Peta

 Bandara London Heathrow

Bandara Internasional London Heathrow

Informasi ini benar per April 2016

 

Informasi Tentang Bandara London Heathrow :

Salah satu bandara yang terdapat di sekitar London adalah Bandara Heathrow atau dikenal juga dengan Bandara London Heathrow. Bandara ini tidak hanya merupakan bandara tersibuk di UK tetapi juga salah satu yang tersibuk di Eropa. Berlokasi 22 km dari Central London, London Heathrow juga merupakan hub untuk maskapai penerbangan British Airways. 

 

Terbang dari dan ke Bandara Heathrow

Bandar Udara Heathrow terdiri atas 4 buah terminal, yaitu Terminal 2, 3, 4, 5 dan terbagi berdasarkan maskapai penerbangan. Sebagian besar rute yang beroperasi di bandara ini merupakan rute internasional. Terminal 2 merupakan terminal bagi sebagian besar maskapai yang tergabung dalam Star Alliance, seperti United Airlines dan Lufthansa. Terminal 3 melayani maskapai penerbangan seperti Emirates dan Qantas. Terminal 4 yang terhubung dengan terminal 2 dan 3 melalui Heathrow Cargo Tunnel merupakan terminal bagi sebagian besar SkyTeam Alliance, seperti China Eastern dan Korean Air. Terminal 5 merupakan terminal bagi penerbangan dari British Airways dan Iberia.  

Heathrow International Airport melayani banyak sekali rute penerbangan dan maskapai penerbangan, Anda bisa mengecek terminal kedatangan dan keberangkatan Anda melalui situs resmi bandara atau hubungi maskapai penerbangan Anda. Sedangkan untuk pencarian penerbangan murah ke London, Anda bisa gunakan Skyscanner Indonesia.  

 

Fasilitas di Bandara Heathrow 

Heathrow International Airport merupakan bandara yang sangat luas. Bandara ini memiliki fasilitas yang lengkap. Anda akan bisa menjumpai ATM, tempat penukaran uang, fasilitas keluarga, internet, Wifi, lounge, ruang untuk beribadah, shower, toilet, jasa layanan kesehatan, phone and laptop charging station, serta banyak pilihan restoran dan toko.   

Untuk transportasi antar terminal di dalam bandara, Bandar Udara Heathrow menyediakan kereta dan bus. Perjalanan dari Terminal 2 dan 3 ke Terminal 4 atau 5 memakan waktu 20 menit. Sedangkan Terminal 2 dan 3 sendiri terletak berdekatan dan dapat diakses dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.  

 

Transportasi dari dan ke Bandara London Heathrow : 

Berkendara dengan Kendaraan Pribadi atau Sewa Mobil  

Bandara Heathrow terhubung dengan jalan tol M4 dan M25. Apabila Anda menuju ke Terminal 2 atau 3, Anda harus keluar di M4 junction 4 atau M25 junction 15 dan ikuti petunjuk. Sedangkan bila Anda ingin ke Terminal 4 dan 5, Anda harus keluar di M25 junction 14 atau M4 junction 4b dan melanjutkan perjalanan dengan M25 selatan ke junction 14, lalu ikuti petunjuk.  

Begitu pula apabila Anda dari bandara dan ingin menuju pusat kota London yang berjarak lebih kurang 22 km atau memakan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan, Anda bisa menggunakan jalan tol yang telah dijelaskan sebelumnya.  

Kereta Api

Heathrow Express merupakan cara tercepat untuk sampai ke pusat London, tepatnya ke Paddington Station. Paddington Station di London berada dekat dengan Hyde Park dan Oxford Street. Kereta non-stop yang berangkat setiap 15 menit dengan lama perjalanan 15 menit ini merupakan kereta modern, nyaman, dan memiliki beragam fasilitas seperti televisi, wifi gratis, dan tempat bagasi yang luas. Anda bisa membeli tiket secara online, di stasiun, atau langsung di kereta. Stasiun berada di terminal 2, 3, dan 5. Bagi penumpang Terminal 4  harus menggunakan connecting train dari Terminal 2 atau 3.  

Di samping itu terdapat Heathrow Connect yang juga menuju ke Paddington Station dan dalam perjalanan berhenti di sejumlah stasiun di west London. Perjalanan ke pusat kota memakan waktu sekitar 31-49 menit. Kereta berangkat setiap 30 menit dan tiket bisa dibeli secara online atau di ticket office.  

Pilihan berikutnya adalah London Underground’s Picadilly Line dengan harga tiket yang lebih murah dibanding dua pilihan sebelumnya. Stasiun berada di antara Terminal 2 dan 3, di Terminal 4, dan di Terminal 5.  

Bus  

Cara lain bepergian dari dan ke Bandara Heathrow adalah dengan menggunakan coach. Coach ini juga melayani perjalanan dari Bandara Heathrow ke bandara lain di sekitar London, yaitu Bandara Gatwick, Stansted, dan Luton serta sebaliknya. Penumpang Terminal 2 dan 3 bisa menjumpai kendaraan ini di Central Bus Station, atau di bagian kedatangan dari Terminal 4 dan 5.  

Pilihan lain adalah bus umum. Bus dari Heathrow Airport, yang berangkat dari Central Bus Station ini, terhubung dengan west London. Untuk melakukan perjalanan ini, Anda harus menggunakan kartu, salah satunya oyster card.  

Taksi  

Antrian taksi hitam khas London berada di luar semua terminal. Anda tidak perlu khawatir karena supir berpengalaman. Akan tetapi apabila memilih cara ini untuk menuju pusat kota atau pun ke Bandara Heathrow, Anda harus bersiap dengan harganya yang mahal. Tarif taksi berkisar 45-70 Pound (Rp 869.600 – Rp 1.352.700). Waktu perjalanan sekitar 1 – 1,5 jam.  

Bandara dekat London Heathrow:

 Maskapai yang terbang ke London Heathrow

 Rincian Kontak Bandara

Bandara London Heathrow

Alamat:
Heathrow Point West,
234 Bath Road,
Hayes,
Middlesex,
UB3 5AP,
UNITED KINGDOM

Situs web:

 Rincian Lokasi

Bujur:0° 27' 10'' W
Lintang:51° 28' 17'' N
Kode IATA:LHR
Kode ICAO:

 Lokasi Bandara

Google map

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.