta. Layanan kereta yang dioperasikan oleh Sydney Trains dapat Anda temukan di ketiga terminal.  

 

Tunggu apa lagi? Carilah tiket pesawat murah ke Sydney melalui Bandara Kingsford Smith sekarang juga dengan Skyscanner dan selamat berlibur!

Bandara dekat Sydney:

 Maskapai yang terbang ke Sydney

 Rincian Kontak Bandara

Bandara Sydney

Alamat:
Airport Central,
241 O´Riordan Street,
Mascot NSW 2020,
AUSTRALIA

Tlp:+61 2 9667 6111

Situs web:

 Rincian Lokasi

Bujur:151° 10' 32'' E
Lintang:33° 56' 39'' S
Kode IATA:SYD
Kode ICAO:YSSY

 Lokasi Bandara

Google map

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.