Cari

berangkat

Pejalan

Kelas Kabin

Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia

Penerbangan murah ke Pontianak

Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat

Kota Pontianak dilalui oleh salah satu sungai terbesar di dunia, yaitu sungai Kapuas. Selain terletak di Pulau Kalimantan, kota ini juga terletak hampir tepat di garis khatulistiwa sehingga Pontianak juga dikenal dengan sebutan Kota Khatulistiwa. Terdapat berbagai suku yang tinggal di daerah ini, di antaranya adalah suku Dayak (merupakan suku asli), Jawa, Bugis, Ambon, Papua, Minang, Bali, Madura, dan Tionghoa. Selain itu, Pontianak juga berbatasan dengan negara Malaysia dan Brunei. Pontianak memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. Hal ini menjadikan kota Pontianak sebagai salah satu pilihan kota wisata di Indonesia. Namun tentunya, jika kita mengasosiasikan kota Pontianak, kata 'khatulistiwa' akan segera datang ke pikiran kita dikarenakan adanya asosiasi yang kuat yang kita sudah tau sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Maka dari itu, Kota Pontianak merupakan tujuan wisata yang digemari untuk membawa anak-anak melihat langsung 'keajaiban' Kota Khatulistiwa. Untuk mendekatkan Anda dengan Kota Pontianak, lakukan pencarian tiket penerbangan harga ekonomis dengan Skyscanner.

 

Cari Tiket Pesawat Termurah ke Pontianak

Kota Pontianak memiliki sebuah bandara internasional Pontianak yang bernama Bandar Udara Supadio. Dahulu, Bandara ini sempat dikenal dengan nama Bandar Udara Sungai Durian. Dan pada tahun 2006, nama Bandara Supadio direncanakan akan diganti menjadi Bandara Internasional Sultan Hamid II, tetapi rencana ini dibatalkan. Bandara ini terletak sekitar 17 km dari kota Pontianak. Terdapat sejumlah maskapai yang melayani penerbangan ke Pontianak, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Malaysia Airlines, dan Trigana Air. Rute pernerbangan dari dan ke Pontianak juga beragam, misalnya Jakarta-Pontianak, Yogyakarta-Pontianak, Banjarmasin-Pontianak, Ketapang-Pontianak, Kuching-Pontianak, dan Kota Kinabalu-Pontianak. Banyaknya pillihan maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Pontianak memudahkan para calon wisatawan untuk mencari tiket penerbangan murah ke Pontianak. Pencarian tiket pesawat murah ke Pontianak juga menjadi kegiatan yang semakin mudah, praktis, dan cepat dengan menggunakan fasilitas dari Skyscanner.

 

Keindahan Wisata Alam di Pontianak

Setibanya di kota Pontianak, wisata alam yang dapat langsung dinikmati adalah wisata menyusuri Sungai Kapuas. Para wisatawan dapat menaiki kapal yang sudah tersedia di depan kantor gubernur di Taman Alun Kapuas atau di Jl. Rahadi Usman. Aktivitas ini cocok dilakukan menjelang matahari terbenam. Wisatawan pun akan diajak “berpindah” dari sisi selatan ke sisi utara bumi. Tempat wisata alam lainnya banyak terdapat di daerah di sekitar Pontianak. Salah satu tempat wisata yang menakjubkan adalah Taman Nasional Danau Sentarum. Taman ini terletak di jantung Pulau Kalimantan atau tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat dari Pontianak dan memakan waktu sekitar 11 jam atau pesawat terbang dari Pontianak ke Putussibau selama 1 jam lalu dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan perahu ke Nanga Suhaid selama 6 jam. Perjalanan yang panjang ke lokasi Taman Nasional Danau Sentarum sebanding dengan keindahan yang akan pengunjung dapatkan setibanya di sana. Pada musim hujan Danau Sentarum akan penuh oleh air sedangkan pada musim kemarau Danau Sentarum berubah menjadi lapangan kering. Taman nasional ini menjadi habitat dari ratusan jenis ikan tawar, spesies tanaman, mamalia, burung, ikan, serta anggrek alam. Selain itu pengunjung yang beruntung juga dapat melihat beruang madu dan elang kepala putih. Sudah banyak turis mancanegara yang berdatangan, sebagai turis lokal jangan mau ketinggalan dan segera cari tiket pesawat termurah ke Pontianak dengan Skyscanner, terutama bagi Anda yang mencari lokasi wisata alam. Taman Nasional Danau Sentarum akan lebih seru dikunjungi jika bersama teman-teman pada saat liburan sekolah tiba.

 

Daerah Singkawang yang terletak tidak jauh dari kota Pontianak juga menawarkan sejumlah pilihan tempat wisata pantai yang indah. Wisatawan dapat berangkat dari kota Pontianak dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Salah satu pantai yang ramai oleh pengunjung adalah Pasir Panjang atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Ngurbloat. Terdapat berbagai pilihan aktivitas yang dapat pengunjung lakukan, mulai dari berenang hingga berselancar. Tidak jauh dari pantai Pasir Panjang (sekitar 2 jam dengan menggunakan speed boat)terdapat Pulau Randayan. Pulau ini terkenal dengan batu-batu karangnya dan kehidupan lautnya. Pengunjung dapat bersantai di villa-villa yang ada di pulau ini. Sinka Island Park kini juga menjadi salah satu tujuan wisata di Singkawang. Di tempat ini, anak-anak juga dapat menghabiskan waktu yang menyenangkan di Kebun Binatang - Sinka Zoo. Selain itu, para wisatawan juga dapat mengelilingi gunung Bajau dengan menggunakan mobil khusus untuk wisatawan.

 

Wisata Budaya di Pontianak

Sebutan Kota Pontianak sebagai Kota Khatulistiwa tentu mewajibkan para wisatawan untuk berkunjung ke Tugu Khatulistiwa. Tempat ini pun menjadi salah satu tempat wisata populer di kota Pontianak. Tugu ini terletak di Jl. Khatulistiwa, Pontianak Utara. Tugu Khatulistiwa semakin ramai oleh wisatawan domestik dan mancanegara pada saat terjadi peristiwa titik kulminasi matahari. Peristiwa yang terjadi dua kali di dalam satu tahun adalah sebuah fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa sehingga menghilangkan bayangan benda-benda di permukaan bumi, dalam hal ini bayangan tugu dan benda-benda di sekitar tugu. Tempat wisata lain yang tidak kalah menarik adalah Museum Dara Juanti Sintang. Dahulu museum ini merupakan Istana Al Mukarramah, yaitu salah satu peninggalan peradaban Sintang. Museum ini terletak di Kelurahan Kapuas Kiri Hilir dan tidak jauh dari pusat kota. Selain Museum Dara Juanti Sintang, Istana Kesultanan (Keraton) Kadriah Pontianak juga menjadi tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Pontianak. Istana ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kadariah dan memiliki gaya arsitektur Melayu. Tidak jauh dari istana ini terdapat sebuah masjid. Menurut cerita, Syarif Abdurachman Alkadri pernah menembakkan sebuah meriam untuk melawan setan perempuan yang dikenal sebagai “pontianak”. Tempat berdirinya istana adalah tempat dimana meriam itu mendarat dan pendirian masjid dilakukan sebagai bentuk doa terhadap peristiwa itu. Perjalanan wisata budaya di Pontianak tidak akan lengkap apabila wisatawan belum berkunjung ke Rumah Panjang atau Rumah Betang. Rumah ini adalah rumah khas suku Dayak dan memiliki keunikan aritektur yang dapat dilihat dari gaya tangga rumah dan ornamen-ornamen di dalamnya. Para wisatawan juga dapat melakukan perjalanan wisata budaya yang menarik ke Singkawang. Singkawang memiliki sebutan “Kota Seribu Kelenteng” dan memang kota ini kental dengan kebudayaan Cina, ajaran Buddha serta ajaran Kong Hu Cu.

 

Kelezatan Wisata Kuliner Pontianak

Pontianak merupakan salah satu surga kuliner di Indonesia! Oleh karenanya wisata kuliner di Pontianak adalah agenda wajib bagi wisatawan. Bubur pedas merupakan salah satu makanan khas Pontianak. Tidak seperti bubur pada umumnya, bubur ini menggunakan berbagai jenis sayuran dan rempah-rempah tradisisional, seperti kencur, lengkuas, dan daun pakis. Oleh karena itu, bubur pedas ini tidak boleh sampai terlewatkan saat berkunjung ke Pontianak. Makanan khas lainnya dari Pontianak adalah Lek Tau San. Lek Tau San adalah makanan berkuah. Makanan dari kacang hijau ini dimasak dengan kuah kental bening, gula, dan pandan lalu dihidangkan dengan gorengan Ca Kwee. Pengunjung dapat menemukan Bubur Pedas dan Lek Tau San di sepanjang Jl. Gajahmada. Cai Kwe adalah kue basah yang terbuat dari beras dan tapioka yang digiling lalu docampur sehingga membentuk adoanan kulit. Cai Kwe dapat berisi kucai, daging ayam, udang, dan juga bengkoang. Cai Kwe biasanya dinikamti dengan kecap dan sambal. Aktivitas menikmati segelas kopi juga merupakan aktivitas sehari-hari dari masyarakat Pontianak. Salah satu tempat yang menyajikan kopi lezat adalah Warung Kopi Winny. Warung kopi ini meskipun sederhana tetapi ramai oleh pengunjung. Pengunjung akan dapat menikmati segelas kopi dengan hidangan sampingan berupa pisang goreng da bakwan. Warung ini sendiri terletak di Coffee Street Area di Jl. Gajah Mada. Jajanan lainnya yang biasa ramai oleh pengunjung adalah Es Krim Petrus. Sesuai dengan namanya, tempat ini terletak di depan SMA Petrus Pontianak. Kedai es krim ini menyajikan pilihan rasa yang beragam, mulai dari vanila hingga nangka. Hal yang unik dari es krim ini adalah disajikan di dalam batok kelapa. Selain di kota Pontianak, kota Singkawang yang terletak tidak jauh dari Pontianak juga menjadi tempat yang seru untuk berburu makanan, khususnya di distrik makanan di Jl. Setiabudhi. Makanan-makanan yang khas dan lezat yang dapat dijumpai disini di antaranya adalah bubur tahu, chai pow phan, rujak tionghoa, dan juga minuman liang teh.

 

Oleh-oleh Khas dari Pontianak

Kota Pontianak terkenal salah satunya dengan olahan aloe vera atau lidah buaya yang melimpah dan beragam. Terdapat banyak sekali pilihan makanan ringan yang terbuat dari aloe vera, mulai dari dodol, teh, kerupuk, kerupuk panggang, jelly, minuman, hingga cokelat! Makanan-makanan ringan ini menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat bagi keluarga dan teman di rumah. Selain makanan olahan aloe vera, Pontianak juga memiliki makanan ringan lainnya yang khas, seperti dodol durian dan stik keladi atau talas. Stik talas ini memiliki pilihan rasa yang beragam, seperti balado, keju, dan ayam bawang. Selain oleh-oleh berupa makanan, para wisatawan juga dapat membawa oleh-oleh berupa gantungan kunci dan kas dengan tema Tugu Khatulistiwa.  Anda penasaran dengan rasa makanan olahan lidah buaya? Ayo, jadikan Pontianak sebagai kota pilihan Anda, kota ekonomis yang cocok dijadikan tempat wisata kuliner juga. Tentunya, langkah awal adalah dengan membeli tiket pesawat hemat dengan Skyscanner. Batik juga dapat menjadi pihan oleh-oleh. Motif batik khas dari Kalimantan Barat adalah motif insang. Oleh-oleh khas Pontianak ini dapat dibeli salah satunya di Pusat Souvenir Pontianak yang terletak di Jl. Pattimura.

 

 

    lainnya

    Penerbangan termurah ke Pontianak dari...

     Tawaran Pontianak

    Hotel di Pontianak

     Terpopuler di Skyscanner

    harga mulai dari Rp 807.203 pulang-pergi

    Foto oleh Flickr/Aditya Rakhman

    tutup