Cari penerbangan

Jenis pulang-pergi
Sibayak volcano near Berastagi in northern Sumatra, Indonesia

Tiket Pesawat ke Belitung (Tanjung Pandan)

Belitung

Belitung adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Bangka Belitung, Sumatera. Pulau ini terkenal oleh pemandangan alamnya yang indah, terutama pantai dan lautnya. Sejak kemunculan film berjudul Laskar Pelangi berdasarkan novel karya Andrea Hirata yang berlatar belakang kehidupan anak-anak Belitung, maka pariwisata Belitung menjadi kian berkembang. Jumlah turis lokal maupun mancanegara semakin banyak. Tempat-tempat yang menjadi lokasi pengambilan gambar film ini menjadi tujuan wisata favorit di Belitung. Namun sesungguhnya Belitung juga memiliki tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik, seperti Pulau Lengkuas, Tanjung Kelayang, Pulau Pasir, Pulau Belayar, dan masih banyak lagi. Wisatawan dapat berkeliling di Belitung dengan menyewa mobil atau motor. Di samping Bali dan Lombok, Belitung kini juga turut menjadi salah satu pilihan tujuan wisata para pecinta pantai dan laut. 

Penerbangan Murah ke Belitung

Salah satu cara untuk mencapai Belitung adalah melalui jalur udara. Bandar Udara H.A.S Hanandjoeddin atau dikenal juga dengan Bandar Udara Buluh Tumbang terletak di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Saat ini bandara ini baru melayani penerbangan domestik sehingga para turis dari mancanegara dapat transit terlebih dahulu di kota lain seperti Jakarta, Yogyakarta, atau Semarang. Rute penerbangan yang telah tersedia di antaranya adalah Jakarta-Belitung, Surabaya-Belitung, Yogyakarta-Belitung, Pangkalpinang-Belitung, Makassar-Belitung, Palembang-Belitung, dan Manado-Belitung. Maskapai penerbangan yang mengoperasikan rute penerbangan ini juga cukup beragam seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink. Pilihan maskapai penerbangan dan rute penerbangan yang cukup beragam memungkinkan wisatawan untuk dapat terbang dengan tiket pesawat murah ke Belitung. Kini pencarian penerbangan murah ke Belitung juga semakin mudah dengan menggunakan Skyscanner. Skyscanner merupakan situs pencarian tiket yang mudah, cepat, dan praktis. Kehadiran Skyscanner menjadikan rencana berlibur ke Belitung semakin nyata. 

Belitung “Negeri Laskar Pelangi”

Popularitas Belitung sebagai tujuan pariwisata meningkat dengan pesat setelah kisah perjuangan sekelompok anak dari pulau ini untuk mengenyam pendidikan muncul di layar lebar. Kelompok ini memiliki nama Laskar Pelangi dan nama ini pun menjadi judul baik untuk novel maupun filmnya. Melalui film ini pemandangan Belitung menjadi lebih dikenal baik oleh orang Indonesia maupun luar negeri sehingga mengundang mereka untuk menyaksikan sendiri keindahan Belitung. Salah satu kegiatan selama berwisata di Belitung adalah melakukan napak tilas dari tempat-temipat yang menjadi lokasi pengambilan gambar dari film “Laskar Pelangi”. Begitu banyaknya yang tertarik untuk melakukan perjalanan ini hingga biro-biro wisata pun menawarkan paket “Wisata Laskar Pelangi”. Setidaknya terdapat tiga tempat wisata utama yang terkait dengan film ini, yaitu Pantai Tanjung Tinggi, sekolah SD Muhammadiyah, dan Museum Kata Andrea Hirata. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai indah di Belitung. Pantainya memiliki pasir putih yang bersih dan berhiaskan batu-batu granit yang besar. Wisatawan tentu tidak hanya dapat berfoto tetapi juga menikmati berenang di lautnya yang jernih. Sekolah SD Muhammadiyah merupakan bangunan yang bobrok namun tetap ramai oleh pengunjung yang ingin melihat sekolah di mana para laskar pelangi menimba ilmu. Sedangkan Museum Kata Andrea Hirata adalah museum yang dibangun oleh Andrea Hirata untuk menampilkan segala hal terkait dengan novel dan film Laskar Pelangi serta sastra pada umumnya.

Museum yang terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No 7, Gantong, Belitung Timur, memiliki sejumlah ruangan yang diisi dengan foto-foto, kutipan tulisan Andrea Hirata, dan lain-lain. Kunjungan ke museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia ini akan menjadi pengalaman liburan yang sangat berkesan.

Keindahan Alam Belitung

Pesona alam Belitung tidak perlu dipertanyakan lagi. Belitung memiliki banyak pantai yang indah dan pulau-pulau di sekitar yang patut dikunjungi. Pantai yang ramai oleh wisatawan salah satunya adalah Pantai Penyabong yang terketak di daerah barat daya Belitung. Selain itu terdapat juga Pantai Burung Mandi di Belitung Timur. Burung Mandi sebenarnya adalah kumpulan dari beberapa tempat wisata dan salah satunya adalah pantai. Tempat wisata lain yang terletak di daerah ini adalah Gunung Burung Mandi dan Danau Mempaya yang juga tidak kalah indah. Pantai Tanjung Kelayang juga cukup banyak menarik perhatian para wisatawan, khususnya yang juga berkeinginan melakukan tur pulau di sekitar Belitung. Dari Tanjung Kelayang, wisatawan dapat melihat Batu Garuda yang menakjubkan dan menjadi ciri khas dari daerah ini. Wisatawan biasanya akan diajak untuk berkunjung ke Pulau Lengkuas di mana terdapat mercusuar yang dibangun dari tahun 1882. Bagi yang bertubuh sehat gunakan kesempatan ini untuk naik dan menikmati pemandangan dari atas mercusuar. Pulau ini juga menjadi salah satu lokasi yang favorit untuk meyelam. Selain Pulau Lengkuas, juga terdapat Pulau Pasir namun pulau ini hanya terlihat pada saat air surut.   

Wisata Kuliner di Belitung

Belitung memiliki sejumlah makanan khas yang harus dicoba oleh wisatawan untuk melengkapi pengalaman liburan di Belitung. Salah satu makanan ringan Belitung adalah kue rintak. Kue ini berbahan dasar sagu, gula aren, gula pasir, santan kelapa, dan telur. Terkadang juga terdapat penambahan jahe dan wijen untuk memberikan cita rasa yang sedikit berbeda dari biasanya. Kue ini cocok untuk disantap dengan ditemani teh atau kopi pahit. Banyak orang yang menjadikan kue ini juga sebagai oleh-oleh. Makanan Belitung banyak yang merupakan hidangan laut, seperti sotong pangkong yaitu cumi yang dikeringkan, dibakar, dipukul, dan dimakan dengan sambal. Hidangan lainnya yang juga lezat adalah gangan kepala ikan ketarap dan ekor ikan tenggiri bakar. Hidangan laut paling banyak tersedia di sepanjang tepi pantai, seperti di daerah Tanjung Pandan dan Tanjung Tinggi. Bagi wisatawan yang ingin masakan selain seafood dapat mencoba soto Belitung dan mi Belitung. Salah satu tempat yang menjual mie Belitung adalah Mie Belitung Atep yang beralamat di Jl. Sriwijaya No. 27. Wisata kuliner yang juga khas di Belitung adalah meminum segelas kopi. Belitung memiliki sejumlah warung kopi yang populer di kalangan wisatawan, seperti Kupi Kuli Museum Kata Gantong yang berada di belakang Museum Kata Andrea Hirata. Warung kopi ini sangat khas Belitung. Hal ini terlihat dari air yang dimasak di atas tungku arang dan kursi-kursi papan panjang. Warung kopi lainnya adalah Warung Kopi Anui yang terletak di Gantong juga. 

Oleh-oleh Khas Belitung 

Kegiatan membeli oleh-oleh menjadi salah satu kegiatan selama liburan. Belitung memiliki sejumlah makanan ringan yang biasa dijadikan oleh-oleh. Makanan ringan itu di antaranya adalah kue rintak yang terbuat dari sagu, kerupuk belitung yang terbuat dari ikan, cumi, atau udang, abon ikan yang terbuat dari ikan dan bumbu khas Belitung, siput gonggong goreng, dan sambal lingkong. Salah satu daerah di Belitung yang memiliki banyak toko oleh-oleh adalah Tanjung Pandan. Di daerah ini terdapat Toko Keluarga yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto, Cai Cai Ole Ole yang terletak di Jl. Sriwijaya, dan Toko Sederhana di Jl. A. Yani. 

Penerbangan termurah ke Belitung (Tanjung Pandan) dari...

harga mulai dari Rp 542.234 pulang-pergi

 Tawaran Belitung (Tanjung Pandan)

Hotel di Belitung (Tanjung Pandan)

Penyewaan mobil di Belitung (Tanjung Pandan)