Cari

berangkat

Pejalan

Kelas Kabin

  • Pemeriksaan harga (jendela baru)
diving-raja-ampat-terbang-ke-sorong-papua

Penerbangan murah ke Sorong

Wisata Seru ke Raja Ampat, Sorong, Papua Barat

Sorong adalah sebuah kota yang terletak di Indonesia bagian timur, tepatnya di propinsi Papua Barat. Salah satu yang membuat Kota Sorong terkenal adalah fungsi dari kota ini sebagai penghubung ke salah satu lokasi wisata terkenal di Indonesia dan mancanegara, yaitu Kepulauan Raja Ampat yang dikenal sebagai tempat ekspedisi bawah laut terbaik di dunia. Kepulauan ini memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang sudah tidak asing lagi bagi para turis, khususnya para pecinta aktivitas menyelam. Sebagai kota yang juga merupakan kota industri, perdagangan, dan jasa maka Kota Sorong merupakan salah satu kota yang paling berkembang di Papua. Fasilitas yang terdapat di kota ini termasuk cukup memadai, mulai dari fasilitas kesehatan, pendidikan, hingga wisata seperti terdapatnya sejumlah hotel berbintang di kota ini. Apabila dibandingkan dengan kota lain di Papua, Kota Sorong termasuk kota yang relatif aman. Pencarian tiket penerbangan ke Sorong merupakan pencarian populer untuk Papua di situs Skyscanner Indonesia. 

 

Penerbangan ke Sorong

Bandar Udara di Sorong, Papua Barat bernama Bandar Udara Dominique Edward Osok dan dikenal juga dengan nama Bandar Udara Sorong. Di daerah Semenanjung Kepala Burung, bandar udara ini termasuk yang terbesar dan tersibuk. Sejauh ini bandara ini masih baru melayani beberapa penerbangan domestik, seperti rute penerbangan Jakarta-Sorong, Bali-Sorong, Makassar-Sorong, Manado-Sorong, Jayapura-Sorong, dan Ambon-Sorong. Maskapai-maskapai penerbangan yang melayani rute itu di antaranya adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Wings AirExpress Air, dan Merpati. Salah satu cara mencari tiket penerbangan murah ke Sorong adalah dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh situs pencarian travel Skyscanner Indonesia. Para calon wisatawan dapat dengan mudah dan cepat mencari tiket penerbangan ke Sorong yang sesuai dan segera merealisasikan mimpi untuk menyelam di Taman Laut Raja Ampat.

 

Wisata Alam di Sorong

Kota Sorong memiliki sejumlah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu obyek wisata yang terkenal di Sorong adalah Taman Rekreasi Pantai Tanjung Kasuari yang terletak sekitar 7 km dari Kota Sorong. Taman rekreasi ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat pada akhir pekan. Alasannya tidak lain karena pantai ini memiliki pasir putih dan bersih serta air biru yang jernih. Kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini di antaranya adalah berjemur, berenang, berkemah dan membakar ikan. Selain Pantai Tanjung Kasuari, obyek wisata lainnya di Sorong adalah tiga pulau yang terletak tidak jauh dari Kota Sorong dan masih termasuk di Distrik Sorong Kepulauan. Ketiga pulau itu adalah Pulau Raam, Pulau Soop, dan Pulau Doom. Para wisatawan dapat mengunjungi ketiga pulau ini dengan menyewa sebuah perahu dari Pelabuhan Sorong atau dari Pantai Tanjung Kasuari. Di ketiga pulau ini, para wisatawan akan dapat menikmati keindahan alam, berupa pantai dengan pasir yang putih dan bersih, air laut yang biru, serta karang yang indah, berenang, menyelam di bawah laut Pulau Raam, memancing, serta melakukan wisata sejarah berupa melihat tata kota khas Belanda seperti Kantor Hoofd van Plaatselijk Bestuur, penjara Doom, rumah kesenangan, dan Gereja Kristen Orange yang terletak di Pulau Doom. Ketiga pulau ini juga cukup mudah untuk ditelusuri, misalnya para wisatawan dapat berkeliling di Pulau Doom dengan menggunakan becak atau berkeliling di Pulau Soop dengan berjalan kaki sekitar satu jam. Pulau lain yang juga merupakan salah satu tujuan wisata di Sorong adalah Pulau Dofior. Dari segi ukuran, pulau ini lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Raam, Pulau Soop, dan Pulau Doom. Di pulau ini terdapat “Tugu Selamat Datang di Kota Sorong” dan di sekeliling pulau telah dibangun sejumlah lampu mercusuar. Para wisatawan dapat melakukan sejumlah kegiatan di pulau ini, seperti menikmati pemandangan laut dari tugu, melihat keindahan pemandangan matahari terbenam, menyelam, serta berenang dan bermain dengan lumba-lumba! Banyaknya wisata alam yang tidak dimiliki di tempat lain menjadikan Raja Ampat tempat yang tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta alam. Segera pesan tiket pesawat termurah ke Sorong dengan Skyscanner.

 

Wisata Sejarah di Kota Sorong

Keindahan alam dari Kota Sorong dan pulau-pulau di sekitarnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Wisata alam tentu merupakan wisata menarik dan wajib dilakukan. Namun, Kota Sorong juga menyimpan sejumlah kekayaan sejarah dan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu obyek wisata budaya dan sejarah yang dapat dikunjungi adalah monumen perang Tugu Arfak. Monumen ini terletak di atas bukit. Monumen ini didedikasikan bagi para tentara Jepang yang gugur selama Perang Dunia Kedua setelah pesawat Amerika melepas bom di atas bandara Pulau Jefman. Peninggalan sejarah lainnya yang dapat dijumpai di Kota Sorong berupa bekas perusahaan minyak milik belanda Heritage Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) yang pertama kali beroperasi pada tahun 1935. Beberapa peninggalan dari perusahaan ini yang dapat dilihat di Kota Sorong di antaranya adalah Road Weg Diens yang saat ini menjadi kantor dinas pekerjaan umum Kabupaten Sorong dan Magaseir yaitu salah satu gudang bekas perusahaan itu.

 

Keindahan Kepulauan Raja Ampat

Tujuan wisata utama di Sorong tentunya adalah berwisata ke Kepulauan Raja Ampat atau Empat Raja. Kepulauan ini terdiri atas empat pulau utama, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Konon nama ini ini berasal dari sebuah mitos lokal. Kepulauan Raja Ampat sudah sangat terkenal baik di dalam maupun di luar negeri. Kepulauan ini memiliki air laut yang jernih, pasir yang putih, dan tentunya wisata bawah laut yang sangat indah dan kaya. Di sini merupakan habitat dari ratusan jenis karang dan moluska, serta lebih kurang 1500 jenis ikan! Selama menyelam, para wisatawan dapat dengan mudah berjumpa dengan kuda laut, ikan tuna, giant trevalies, snapper, ikan dugong, dan mungkin juga dengan penyu laut. Selain itu di daerah ini juga terdapat fauna lainnya seperti cenderawasih botak dan cenderawasih merah, serta jenis flora seperti anggrek dan palem. Cendrawasih tentunya menjadi ciri khas Indonesia yang sangat dibanggakan. Bisa dilihat pada artikel ini, beberapa jenis burung cendrawasih yang dapat dilihat keindahannya dengan sekejap mata. Para wisatawan juga dapat menemukan air terjun dan gua kuno. Salah satu lokasi wisata yang menarik di Kepulauan Raja Ampat adalah Kepulauan Wayag. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dataran dan bawah laut yang indah, menyelam, dan berenang. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari Daratan Waigeo. Lokasi wisata lainnya adalah Desa Wisata Arborek yang terletak di Meos Mansar di Kabupaten Raja Ampat. Di tempat ini selain para pengunjung dapat melakukan kegiatan menyelam, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan para penduduk setempat dan terlibat di dalam aktivitas keseharian mereka seperti Bameti yaitu kegiatan berburu teripang di tepi laut atau menghasilkan kerajinan tangan, seperti tas bertali-tali atau Noken yang hanya boleh dibuat oleh wanita karena melambangkan rahim wanita. Kegiatan wisata yang juga dapat dilakukan selama berada di daerah Raja Ampat adalah berkunjung ke Desa Sawinggrai yang terkenal sebagai salah satu habitat dari burung Cenderawasih. Para wisawatawan dapat melihat tarian burung Cenderawasih di pagi dan sore hari dan juga memberi makan kepada ikan. Setelah Anda mendapatkan tiket penerbangan paling ekonomis ke Sorong dari Sksycanner, tentunya Anda bisa menikmati semua keindahan alam Raja Ampat dengan lebih puas. Harga untuk mengunjungi Raja Ampat semakin mahal setiap harinya karena semakin popularnya tempat ini. Namun, dengan bantuan Skyscanner, Anda bisa tetap mendapatkan harga tiket pesawat termurah dari yang semua maskapai tawarkan.

 

Wisata Kuliner di Sorong

Saat ini jenis makanan yang tersedia Kota Sorong sudah cukup beragam. Para wisatawan dapat dengan cukup mudah menemukan berbagai makanan khas padang, jawa, hingga eropa di kota ini. Salah satu tempat wisata kuliner yang terkenal di kota ini terletak di kawasan tepi laut di sepanjang Jl. Yos Sudarso. Tepi laut ini memiliki tembok pembatas yang disebut oleh warga setempat sebagai “Tembok Sorong”. Di malam hari, para wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan yang sebagian besar berupa hidangan laut seperti ikan bakar, cumi, udang, dan kepiting di berbagai warung tenda di sekitar tembok. Bumbu yang digunakan tergolong biasa, seperti kecap, akan tetapi kesegaran dari bahan yang digunakan menghasilkan hidangan dengan cita rasa yang luar biasa. Para wisatawan juga dapat menikmati berbagai hidangan khas dari Makassar seperti coto makassar, es pisang ijo, dan pisang epe.

 

Oleh-Oleh Khas Sorong

Sorong memiliki berbagai oleh-oleh khas dan menarik untuk diberikan ke kerabat di kampung halaman. Saat berwisata ke Kepulauan Raja Ampat atau tepatnya ke Desa Arborek, para wisatawan dapat membeli Noken atau tas bertali-tali, Saly yang merupakan rok yang terbuat dari serat kayu atau pohon pisang, mangkuk tradisional dengan ukiran tangan, serta pisau belati yang terbuat dari tulang burung Kasuari. Oleh-oleh lainnya yang dapat dibeli di Kota Sorong adalah patung suku Asmat, kain tradisional, suling, dan tambur. Salah satu toko yang menyediakan barang khas Papua adalah di Toko Irian jaya Art dan Souvenir di Jl. Ahmad Yani. Selain itu oleh-oleh yang juga khas Kota Sorong adalah roti abon gulung, yaitu roti berukuran besar (lebih kurang berdiameter 10 cm) dengan abon di dalamnya. Abon ini pun memiliki banyak rasa, mulai dari ayam, sapi, hingga cokelat. Salah satu tempat yang menyediakan roti ini adalah Toko Roti Billy Bakery di Jl. Ahmad Yani.  Batik Papua juga dapat menjadi oleh-oleh menarik dari perjalanan wisata ke kota ini. Batik Papua memiliki motif burung cenderwasih dan tersedia dalam berbagai warna. Salah satu tempat yang menjual batik ini adalah di Toko Aneka Batik Papua yang terketak di Jl. Samratulangi no 89. Buruan lakukan pencarian penerbangan ke Sorong sekarang pakai Skyscanner Indonesia buat mendapatkan harga yang terbaik. 

 

lainnya

Penerbangan termurah ke Sorong dari...

 Terpopuler di Skyscanner

harga mulai dari Rp 839.111 pulang-pergi

Foto oleh Shutterstock

tutup

Masuk atau mendaftar

Masuk sebagai

Info Harga Pengaturan Akun Keluar