Cari

berangkat

Pejalan

Kelas Kabin

  • Pemeriksaan harga (jendela baru)
Jembatan Ampera, Palembang, Indonesia

Penerbangan murah ke Palembang

Palembang

Kota Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatra di Indonesia dan merupakan ibu kota dari provinsi Sumatra Selatan. Menurut sejarah, Kota Palembang pernah mendapat julukan sebagai Venice of the East oleh dunia Barat. Julukan ini tidak terlepas dari keberadaan Sungai Musi, yaitu sebuah sungai besar yang melintasi kota ini. Sejak tahun 2005, Palembang telah dicanangkan sebagai “Kota Wisata Air” oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Selain terkenal oleh wisata airnya, Palembang juga menawarkan berbagai pilihan wisata lainnya, seperti wisata budaya ke Benteng Kuto Besak dan wisata alam ke Hutan Wisata Punti Kayu. Berwisata ke Palembang tidak akan lengkap apabila belum menyantap pempek. Meskipun, pempek merupakan salah satu makanan daerah yang sudah dapat dengan mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, akan tetapi makanan ini akan memiliki cita rasa paling khas tentunya apabila disantap di kota asalnya, yaitu Palembang!

 

Penerbangan Murah ke Palembang

Palembang merupakan salah satu tujuan wisata menarik di Pulau Sumatra. Berwisata ke kota ini pun telah dipermudah oleh keberadaan bandar udaranya yang bernama Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Bandara ini melayani penerbangan domestik dari dan ke Palembang, seperti Palembang – Jakarta, Palembang – Batam, Palembang – Yogyakarta, dan Palembang – Pangkal Pinang. Selain itu, bandara ini juga melayani penerbangan internasional dari dan ke Palembang, seperti Palembang – Singapore dan Palembang – Kuala Lumpur. Terdapat sejumlah maskapai yang melayani rute penerbangan ini, di antaranya adalah Garuda Indonesia,Indonesia AirAsia,Citilink, dan Tigerair Mandala. Oleh karena banyaknya pilihan maskapai penerbangan, maka bepergian ke Palembang dengan menggunakan tiket penerbangan murah pun tidak lagi menjadi masalah. Pencarian tiket penerbangan murah ke Palembang dapat dilakukan dengan menggunakan layanan pencarian tiket murah yang disediakan oleh Skyscanner. Penggunaan Skyscanner juga sangatlah mudah dan cepat sehingga tidak perlu lagi pusing untuk mencari tiket pesawat murah.

 

Wisata Sungai Musi dan Sekitarnya

Salah satu kekhasan dari Kota Palembang adalah keberadaan Sungai Musi, yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra. Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi dua yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Kedua belahan ini dihubungkan oleh Jembatan Ampera. Jembatan dengan panjang 1.177 m ini merupakan icon dari kota Palembang. Oleh karenanya tidak heran apabila Sungai Musi itu sendiri beserta dengan Jembatan Ampera menjadi salah satu tujuan wisata favorit di kota Palembang. Para wisatawan dapat berwisata di Sungai Musi dengan menggunakan perahu dan menyaksikan sejumlah objek wisata yang berada di sepanjang Sungai Musi serta rumah-rumah apung yang berada di sungai ini. Jembatan Ampera sendiri terlihat semakin indah apabila dilihat pada malam hari. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan hiasan lampu-lampu di sepanjang Jembatan Ampera dari pinggiran Sungai Musi sambil menikmati beragam jajanan khas Palembang di Pasar Kuliner. Wisatawan dapat menunggu waktu terbenamnya matahari dengan berkunjung terlebih dahulu ke Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Pulau ini mendapat nama “Kemaro” atau “Kemarau” karena walaupun air pasang besar namun pulau ini tidak akan kebanjiran. Berkunjung ke Pulau Kemaro terasa seperti berkunjung ke salah satu daerah di Cina karena banyaknya ornamen Tionghoa dan pagoda berlantai sembilan yang indah di pulau ini. Khususnya pada perayaan Cap Go Meh, pulau ini ramai oleh pengunjung yang khusus datang ke kelenteng. Kisah cinta tragis yang terkait dengan keberadaan pulau ini pun menjadi salah satu daya tarik dari Pulau Kemaro. Kisah cinta ini merupakan kisah antara seorang pemuda keturunan tionghoa bernama Tan Bu Ann yang jatuh cinta kepada putri raja yang bernama Siti Fatimah. Konon saat mereka sedang berada di perahu di Sungai Musi, Tan Bu Ann menyelam untuk mencari guci berisi emas pemberian dari orangtuanya yang ia buang karena ia berpikir guci itu hanya berisi sayur. Akan tetapi ia tidak kembali ke permukaan dan Siti Fatimah pun memutuskan untuk ikut menyusul Tan Bu Ann. Baik Tan Bu Ann maupun Siti Fatimah tidak pernah terlihat kembali dan di lokasi kejadian itu justru muncullah sebuah pulau.

 

Wisata Budaya dan Religi di Palembang

Kota Palembang memiliki peran penting dalam sejarah, baik itu pada masa Kerajaan Sriwijaya maupun penjajahan Bangsa Belanda. Oleh karenanya kota ini kaya akan warisan budaya dan sejarah.  Hal ini terbukti dari banyaknya objek-objek wisata yang dapat dinikmati di Palembang. Salah satunya adalah Benteng Kuto Besak yang terletak di tepi sungai Musi dan merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Di samping itu terdapat juga Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Taman ini juga berlokasi di tepian Sungai Musi, tepatnya di Karanganyar. Para wisatawan yang tertarik dengan sejarah Kerajaan Sriwijaya juga dapat berkunjung ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang berada di Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II no 2. Museum ini menyimpan berbagai benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya sampai Kesultanan Palembang. Selain itu, wisatawan juga dapat berkunjung ke Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang yang merupakan masjid terbesar di Sumatra Selatan dan terletak di dekat Jembatan Ampera. Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang memadukan antara gaya Indonesia, Cina, dan Eropa.

 

Wisata Bersama dengan Keluarga di Palembang

Kota Palembang merupakan kota yang cocok sebagai tempat wisata keluarga. Terdapat sejumlah tempat wisata yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Misalnya, Kambang Iwak Family Park yang merupakan sebuah danau wisata di tengah Kota Palembang dan berada tepatnya di Jl. Tasik Bukit Kecil. Di sekitar danau terdapat berbagai arena rekreasi keluarga. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan pemandangan air mancur di malam hari. Selain itu, pilihan tempat wisata lainnya adalah Fantasy Island yang berada di Jl. Sriwijaya km 13, Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati. Fantasy Island memiliki berbagai wahana dan salah satu yang menjadi favorit adalah kolam arus dan papan seluncur. Bagi keluarga yang ingin mencari tempat wisata yang unik dapat berkunjung ke Hutan Wisata Punti Kayu. Hutan ini terletak sekitar 7 km dari pusat kota atau tepatnya di Jl. Kolonel Barlian. Tempat ini merupakan habitat dari monyet-monyet lokal. Selain berjumpa dengan monyet-monyet, anak-anak juga dapat menaiki gajah, melihat kebun binatang mini, dan lain-lain.

 

Wisata Kuliner di Palembang

Palembang memiliki beragam jenis makanan yang telah terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karenanya wisata kuliner di kota ini tentulah menjadi wisata yang wajib. Salah satu makanan favorit orang Indonesia dan berasal dari Palembang adalah pempek. Pempek adalah makanan berbahan dasar ikan dan sagu. Terdapat banyak jenis pempek, seperti pempek kapal selam yaitu pempek dengan potongan telur rebus di dalamnya, pempek keriting, pempek adaan dengan pepaya di dalamnya, pempek kulit, dan masih banyak lagi. Pempek paling nikmat apabila disantap bersama-sama dengan saus cuka. Salah satu tempat yang menjadi lokasi favorit untuk menyantap pempek adalah di Pempek Saga Sudi Mampir yang terletak di Jl. Merdeka di depan kantor walikota. Selain pempek, makanan khas lainnya adalah tekwan. Tekwan juga berbahan dasar ikan dan sagu yang lalu dibentuk kecil-kecil menyerupai bakso dan ditambahkan kuah kaldu, soun, dan jamur kuping. Mie celor juga menjadi salah satu makanan favorit di Palembang. Mie celor menggunakan mie kuning dan disiram dengan kuah kental kaldu udang serta daging udang. Tempat Makan Mie Celor 26 Ilir, yang beralamat di Jl. K.H. Ahmad Dahlan no. 2, menjadi salah satu tempat favorit untuk makan mie celor. Tampaknya ikan memang menjadi salah satu bahan makanan khas Palembang karena masakan khas Palembang lainnya adalah pindang patin. Pindang patin terbuat dari daging ikan patin, direbus dengan bumbu pedas, dan ditambah irisan buah nanas. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan segar. Salah satu tempat makan yang menyajikan masakan ini adalah Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia  dan Pondol Pindang Meranjat Jakabaring yang keduanya berlokasi di Jl. Gubernur H.A. Bastari. Skyscanner dengan pencarian tiket pesawat termurah ke Palembang akan menjadikan anda selangkah lebih dekat dengan pempek dan makanan khas lainnya.

 

Wisata Belanja di Palembang

Kota Palembang memiliki sejumlah pusat perbelanjaan, mulai dari yang tradisional hingga modern. Salah satu pusat perbelanjaan tradisional yang ramai oleh pengunjung adalah Pasar 16 Ilir. Pasar ini terletak di samping Jembatan Ampera. Di pasar ini, pengunjung dapat melihat dan membeli beragam pilihan tekstil, songket, batik, dan lain-lain. Selain itu, pengunjung yang berminat untuk berbelanja songket khas Palembang dapat pergi ke Pasar Kito yang terletak di Kawasan Ilir Barat Permai. Di pasar ini banyak terdapat pedagang kain songket, tajung, dan beraneka ragam kerajinan tangan dari kain songket seperti dompet. Sedangkan pusat perbelanjaan yang lebih modern salah satunya adalah Palembang Square yang terletak di Jl. Letkol Iskandar 18. Terdapat sejumlah tenant ternama, seperti Ace Hardware, Giordano, J-Co Donuts, dan lain-lain. 

 

Oleh-oleh Khas Palembang

Para wisatawan yang berkunjung ke Palembang tidak perlu bingung untuk mencari oleh-oleh khas Palembang. Palembang memiliki sejumlah pilihan oleh-oleh yang menarik, mulai dari tekstil hingga makanan. Misalnya kain songket yang merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Para pengrajin masih menenun kain ini secara manual hingga saat ini. Biasanya kain-kain tenun ini memiliki warna utama merah dan emas. Harganya bervariasi dan bergantung pada jenis material yang digunakan. Selain kain songket, wisatawan juga dapat membawa pulang oleh-oleh berupa batik Palembang. Apabila dibandingkan dengan batik dari daerah lain di Indonesia, warna-warna terang lebih mendominasi batik Palembang ini sehingga memberikan kesan yang lebih ceria. Kain songket dan batik dapat ditemukan di berbagai tempat di Palembang, salah satunya di Pasar Kito dan di Kawasan Tangga Buntung. Para wisatawan juga dapat membawa oleh-oleh berupa kaus dan gantungan kunci bernuansa Palembang. Salah satu toko yang menyediakan adalah di Outlet Nyenyes Palembang di Jl. Jenderal Sudirman no 1080. Di samping pilihan oleh-oleh itu, makanan juga dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas Palembang. Salah satu makanan ringan yang menjadi pilihan oleh-oleh favorit adalah Kemplang. Kemplang memiliki bahan dasar pempek lenjer, akan tetapi diolah dengan cara diiris, dijemur hingga kering, lalu digoreng sampai mengembang. Pempek juga dapat menjadi oleh-oleh bagi keluarga dan teman. Salah satu tempat yang ramai untuk membeli pempek adalah di Pempek Candy yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman no 21. Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan tiket penerbangan paling ekonomis ke Palembang dengan Skyscanner.

lainnya

Penerbangan termurah ke Palembang dari...

 Tawaran Palembang

Hotel di Palembang

 Terpopuler di Skyscanner

harga mulai dari Rp 284.934 pulang-pergi

Foto oleh flickr/kaffah4829

Jika Anda yakin ada informasi pada halaman ini yang tidak tepat, mohon hubungi Skyscanner.

tutup

Masuk atau mendaftar

Masuk sebagai

Info Harga Pengaturan Akun Keluar