Peta

 Bandara Kuala Namu Medan

Bandar Udara Internasional Kualanamu, Medan 

 

Informasi Seputar Bandara Kualanamu Medan : 

Bandara Internasional Kualanamu terletak 39 kilometer sebelah timur kota Medan. Bandara Kualanamu ini menggantikan Bandara Polonia yang sudah tua dan letaknya sudah tidak sesuai lagi sebagai sebuah bandar udara. Saat ini, Bandara Kualanamu merupakan bandara udara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta.  Bandara ini dibuka 25 Juli 2013 bersamaan dengan Kereta Bandara atau Airport Raillink Service dan Stasiun Bandara Kualanamu, yang menjadikannya sebagai bandara pertama di Indonesia yang mempunyai kereta bandara.  

Terminal di Bandara Kualanamu terbagi menjadi 2 yaitu terminal penumpang dan terminal kargo. Gedung Bandara Kualanamu terdiri atas lantai 1 sebagai terminal kedatangan, Pier, dan lantai2 sebagai terminal keberangkatan. Terminal kedatangan dan keberangkatan ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu area domestik dan internasional.  

Bandara Kualanamu mempunyai fasilitas yang cukup lengkap seperti toko, restoran, ATM, Nursery room, money changer, musholla, pelayanan terpadu angkutan darat, wi-fi gratis dan lain-lain. Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, Bandara Kualanamu merupakan salah satu bandara modern yang ada di Indonesia. 

Sebagai referensi penerbangan ke medan dari berbagai kota di Indonesia dan wisata menarik di kota Medan dapat dilihat di website Skyscanner tentang penerbangan murah ke Medan

 

Transportasi dari dan ke Bandara Kualanamu Medan :

 

Berkendara dengan Kendaraan Pribadi atau Sewa Mobil : 

Perjalanan dari dan ke Bandara Kualanamu menuju pusat kota Medan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kira-kira menghabiskan waktu 60-90 menit. Namun pada kondisi padat merayap, perjalanan bisa mencapai lebih kurang 120 menit. Saat ini tol ke Bandara Internasional Kualanamu masih dalam pembangunan sehingga untuk bepergian dari Bandar Udara Kualanamu masih harus banyak menggunakan jalan umum. Perjalanan akan melalui Jalan  Tol Tanjung Morawa – Simpang Jalan Kayu Besar yang biasanya menjadi lokasi kemacetan.  

Bagi Anda yang ingin menyewa mobil, beberapa perusahaan penyewaan mobil tersedia di Bandara Kualanamu seperti ASSA Rent, Golden Bird, KSU Sena, TRAC, dan Wisata Armada. Tarif sewa mobil per hari di Medan sekitar Rp 250.000 tanpa supir atau Rp 350.000 dengan supir. Skyscanner juga bisa membantu Anda mencari sewa mobil murah selama di Medan.

 

Kereta 

Cara berikutnya menuju pusat kota Medan dari Bandara Kualanamu adalah dengan menggunakan kereta bandara. Selain tergolong sebagai hal baru di Indonesia, singkatnya waktu perjalanan menuju pusat kota membuat kereta bandara sebagai pilihan favorit para penumpang yang datang dari atau pergi ke Bandara Kualanamu. Rute perjalanan kereta bandara ini adalah Bandara Kualanamu ke Stasiun Medan dengan frekuensi kedatangan kereta lebih kurang satu jam. Lama perjalanan rute ini adalah 37 menit. Pembelian tiket sudah dapat dilakukan secara online dengan tarif Rp 100.000.

 

Bus 

Pilihan transportasi lain dari Bandara Kualanamu adalah Bus Almasar dengan tujuan Bandara Kualanamu ke Cemara. Frekuensi keberangkatan bus ini adalah 45 menit dengan lama perjalanan 45 menit juga. Tarif bus ini adalah Rp 22.000.  

Selain itu terdapat Bus ALS dengan tujuan Bandara Kualanamu menuju Binjai. Frekuensi keberangkatan bus ini adalah 45 menit dengan lama perjalanan 120 menit. Tarif bus ini adalah Rp 45.000. Di samping rute bandara Kualanamu ke Binjai, Bus ALS juga menyediakan rute Bandara Kualanamu ke Gagak HItam dengan tarif bus Rp 20.000. 

Bus Damri dengan tujuan Bandara Kualanamu ke Amplas pun tersedia. Frekuensi keberangkatan bus ini adalah 30 menit dengan lama perjalanan 45 menit. Tarif bus ini adalah Rp 15.000. Selain rute ini, Bus Damri menyediakan rute Bandara Kualanamu ke Carrefour yang mempunyai frekuensi keberangkatan setiap 30 menit dan lama perjalanan 60 menit, serta bertarif Rp 20.000.

 

Taksi

Beberapa armada taksi yang bisa dijumpai di Bandara Kualanamu adalah Blue Bird, Karsa, Matra, dan Nice. Tarif taksi dari keempat perusahaan taksi ini seragam yaitu tarif awal Rp 6.000 dan tarif per kilometernya Rp3.500. 

 

Informasi ini benar per April 2016

Bandara dekat Kuala Namu Medan:

 Maskapai yang terbang ke Kuala Namu Medan

 Rincian Lokasi

Bujur:98° 52' 35'' E
Lintang:3° 39' 2'' N
Kode IATA:KNO
Kode ICAO:WIMM

 Lokasi Bandara

Google map

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.