Peta

 Bandara Istanbul Ataturk

Bandara Internasional Atatürk (IST) merupakan bandara internasional utama di kota Istanbul, kota terpadat Negara Turki. Dibuka untuk publik pada tahun 1924, bandara ini berlokasi di kawasan Yesilkoy yang berjarak 15 mil sebelah Barat dari pusat kota Istanbul. Sebelumnya dikenal dengan nama Bandara Internasional Yesilkoy, bandara ini secara resmi berganti nama menjadi Bandara Internasional Atatürk pada tahun 1980. Nama ‘Atatürk’ sendiri berangkat dari nama Mustafa Kemal Atatürk, yang merupakan pendiri dan presiden pertama Republik Turki.

Berperan sebagai hub utama maskapai penerbangan Turkish Airlines, Bandara Internasional Atatürk merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Turki (diikuti oleh Bandara Internasional Sabiha Gökçen yang lebih banyak memfasilitasi maskapai penerbangan low-cost). Pada tahun 2013, Bandara Internasional Atatürk melayani 51 juta penumpang. Berdasarkan data lalu lintas penumpang tersebut, Bandara Internasional Atatürk tercatat dalam peringkat ke-17 bandara tersibuk di dunia. Di tahun yang sama, Bandara Internasional Atatürk juga menduduki peringkat ke-10 bandara tersibuk di dunia dengan lalu lintas penumpang internasional terbanyak. Pada tahun 2014, Bandara Internasional Atatürk masuk ke dalam peringkat ke-4 bandara tersibuk di Eropa. Saat ini, Bandara Internasional Atatürk memfasilitasi lebih dari 80 maskapai penerbangan untuk melayani penerbangan non-stop ke 254 kota di seluruh dunia.

Fasilitas yang berkualitas dan perpaduan budaya yang unik di Bandara Internasional Atatürk ini menuai berbagai penghargaan dari dunia internasional. Pada tahun 2013, Bandara Internasional Atatürk meraih penghargaan Bandara Terbaik dari Air Transport News Awards, dan juga penghargaan Bandara Terbaik Eropa kategori 40-50 juta penumpang / tahun dari Skytrax World Airport Awards.

Terminal Bandara

Bandara Internasional Atatürk memiliki empat terminal, yang terdiri dari: Terminal 1 (penerbangan domestik), Terminal 2 (penerbangan internasional), Terminal 3 (penerbangan kargo), dan Terminal Penerbangan Umum.

Layanan dan Fasilitas Bandara

Kemewahan perpaduan budaya Asia dan juga Eropa di kebudayaan Turki tercermin dalam desain interior berbagai lounge yang tersedia di kawasan Bandara Internasional Atatürk. Berbagai lounge ini buka selama 24 jam dan menawarkan berbagai fasilitas unik pada para penumpang pesawat, baik kelas ekonomi maupun kelas bisnis di penerbangan internasional dan domestik. Anda cukup membeli tiket harian (day pass) untuk mengakses layanan lounge yang tersedia. Selain itu terdapat pula lounge yang bekerjasama dengan bank-bank asing, dan Anda cukup menyiapkan kartu kredit bank tersebut untuk akses masuk.

Fasilitas yang disediakan tiap lounge Bandara Internasional Atatürk bervariasi, mulai dari penyediaan buffet makanan khas Turki dan internasional, kursi pijat personal, akses Internet dan Wi-Fi gratis, hingga penyediaan produk perawatan tubuh dan akses ruang mandi (shower room). Buah hati Anda akan terhibur oleh berbagai variasi kegiatan menarik seperti memainkan Playstation, menonton TV, dan menggunakan tablet komputer. Beberapa lounge juga dilengkapi dengan unit pengisian baterai ponsel, ATM, dan lemari penitipan barang.

Di Turkish Airlines Lounge yang terletak di terminal keberangkatan internasional Bandara Internasional Atatürk, Anda bahkan dapat menjumpai jalur balapan yang dibuat terlihat realistis untuk bermain balapan mobil dan simulator golf. Selain area istirahat dan ruang mandi pribadi, di sini Anda dapat pula menjumpai area bermain, perpustakaan, ruang bermain bilyard, ruang berdoa, teater sinema, teleconference hall, dan bahkan area pelayanan pijat. Tidak heran bila lounge yang interiornya memadukan desain tradisional dan modern Turki ini termasuk dalam sepuluh private lounge penumpang terbaik di dunia.

Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi fasilitas Bandara Internasional Atatürk di luar yang ditawarkan lounge, Anda dapat mengunjungi berbagai duty-free shop dan juga gift shop di bandara yang menjual berbagai cinderamata seperti makanan, cerutu, dan perhiasan khas Turki. Bagi Anda yang ingin membeli cinderamata kelas tinggi khas Turki seperti kurma, haivah (manisan khas Timur Tengah), dan minyak zaitun, Anda dapat mengunjungi area Old Bazaar yang didesain multi-warna seperti labirin Grand Bazaar di Istanbul.

Selain berbelanja, Anda dapat pula memanjakan diri dengan mengunjungi salon atau berolahraga di fitness center. Terdapat pula beberapa masjid di dalam kawasan Bandara Internasional Atatürk yang dapat digunakan para wisatawan Muslim untuk menunaikan ibadahnya.

Bila Anda memiliki waktu lebih dan ingin mengeksplor Istanbul lebih jauh, Anda dapat menggunakan taksi untuk mengakses Museum Aviasi Istanbul yang hanya berjarak lima menit perjalanan dari Bandara Internasional Atatürk. Selain itu, Anda dapat pula mengunjungi berbagai tempat wisata ternama, di antaranya Sultanahmet dan Taksim Square.

Bagi Anda yang masih belum menentukan pilihan, Anda dapat berkonsultasi dengan para pemandu di belasan kios informasi yang tersebar di terminal domestik dan internasional. Tidak perlu khawatir terkendala bahasa bila Anda tidak memahami bahasa Turki, karena layanan informasi ini diberikan pula dalam bahasa Inggris.

Kemudian bagi Anda yang ingin melepas lelah dari layover yang cukup lama, Anda dapat bermalam di berbagai hotel dan penginapan yang terletak tidak jauh dari bandara yaitu TAV Airport Hotel (terletak di bandara dan menawarkan tarif menginap per 3 jam), WOW Istanbul Airport Hotel (dapat diakses secara gratis dengan shuttle bandara dan hanya lima menit perjalanan dari Bandara Internasional Atatürk), Novotel Istanbul Hotel dan Sheraton Istanbul Ataköy Hotel (keduanya hotel cantik yang pemandangannya menghadap laut Marmara).

Bandara dekat Istanbul Ataturk:

 Pulang-pergi dari & ke Bandara

Berkendaraan sembunyikan 

Kendaraan pribadi dapat mengakses Bandara Internasional Atatürk melalui jalur tepi pantai, jalur internasional D-100, dan TEM (Trans-European Motorway).

Kereta Api sembunyikan 

Anda dapat mengakses layanan Istanbul Metro dengan berjalan kaki maksimal sepuluh menit. Penggunaan Metro dapat membawa Anda ke berbagai pemberhentian di kawasan kota Istanbul ataupun ke halte bus (otogar) terdekat.

Bus sembunyikan 

Layanan bus shuttle bandara dioperasikan oleh Havataş, salah satu perusahaan manajemen transportasi terbesar di Turki. Bus shuttle beroperasi setiap 30 menit sekali, mulai dari pukul 4 pagi hingga tengah malam, dan akan membawa Anda ke Bakırköy, Yenikapı, Aksaray, dan Taksim Square. Bus Havaş juga menghubungkan rute antara terminal ferry dan bandara.

Taksi sembunyikan 

Akses termudah Bandara Internasional Ataturk dari dan ke sisi Asia ataupun Eropa kota Istanbul yaitu dengan menggunakan taksi. Tarif taksi disamakan baik untuk penggunaan di siang hari ataupun tengah malam.

 Maskapai yang terbang ke Istanbul Ataturk

 Rincian Kontak Bandara

Bandara Istanbul Ataturk

Alamat:
İstanbul Atatürk Airport International Terminal,
34149 Yeşilköy,
Istanbul,
TURKEY

Tlp:0212 463 00 00
Faks:0212465 50 50

Situs web:

 Rincian Lokasi

Bujur:28° 48' 55'' E
Lintang:40° 58' 36'' N
Kode IATA:IST
Kode ICAO:

 Lokasi Bandara

Google map

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.