Peta

 Bandara Soekarno-Hatta

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta

 

Informasi Seputar Bandara Internasional Soekarno-Hatta :

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (IATA : CGK) terletak di Tangerang, Banten dan merupakan bandara utama yang melayani kebutuhan penerbangan untuk DKI Jakarta dan sekitarnya (seperti Bekasi, Depok, dan Bogor). Saat ini, bandara yang mengambil nama dari presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Drs. Mohammad Hatta memilki tiga buah terminal yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 (sekarang dikenal dengan sebutan Terminal 3 Ultimate atau Terminal 3 New) yang terletak cukup berjauhan satu dengan yang lain dan dihubungkan dengan shuttle bus bandara. Terminal 3 Ultimate sendiri baru resmi beroperasi sejak Agustus 2016 dan keberadaannya membawa sejumlah perubahan dalam hal operasional bandara.

Dahulu Terminal 1 khusus untuk penerbangan domestik, Terminal 2 untuk penerbangan internasional dan maskapai Garuda Indonesia (domestik dan internasional), dan Terminal 3 (sekarang dikenal dengan sebutan Terminal 3 Existing atau Terminal Lama) untuk maskapai seperti maskapai budget Air Asia dan beberapa penerbangan dari Lion Air. Sekarang sejumlah maskapai penerbangan yang terbang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta mengalami relokasi terminal.

Kini mulai Agustus 2016, Terminal 1 melayani penerbangan dari maskapai Lion Air, Citilink, dan Batik Air. Rencananya pada tahun 2017, Citilink dan Batik Air akan pindah ke Terminal 2. Lalu Terminal 2 saat ini melayani penerbangan dari maskapai Air Asia, Sriwijaya, NAM Air, dan penerbangan internasional (termasuk penerbangan internasional dari Garuda Indonesia). Secara bertahap maskapai yang melayani penerbangan luar negeri akan pindah ke Terminal 3. Sekarang Terminal 3 Ultimate baru melayani penerbangan domestik dari Garuda Indonesia. Apabila Anda terbang dari atau ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pastikan Anda tetap mengecek kembali lokasi terminal keberangkatan atau kedatangan Anda yang tertera di tiket pesawat atau hubungi maskapai penerbangan yang Anda gunakan.

Dari segi fasilitas, Bandara Soekarno-Hatta memiliki fasilitas yang memadai. Anda bisa menjumpai sejumlah toko, termasuk duty free shop, toko suvenir, dan toko buku serta majalah. Selain itu terdapat cukup beragam pilihan tempat makan dan coffee shop. Terminal di Bandara Soekarno-Hatta ini juga menyediakan fasilitas untuk keluarga berupa tempat main anak dan ruang menyusui. Terdapat pula ATM dan tempat penukaran uang. Fasilitas penting yang juga Anda bisa gunakan adalah wifi gratis dan charging station. Tentunya, fasilitas seperti kursi tunggu, toilet, dan musholla pun tersedia. Dibandingkan kedua terminal lainnya, fasilitas di Terminal 3 masih terbatas dan pihak bandara sedang dalam proses melengkapinya. Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki sebuah shuttle bus yang menghubungkan ketiga terminal, lapangan golf, dan dua hotel yaitu Sheraton Airport Hotel dan Jakarta Airport Hotel.

 

Transportasi dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta :

Berkendara dengan Kendaraan Pribadi atau Sewa Mobil

Berlokasi 20 km dari pusat kota Jakarta, Bandara Soekarno-Hatta bisa diakses melalui tol Prof. Dr. Sedyatmo. Jalan tol bandara ini terhubung dengan jalan tol dalam kota atau Jakarta Inner Ring Road, JORR (Jakarta Outer Ring Road), dan Jakarta – Tangerang.

Kereta

Saat ini, sarana transportasi berupa kereta bandara masih dalam tahap pengerjaan. Rencananya kereta yang akan menghubungkan Stasiun Manggarai dan Bandara Soekarno-Hatta ini beroperasi pada 2017. Kereta ini akan melalui sejumlah stasiun, yaitu Manggarai,  Sudirman, Tanah Abang, Duri, Grogol, Bojong Indah, Kalideres, Tanah Tinggi, hingga Soekarno-Hatta.

Bus

Bus Damri merupakan bus yang populer digunakan untuk pergi dari dan ke Bandara Seokarno-Hatta. Bus ini menghubungkan bandara dengan banyak lokasi di Jakarta dan sekitarnya, di antaranya adalah Blok M, Gambir, Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Rawamangun, Mangga Dua, dan Bogor. Selain itu, terdapat penyedia jasa bus lain yaitu Agramas, Primajasa, Hiba Utama, Sinar Jaya, dan XTrans yang melayani rute seperti Cileungsi, Serpong, dan Bandung.

Taksi

Terdapat sejumlah perusahaan taksi yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, seperti Blue Bird, Taxiku, dan Gamya. Saat ini model antrian taksi yang berlaku adalah satu jalur atau tidak lagi berdasarkan perusahaan taksi. Anda akan mendapat taksi yang sedang tersedia di antrian. Taksi resmi dari bandara ini akan menggunakan argometer dan mengenakan biaya tambahan untuk perjalanan dari bandara. Estimasi biaya taksi dari Bandara Soekarno-Hatta ke pusat kota Jakarta adalah Rp 150.000 – Rp 200.000, di samping pengeluaran untuk Jalan Tol.

 

Informasi ini benar per September 2016

Bandara dekat Soekarno-Hatta Jakarta:

 Transportasi CGK

Berkendaraan sembunyikan 

Bandara Soekarno-Hatta menyediakan lahan parkir seluas 64.12 9 m² di Terminal 1 dan 51.330 m² di Terminal 2. Tempat parkir di bandara

Jarak bandara dari pusat kota Jakarta adalah sekitar 20 kilometer. Petunjuk arah ke bandara

Jika Anda ingin menyewa kendaraan dari Bandara Soekarno-Hatta ke kota atau sebaliknya, ada beberapa pilihan perusahaan yang menyewakan mobil.

Bus sembunyikan 

Pilihan alternatif dari dan ke bandara adalah dengan menggunakan transportasi umum bis Damri. 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan melihat di situs Trayek & Tarif DAMRI Bandara Soekarno-Hatta

Taksi sembunyikan 

Untuk kenyamanan dalam perjalanan, Anda dapat memesan taksi yang berlisensi di konter dalam bandara; berhati-hatilah terhadap calo yang menawarkan taksi. Selalu pastikan bahwa taksi menggunakan argo meter.

Blue Bird Group

 Maskapai yang terbang ke Soekarno-Hatta Jakarta

 Detail Kontak CGK

Bandara Soekarno-Hatta Jakarta

Alamat:
Building 601,
PO Box 1245 BUSH,
Jakarta 19101,
INDONESIA

Tlp:+62 (21) 5507015
Faks:+62 (21) 5506823

Situs web:

Pemilik:
Angkasa Pura II

 Detail Lokasi CGK

Bujur:106° 39' 0'' E
Lintang:6° 7' 0'' S
Kode IATA:CGK
Kode ICAO:WIII

 Lokasi Bandara

Google map

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.