Cari penerbangan

Jenis pulang-pergi

Tiket Pesawat ke Tarakan

Tarakan

Kota Tarakan merupakan sebuah kota dan satu-satunya kota di Provinsi Kalimantan Utara. Kota ini terletak berdampingan dengan negara tetangga Malaysia. Menurut cerita rakyat, arti nama Tarakan adalah “tarak” yaitu bertemu dan “ngakan” yaitu makan sehingga dapat diartikan secara harafiah “tempat nelayan untuk beristirahat makan dan bertemu”. Berdasarkan rekam jejak sejarah, setidaknya memang Tarakan menjadi lokasi bertemunya dua bangsa namun bukan untuk makan bersama tetapi bertempur, yaitu bangsa Jepang dan Australia pada saat perang dunia kedua. Oleh karena itu, wisatawan akan dapat melihat berbagai peninggalan kedua bangsa ini di kota Tarakan, seperti Museum Rumah Bundar dan bungker peninggalan Jepang. Kedua tempat ini merupakan tempat wisata sejarah yang ramai oleh wisatawan di Tarakan. Selain itu, kota Tarakan juga memiliki kebudayaan yang menarik dan berakar pada budaya suku Tidung. Salah satu tempat untuk berkenalan dengan kebudayaan ini adalah Baloy Adat Tidung. Sebagai sebuah kota yang terletak di pesisir laut, tentunya pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kota ini. Kota Tarakan memiliki sebuah pantai yang ramai oleh pengunjung, yaitu Pantai Amal. Tempat wisata yang juga tidak boleh terlewatkan selama berada di Tarakan adalah Hutan Mangrove di mana wisatawan dapat berjumpa dengan hewan Bekantan yang lucu dan Penangkaran Buaya Juwata yang merupakan rumah bagi sejumlah buaya asli Kalimantan.

Penerbangan Murah ke Tarakan

Bepergian ke Tarakan termasuk mudah. Terdapat cukup banyak rute penerbangan antara kota Tarakan dengan kota-kota lain di Indonesia, seperti Jakarta-Tarakan, Denpasar (Bali)-Tarakan, Medan-Tarakan, Semarang-Tarakan, Palu-Tarakan, Surabaya-Tarakan, Balikpapan-Tarakan, dan Tawau-Tarakan. Semua pesawat dari dan ke Tarakan menggunakan jasa dari Bandar Udara Internasional Juwata yang terletak lebih kurang 3 km dari pusat kota Tarakan. Selain rute penerbangan yang cukup beragam, wisatawan juga memiliki beberapa pilihan maskapai penerbangan yang mengoperasikan penerbangan dari dan ke kota Tarakan, seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Susi Airlines, dan Garuda Indonesia.  Terbang ke kota Tarakan dengan menggunakan tiket pesawat murah tidak menjadi masalah. Wisawatan dapat menggunakan pencarian penerbangan murah ke Tarakan dari Skyscanner. Melalui Skyscanner, wisatawan dapat dengan mudah, cepat, dan praktis menemukan tiket penerbangan murah, tidak hanya ke kota Tarakan tetapi ke semua kota di dunia. 

Wisata Sejarah dan Budaya di Tarakan

Kota Tarakan memiliki sejumlah tempat wisata penuh sejarah dan budaya. Sebagai salah satu daerah yang menjadi lokasi peperangan, maka tidak mengherankan apabila terdapat berbagai jejak sejarah di kota ini, seperti tugu dan makam dari bangsa-bangsa lain di kota ini. Bungker peninggalan Jepang yang terletak di samping Bandara Juwata dan makam tentara Jepang merupakan salah satu bukti peninggalan Jepang di kota ini. Selain itu terdapat pula, tugu Australia yang berada di Jl. Pulau Kalimantan Kp. Satu. Pendirian tugu ini untuk mengenang para tentara Australia yang berkorban nyawa demi kebebasan Tarakan dari Jepang. Selain itu Museum Rumah Bundar juga merupakan salah satu tempat di mana wisatawan dapat melihat percikan sejarah kota Tarakan. Museum, yang berlokasi di Jl. Danau Jempang, memiliki arsitektur yang menarik, yakni atapnya berbentuk setengah lingkaran. Wisatawan yang berkunjung ke Museum Rumah Bundar ini dapat melihat benda-benda peninggalan Belanda dan Jepang. Museum yang juga menarik sebagai tempat wisata budaya di kota Tarakan adalah Baloy Adat Tidung. Melalui museum ini, wisatawan akan dapat mengenal lebih dalam kebudayaan

suku Tidung yang merupakan suku asli di Tarakan. Di dalam museum ini terdapat rumah adat Tidung yang disebut sebagai Rumah Baloy, peninggalan Kerajaan Tidung, dan pertunjukan tari khas Tidung. 

Wisata Alam di Tarakan

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan selama berwisata di kota Tarakan adalah bermain ke Pantai Amal yang terletak di Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur atau sekitar 11 km dari pusat kota. Pantai ini biasanya ramai oleh penduduk setempat maupun wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dan bersantai. Selain itu, wisatawan juga dapat berkunjung ke Pulau Sadau yang merupakan pulau kecil di sebelah barat Tarakan dan menjadi salah satu saksi sejarah perang dunia. Tempat wisata favorit lainnya di Tarakan adalah Air Terjun Karungan yang terletak di Dusun Karungan, Kelurahan Mamburungan. Para wisatawan akan menyukai berkeliling di Hutan Mangrove yang juga merupakan rumah dari Bekantan, hewan khas dari Kalimantan. Bekantan adalah sejenis monyet berhidung panjang yang memiliki rambut cokelat kemerahan. Hidung yang panjang merupakan ciri khas dari monyet ini. Hutan yang terletak di pusat kota ini merupakan salah satu tempat wisata favorit dan nyaman di kota Tarakan.  

Tempat Rekreasi

Kota Tarakan memiliki sejumlah tempat rekreasi yang akan cocok bagi seluruh keluarga dan di antaranya adalah Bais Hills Pantai Amal yang berada di area Pantai Amal. Di tempat wisata ini, wisatawan dapat berenang dan makan di restoran. Tempat wisata yang juga merupakan salah satu wisata unggulan di Tarakan adalah Penangkaran Buaya Juwata yang beralamat di Karang Harapan, Tarakan Barat. Pengunjung dapat melihat beragam buaya yang berasal dari sejumlah wilayah di Kalimantan. Terdapat penangkaran tiga buaya, yaitu Buaya Muara, Buaya Supit, dan Buaya Air Tawar. Wisatawan juga dapat berkunjung ke Taman Kebun Anggrek dan melihat beragam variasi bunga Anggrek yang dibudidayakan. Selain melihat keindahan bunga-bunga, wisatawan juga dapat membelinya. Anak-anak akan menyukai bermain di Taman Rekreasi Air 3R yang merupakan salah satu tempat wisata di Tarakan. Taman ini terletak di Jl. Pangeran Aji Iskandar. 

Wisata Kuliner di Tarakan

Berwisata ke suatu tempat tidak akan lengkap apabila belum menyicipi masakan yang khas dari daerah itu. Kota Tarakan memiliki sejumlah tempat makan yang menyajikan masakan-masakan lezat. Kaltara Fried Crab Soka yang terletak di Jl. Mulawarman merupakan salah satu tempat makan favorit di kota Tarakan. Kaltara Fried Crab Soka atau biasa disebut KFC Soka menyediakan menu khas Tarakan yaitu kepiting soka.  Menu favorit di KFC Soka adalah kepiting soka yang digoreng tepung dan diberi tambahan wijen.  Tempat lainnya yang juga menjadi pusat kuliner di kota Tarakan adalah Pantai Amal. Wisatawan dapat menjumpai hidangan laut yang lezat khas Tarakan, seperti kerang Kapah, udang laut,dan ikan Pepija. Biasanya kelapa muda dan buah menjadi teman setia dari hidangan-hidangan ini. 

Tempat Berbelanja di Tarakan

Wisatawan tidak perlu khawatir untuk mencari tempat berbelanja di kota Tarakan karena kota ini memiliki sejumlah pusat perbelanjaan. Grand Tarakan Mall yang terletak di Jl. Kom. L. Yos Sudarso adalah salah satu pusat perbelanjaan yang ramai oleh pengunjung. Mall ini merupakan tempat berbelanja yang modern dan terbesar di kota ini. Tepat di depan Grand Tarakan Mall terdapat THM Plaza. Selain itu tersedia juga pilihan berbelanja di  Gusher Plaza yang beralamat di Karang Rejo,

Tarakan Barat. Di sini terdapat cukup banyak pertokoan yang menjual peralatan rumah tangga dan elektronik, supermarket, dan tempat makan. 

Wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh dapat berkunjung ke Pasar Oleh-oleh Pelabuhan Teng Kayu. Pasar ini menyediakan oleh-oleh khas dari daerah Tarakan, seperti kerupuk ikan asin. Wisatawan juga dapat membeli beragam ikan asin dan olahannya di toko D3nshop di Jl. Yos Sudarso No 33. Tempat lainnya yang menjual oleh-oleh seperti kaos, makanan, dan kerajinan tangan khas Tarakan adalah di UMKM Center yang berada di Markoni. 

lainnya

Penerbangan termurah ke Tarakan dari...

harga mulai dari Rp 447.872 pulang-pergi

 Tawaran Tarakan

Hotel di Tarakan

Sewa mobil di Tarakan