Cari penerbangan

Jenis pulang-pergi

Penerbangan ke Pakistan

Pakistan

 

Hidup di wilayah yang sulit dan berbatasan dengan Afganistan, Iran, dan India, menjadikan Pakistan sebagai negara yang terlihat “mengerikan” juga dari luar. Ketika orang-orang mulai ramai memperbincangkan keindahan Pakistan, berita-berita di koran membuat orang-orang kembali ragu untuk mengunjungi Pakistan. Padahal, jika Anda sudah tiba di sana, Anda akan sadar bahwa Pakistan menyimpan sejuta keindahan dan keramahan yang tak terduga.  Jangan kaget jika ada yg tiba-tiba menawarkan secangkir teh di pinggir jalan, ataupun mengajak Anda berbincang mengenai cricket. Ya, wisatawan disambut dengan sangat baik oleh penduduk lokal, membuat Anda jatuh cinta pada salah satu destinasi wisata idaman yang dirahasiakan para pelancong ini.

Mata uang dan visa

Mata uang: Pakistani Rupee (PKR).

 

Diperlukan visa untuk masuk ke Pakistan, dan dibutuhkan waktu antara 30-90 hari untuk merilis visa, jadi rencanakan liburan ke Pakistan Anda jauh-jauh hari sebelumnya.

 

Iklim

Iklim di Pakistan cukup bervariasi, dengan sebagian besar daerah bermusim panas, kering di gurun; temperatur sedang di barat laut; Arktik di utara. Selain itu, banjir biasa terjadi di sepanjang Indus setelah hujan lebat di bulan Juli dan Agustus. Sementara panas dan lembab tapi menyuburkan tanah di wilayah Punjab.

 

Wisata ke Pakistan

Pakistan memiliki pemandangan alam yang indah dan terkenal sebagai salah satu tempat trekking dan hiking terbaik di dunia.  Ada Gilgit-Baltistan, rumah dari beberapa pegunungan tertinggi di dunia, termasuk di antaranya K2, gunung tertinggi ke-2 di dunia, Rakaposhi, serta Nanga Prabat yang terkenal dan menawarkan pengalaman trekking yang mengesankan. Di timur Chitral, ada Swat Valley, area pegunungan dengan pemandangan yang fantastis. Banyak juga reruntuhan dari patung-patung Buddha di sana. 

 

Menyetirlah sepanjang Karakoram Highway dan nikmati pemandangan indah Pegunungan Karakoram di sepanjang jalan, yang juga merupakan bagian dari Jalur Sutera, jalan utama menuju Cina. Lihat juga Hunza Valley, salah satu bagian terindah di area pegunungan, yang juga disebut-sebut sebagai inspirasi James Hilton ketika menulis Shangri-La. Pakistan juga memiliki beberapa pantai yang indah yang terletak di Karachi dan Gwadar, di sepanjang pesisir jalan tol Makran, seperti French Beach dan Hawksbay.

 

Berjalan-jalanlah di Lahore untuk menikmati arsitektur dan sejarahnya, kota yang tak boleh dilewatkan bagi Anda para pecinta sejarah. Berkunjunglah juga ke Taxila, Moenjodaro, Thatta, dan Harappa, di mana Anda bisa menjelajahi kekayaan sejarah Pakistan lewat situs-situs arkeologi di sana. Ada juga Peshwar, Khyber Pakhtunkhwa, kota kuno yang dikelilingi tembok tinggi dan memiliki 20 pintu masuk. Tapi Anda harus memiliki izin khusus untuk masuk ke sini, karena area ini masih berada dalam wilayah hukum adat.

 

Islamabad menjadi kota yang wajib dikunjungi di Pakistan, dan habiskan beberapa hari di sana. Karena selain ibukota negara, Islamabad juga merupakan kota yang sedang dikembangkan dan bernuansa lebih santai dan tenang dibanding kota-kota lainnya di Pakistan, serta dipenuhi oleh banyak museum, galeri seni, dan monumen bersejarah. 

 

Jangan lupa kunjungi juga Karachi, kota terbesar di negara ini, yang juga memiliki beberapa tempat wisata populer di Pakistan. Lihat Quaid-e-Azam's Mazar, makam dari pendiri Pakistan yang terbuat seluruhnya dari marmer putih yang cantik dan lengkungan dari Afrika Utara. Kunjungi juga Museum Nasional nya, Dream World, Alladin, Hill Park, Masjid Memon, dan Masjid Shah Faisal yang tak boleh dilewatkan, karena memiliki empat menara setinggi 88 meter, berbentuk seperti tenda di gurun, dan bisa menampung hingga seratus ribu umat.

 

Berkeliling

Bis merupakan salah satu alat transportasi utama untuk berkeliling di Pakistan, ataupun berkendara dari satu kota ke kota lainnya. Selain itu, kereta juga merupakan alternatif lain untuk berkeliling. Selain itu, Pakistan juga memiliki becak untuk transportasi lokal dengan harga yang lebih murah. Namun, becak tidak dapat Anda temukan di ibukota Islamabad karena becak dilarang beroperasi di sana.

 

Yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Patuhi rambu lalu lintas dan papan petunjuk jalan. Jika ada tanda yang bertuliskan “area sensitif”, sebaiknya berkunjunglah ke kantor polisi terdekat dan tanyakan apakah Anda diperbolehkan masuk atau tidak.

 

Jika Anda berkunjung ke rumah penduduk lokal, Anda pasti akan ditawari makanan dan minuman. Terimalah, karena jika Anda menolak, Anda akan dianggap tidak sopan.  

 

Gunakan baju atau rok panjang untuk wanita ketika berpergian di tempat publik, karena Pakistan masih merupakan negara yang konservatif.

 

Apakah anda tahu

Ketika Anda makan di rumah penduduk lokal, sisakan sedikit saja makanan di piring Anda untuk menyatakan bahwa Anda sudah kenyang dan Anda menghargai makanan yang diberikan. Jangan menghabiskan makanan hingga bersih sekali, karena itu artinya Anda akan diberikan makanan tambahan lagi. Tapi jangan juga tinggalkan terlalu banyak sisa karena Anda akan dianggap tidak menghargainya.

 

Beberapa hotel berbujet rendah hanya menyediakan kamar untuk laki-laki, dan pelancong wanita yang berpergian sendirian biasanya tidak diizinkan untuk menginap di sana karena pemilik hotel merasa kurang nyaman dengan ide bahwa seorang wanita berpergian sendiri tanpa teman dan tinggal di hotel mereka. Sehingga, Anda “dipaksa” untuk tinggal di hotel yang lebih mahal.

 

Di beberapa tempat, kata “hotel” dipergunakan juga untuk penginapan yang lebih sederhana seperti “guest house”, dan kadang juga digunakan untuk menyebut “restoran”, sehingga bisa cukup membingungkan bagi para wisatawan.

 

Cari penerbangan murah ke Pakistan

Tidak ada maskapai yang terbang langsung dari Indonesia ke Pakistan. Beberapa maskapai yang menyediakan rute ke Pakistan seperti Emirates, Qatar Airways, Saudia, Etihad Airways, Thai Airways, Turkish Airlines, Mihin Lanka, SriLankan Airlines, dan Kuwait Airways. Gunakan Skyscanner untuk membantu Anda membandingkan harga tiket ke Pakistan, dan dapatkan harga tiket pesawat murah ke Pakistan. 

lainnya

Foto oleh Flickr/Fantaz