Jembatan Suramadu, Surabaya, Indonesia

Penerbangan murah ke Surabaya

Surabaya, Kota Pahlawan yang kaya akan Wisata Kuliner

Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur. Surabaya berasal dari kata 'Suro' yang berarti ikan hiu dan 'Boyo' yang berarti buaya.Surabaya merupakan salah satu Kota di Indonesia yang kaya akan sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Salah satu peristiwa besar yang menjadikan Kota Surabaya pantas mendapatkan julukan Kota Pahlawan adalah peristiwa Sepuluh November. Pada waktu itu segala lapisan masyarakat dengan senjata apa adanya berjuang menghadapi penjajah yang besenjatakan modern. Selain peristiwa itu masih banyak peristiwa bersejarah lainnya seperti  Peristiwa tewasnya Brig. Jend. Mallaby di dekat Jembatan Merah, peristiwa pelucutan senjata di Gedung Kenpetai / Gedung Raad Van Justitie, dan peristiwa Insiden bendera di Hotel Orange / Hoteru Yamato. Selain tempat sejarah yang menarik untuk dikunjungi, Kota Surabaya mempunyai daya tarik kuliner cukup beragam yang dicari pecinta kuliner. Beberapa makanan yang menjadi favorit penduduk lokal dan wisatawan adalah Rawon, nasi bebek, kupang lontong, lontong balap dan rujak uleg. Wisata Kuliner sambil menapak tilas sejarah Bangsa Indonesia mungkin akan menjadi pilihan yang menarik bagi keluarga, sehingga anak-anak akan tidak merasa bosan untuk mempelajari sejarah bangsanya.

 

Penerbangan ke Surabaya

Bandara Internasional di Surabaya adalah Bandara Internasional Juanda. Saat ini sedang dibangun Terminal 2. Terminal 2 ini terdiri dari 40 counter check in dengan bagasi dan 9 counter check in tanpa bagasi. Untuk membuat kenyamanan penumpang terjamin bandara ini di desain dengan konsep yang seperti mall. Terminal 2 Bandara Juanda menjanjikan suatu perubahan seperti yang sedang giat dilaksanakan di Indonesia, perubahan yang dimaksud adalah antrian yang lama, kenyamanan, kebersihan, dan keamanan bandara. Penerbangan langsung ke Surabaya sangat mudah didapatkan karena Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Akan lebih mudah mendapatkan penerbangan murah ke Surabaya dengan mencari dan membandingkan tiket pesawat murah pakai Skyscanner. Maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan ke Surabaya antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Merpati, Batik Air, dan Indonesia AirAsia.

 

Destinasi Populer di Surabaya

Ada beberapa destinasi favorit dan terpopuler di Surabaya, antara lain Jembatan Suramadu,  House of Sampoerna, Wisata Hutan Mangrove, Taman Bungkul yang terpilih sebagai taman kota terbaik se-Asia, Monumen Kapal Selam, dan masih banyak yang lainnya. Jika berwisata ke Surabaya sebaiknya menyempatkan diri untuk meninjau Gunung Bromo dan Gunung Semeru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Baca tips Skyscanner untuk tahu caranya menuju ke Gunung Bromo melalui kota Surabaya. Dan segera lakukan pencarian tiket pesawat termurah ke Surabaya pada waktu yang Anda inginkan dengan Skyscanner. Dari Surabaya wisatawan juga bisa mengunjung kota Malang yang dapat ditempuh dalam waktu 1.5 jam dengan mobil. Kuliner Malang tak kalah sedap dari makanan khas Surabaya.

 

Jembatan Suramadu merupakan tempat wisata terfavorit karena Jembatan ini merupakan jembatan termegah yang ada di Indonesia. Jembatan ini mempunyai fungsi menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura dan wisata yang ditawarkan oleh jembatan ini adalah pemandangan Selat Madura dan pengalaman mengendarai kendaraan membelah lautan yang berlatarkan langit biru. Panjang jembatan ini sekitar 5,4 km dengan lebar kurang lebih 30 m. Untuk bisa melintasi Jembatan Suramadu, pemiliki kendaraan diharuskan membayar Rp 30.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor. Sayangnya, jembatan ini tidak punya tempat perhentian di mana orang bisa beristirahat, menikmati dan mengabadikan pemandangan di tengah jembatan.

 

Pada tahun 2003, House of Sampoerna dibuka untuk umum dan dalam tempo yang singkat tempat ini menjadi favorit para wisatawan lokal. Hal ini wajar karena mulai dari parkir, tur keliling dengan pemandu, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya alias GRATIS! Bangunan ini dibuat pada tahun 1862. Sebelum dibeli oleh Liem Seeng Tee, bangunan ini merupakan rumah yatim piatu yang didirikan dan kelola oleh Belanda. Liem Seeng Tee sendiri adalah pendiri perusahaan rokok Sampoerna. Museum ini menyimpan kisah perjalanan keluara sampoerna dan proses produksi secara tradisional. Gedung ini merupakan tempat pertama produksi rokok Sampoerna. Museum ini terletak di Jl Taman Sampoerna No.6 dan buka setiap hari mulai pukul 9:00 hingga 22:00 WIB. Jadi sangat sayang jika House of Sampoerna dilewatkan ketika ke Surabaya. Karena bangunan bersejarah ini mungkin bisa menjadi inspirasi para pengunjung untuk berwirausaha.

 

Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu tempat ekowisata yang sangat digemari di Indonesia. Pemandangan hutan mangrove atau hutan bakau sudah sangat sulit dijumpai di Pulau Jawa. Banyak yang belum tahu kalau Surabaya mempunyai Wisata hutan bakau yang terletak di Wonorejo, Kecamatan Rungkut. Sedikit beda dengan Wisata Hutan Bakau yang terdapat di Pulau Ubin, Singapura di mana pengunjung dapat berjalan melintasi trek yang sangat nyaman untuk menikmati pemandangan alami, di hutan yang terletak di Surabaya ini tersedia fasilitas ekowisata berupa Perahu yang bisa ditumpangi dengan membayar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Perahu ini akan membawa pengunjung berkeliling hutan bakau, menyusur sungai-sungai membelah hutan yang mungkin akan sedikit memicu adrenalin pengunjung.

 

Kehidupan Malam di Surabaya

Tempat favorit para muda-mudi di Surabaya pada waktu malam hari adalah Taman Bungkul. Taman ini mempunyai luas 900 meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti free wi-fi, ampiteater berdiameter 33 m, dan di sebelah utara taman ini terdapat arena skate park yang bisa di gunakan untuk olah raga ekstrim seperti skate board dan sepeda BMX. Taman ini juga mempunyai trak khusus untuk penyadang cacat sehingga dapat disimpulkan taman ini mempunyai tingkat kenyamanan yang cukup berkelas. Memanjakan pengunjungnya untuk bisa bersantai sejenak menikmati pemandangan dan melihat cara santai ala arek-arek Suroboyo.

 

Wisata Kuliner di Surabaya

Ketika berkunjung ke daerah sekitar Ampel jangan lupa untuk mencoba sepiring sego sambel (nasi sambal), biasanya memerlukan kesabaran untuk mengantri mendapatkan makanan ini. Selain itu, karena daerah ini banyak dihuni oleh keturunan Arab maka banyak sekali makanan serba kambing. Salah satu yang direkomendasikan adalah Depot Yaman, di sini makanan favoritnya adalah kambing bakar oven di mana paha kambing muda dipanggang kemudian bisa dilumuri madu sesuai dengan keinginan. Banyak yang bilang daging kambingnya lumer di mulut sehingga sangat sedap untuk disantap. Jangan lupa untuk memesan hidangan seperti Nasi Buchori, Nasi Kabsa, Sop Kambing, dan Nasi Briyani yang sangat layak untuk dicoba.

 

Jembatan Merah di Surabaya, selain  memiliki nilai sejarah yang tinggi juga menyajikan wisata kuliner yang beragam. Beberapa tempat yang perlu direkomendasikan adalah Mie Jembatan Merah yang terletak di pojokan Jembatan merah dekat KFC dan Depot Sari di Jl kembang Jepun ujung jembatan merah yang berada di sebelah kanan Jalan. Di depot ini hidangan yang terkenal adalah sop buntutnya. Selian itu masih banyak lagi depot yang bisa menjadi pilihan di sekitar Jembatan Merah.

 

Kalau di Jakarta punya Ancol, Di Surabaya mempunyai Pantai Ria Kenjeran. Selain menawarkan pemandangan pantai yang eksotis, disetiap bulannya dapat dinikmati juga pertunjukan barongsai. Pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Surabaya dan yang tidak kalah menarik adalah wisata kuliner di sekitar pantai Ria Kenjeran ini. Wisata kulinernya memberikan banyak pilihan makananan khas Surabaya. Sedangkan untuk tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar Rp 8.000 untuk parkir motor, Rp 8.000 untuk parkir mobil, dan Rp 4.000 untuk tiket masuk.

 

Tempat-tempat Berbelanja di Surabaya
 

Surabaya menyediakan banyak ragam untuk kebutuhan berbelanja, mulai dari pasar grosir sampai mall mewah. Mega Grosir Surabaya ITC, Pasar Turi, Pusat Grosir Surabaya merupakan tempat berbelanja hemat. Ada cukup banyak mall-mall yang menjadi tempat tujuan favorit warga Surabaya untuk berakhir pekan seperti Surabaya Town Square (SUTOS), Tunjungan Plaza (TP), Galaxy Mall, dan Central Point Mall. Tentunya dilengkapi dengan perbelanjaan mewah seperti Grand City Surabaya dan Lenmarc. Jadi selain wisata kuliner, Anda juga bisa shopping di banyak tempat di Kota Surabaya.

 

Tempat-tempat Menarik lainnya di Surabaya

Anda yang ingin memanjakan diri bisa mengunjungi Martha Tilaar Spa yang berada di dalam Hotel Majapahit, di Jalan Tunjungan no 65. Anda bisa memilih berbacai macam perawatan yang ditawarkan dengan harga yang beragam. Untuk Anda yang sedang membawa anak-anak pada liburan sekolah dan pencinta hewan, mungkin Anda ingin mengunjungi Kebun Binatang Surabaya yang sebenarnya mempunyai koleksi satwa yang beragam. Namun disayangkan, belakangan ini, ramai terdengar kabar bahwa Kebun Binatang Surabaya merupakan kebun binatang paling kejam di dunia. Salah satu contohnya, seorang turis dari Australia pernah melihat seekor gajah yang tiga dari empat kakinya dirantai sehingga tidak memungkinkan si gajah untuk bergerak bebas. Meningkatnya tingkat kematian hewan di kebun binatang ini meningkatan kekhawatiran warga setempat dan Indonesia umumnya. Namun, beberapa orang yang berwenang telah mencoba memperbaiki keadaan Kebun Binatang Surabaya yang diharapkan akan menjadi jauh lebih baik dari sekarang. Para pencinta bola bisa juga menyaksikan tim kesebelasan Surabaya, Persebaya bertanding di Stadium Gelora 10 November yang terletak di Jalan Tambak Sari, dan pastikan Anda datang dengan baju hijau.

 

Banyaknya aktivitas yang bisa anda lakukan di Surabaya menjadikannya salah satu tempat wisata favorit di Indonesia. Selain untuk wisata, Surabaya juga sering dikunjungi untuk kepentingan bisnis. Surabaya juga menawarkan lapangan golf tingkat satu seperti Taman Dayu Golf Club & Resort dan Finna Golf & Country Club. Apapun tujuan Anda datang ke ibu kota Jawa Timur ini, Anda bisa merencanakan kepergian Anda dengan menggunakan Skyscanner untuk mendapatkan tiket penerbangan dengan harga paling ekonomis dari seluruh maskapai. Lebih dari itu, jika Anda tidak mempunyai waktu yang tetap, Anda bisa memilih opsi 'waktu fleksibel' dan kemungkinan Anda mendapatkan harga yang lebih murah untuk terbang ke Surabaya akan lebih tinggi.

 

    lainnya

    Penerbangan termurah ke Juanda Surabaya dari...

    I Suramadu

    Menikmati pemandangan senja di sekitar jembatan Suramadu? Mengapa tidak? Jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura ini dihiasi lampu yang gemerlap di malam hari.

    Surabaya, Indonesia

    harga mulai dari Rp 641.640 pulang-pergi

     Tawaran Juanda Surabaya

    Hotel di Surabaya

    Sewa mobil di Juanda Surabaya

    Foto oleh Flickr/satujamsaja