Kampung Batu Sangkar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Penerbangan murah ke Padang

Sate Padang, Nasi Padang, Soto Padang: Wisata ke Padang

Padang adalah ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini termasuk salah satu kota besar di Pulau Sumatera. Sebagian besar suku yang tinggal di daerah ini merupakan suku Minangkabau. Kota Padang menghadap Samudra Hindia ke arah barat dan dikelilingi Pegunungan Bukit Barisan (yang terbentang dari Aceh sampai Lampung) dari arah timur. Letaknya yang berada di pesisir pantai membuat Kota Padang ini dari dahulu dikenal sebagai kota nelayan dan sejak jaman penjajahan Belanda Kota Padang menjadi bandar pelabuhan hingga sekarang. Kota Padang berkembang dengan pesat dan menjadi pusat perekonomian, pendidikan, serta kesehatan di Pulau Sumatera. Salah satu perguruan tinggi andalannya adalah Universitas Andalas, yang merupakan kampus tertua di luar Pulau Jawa. Kota Padang telah menjadi bagian dari tempat diselenggarakannya lomba balap sepeda internasional seperti Tour de Singkarak yang terakhir diselenggarakan pada tahun 2013.

 

Pencarian Penerbangan ke Padang

Kota Padang memiliki bandar udara bertaraf internasional yang bernama Bandar Udara Internasional Minangkabau. Terdapat sejumlah maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari dan ke Kota Padang, seperti Lion Air, Indonesia AirAsia, Garuda Indonesia, Citilink, Mandala Airlines, dan Sriwijaya Air. Rute-rute penerbangan ke Padang yang telah tersedia dan ramai oleh penumpang di antaranya adalah Jakarta-Padang, Solo-Padang, Pekanbaru-Padang, Medan-Padang, Makassar-Padang, dan juga Kuala Lumpur-Padang. Calon wisatawan yang tertarik mengunjungi Padang tidak perlu khawatir dalam mencari tiket penerbangan murah ke Padang. Banyaknya maskapai penerbangan dan pilihan rute penerbangan ke Padang membuka peluang para calon wisatawan untuk memeroleh tiket penerbangan murah ke Padang. Pencarian tiket murah ke Padang juga sangat dipermudah dan dipercepat dengan penggunaan situs pencarian travel Skyscanner

 

Wisata Populer di Padang

Salah satu cerita legebukit nda terkenal di Indonesia berasal dari Kota Padang, yaitu cerita Siti Nurbaya dan Malinkundang. Tidak heran banyak tempat wisata yang populer di Padang terkait dengan cerita-cerita legenda ini. Tempat wisata itu di antaranya adalah Jembatan Siti Nurbaya, Taman Siti Nurbaya, dan Pantai Air Manis. Di Pantai Air Manis ini terdapat batu yang berbentuk seperti seorang pria yang sedang membungkuk meminta maaf. Penasaran bagaimanakah bentuk batu tersebut? Ayo, cari tiket pesawat murah ke Padang dengan Skyscanner yang akan membandingkan penerbangan ke Padang dari seluruh maskapai dan memberikan harga penerbangan terhemat special untuk Anda. Letak Kota Padang yang berada di pesisir Pulau Sumatra tentunya menjadikan kota ini kaya akan wisata pantai, seperti Pantai Caroline di samping Pantai Air Manis yang telah disebutkan sebelumnya. Kunjungan para wisatawan ke Kota Padang belum akan lengkap apabila belum menyicipi masakan Padang dan salah satunya yang telah terkenal di mancanegara adalah masakan rendang.

 

Wisata Menyelami Legenda Siti Nurbaya dan Malinkundang

Legenda Siti Nurbaya dan Malinkundang merupakan salah satu legenda yang terkenal di Indonesia. Siti Nurbaya adalah cerita kasih tak sampai antara Samsulbahri dan Siti Nurbaya. Cerita ini ditulis oleh Marah Rusli. Cerita ini berkisah tentang Samsulbahri dan Siti Nurbaya yang saling mencintai tetapi terpaksa berpisah karena Samsulbahri dipaksa pergi ke Batavia. Siti Nurbaya menikah dengan Datuk Meringgih yang dikenal kaya tetapi kasar agar ayahnya dapat terbebas dari hutang. Pada akhirnya Datuk Meringgih membunuh Siti Nurbaya dan Samsulbahri membunug Datuk Meringgih. Terdapat beberapa tempat wisata di Padang yang dihubungkan dengan cerita ini, yaitu Jembatan Siti Nurbaya dan Taman Siti Nurbaya. Jembatan Siti Nurbaya adalah jembatan yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Gado Gado atau Bukit Sentiong. Di malam hari, perbukitan ini terang oleh lampu warna warni dan menarik minat baik masyarakat setempat maupun pengunjung untuk bersantai. Di sepanjang jembatan terdapat orang-orang yang berjualan makanan dan minuman, mulai dari sate padang hingga pisang goreng. Selain itu, beberapa orang memercayai bahwa terdapat kuburan Siti Nurbaya yang terletak di Gunung Padang. “Kuburan” ini berada di dalam kawasan Taman Siti Nurbaya. Taman ini merupakan taman yang indah dan rindang dimana para pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Padang dari ketinggian.  Selain cerita Siti Nurbaya, cerita lain yang tidak kalah populer adalah cerita Malinkundang. Malinkundang adalah seorang anak laki-laki yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu karena telah menjadi anak yang durhaka. Sebelumnya Malinkundang pergi meninggalkan ibunya untuk mengadu nasib. Ia berhasil menjadi orang kaya namun sekembalinya ke kampung halamannya ia merasa malu untuk mengakui identitas ibunya yang berpenampilan seperti pengemis.  Di tepi Pantai Air Manis terdapat batu Malinkundang. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata favorit karena pemandangan yang indah. Selain itu, pengunjung dapat berjalan kaki ke Pulau Pisang Kecil yang terletak tidak jauh dari pantai ini melalui air dangkal. Pantai Air Manis terletak 15 km dari Kota Padang.

 

Wisata Budaya

Kota Padang memiliki sebuah museum yang bernilai sangat penting, khususnya di Sumatera barat. Museum ini bernama Museum Adityawarman dan berlokasi di Jl. Diponegoro no 10, Kota Padang. Pengunjung museum dapat melihat berbagai benda bersejarah dari budaya Minangkabau dan Mentawai. Museum ini memiliki gaya arsitektur berupa Rumah Gadang atau rumah adat ciri khas Minangkabau. Ayo rencanakan kunjungan Anda, mungkin bersama anak-anak ketika liburan sekolah, untuk memperkenalkan mereka lebih dalam kepada budaya dan kesenian di sekitar Sumatra. Cari tiket pesawat murah ke Padang di Skyscanner.

Anda yang suka kesenian, seperti budaya tari, harus menyaksikan tari Balanse Madam yang berasal dari komunitas Nias yang juga dipengaruhi oleh budaya Portugis dan Minangkabau. Bagi Anda yang penasaran dengan bangunan-bangunan kuno yang telah dibangun dari abad lalu, bisa mengunjungi Kampung Cina dan Kampung Muara.

 

Wisata Alam

Kota Padang berlokasi di pesisir Pulau Sumatera sehingga tentu saja kota ini memiliki sejumlah tempat wisata pantai yang ramai oleh pengunjung. Pantai yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Padang adalah Pantai Caroline atau Pantai Taman Nirwana. Pantai ini terletak di daerah wilayah Bungus, sekitar 25-30 km dari pusat Kota Padang. Pantai Caroline memiliki air yang jernih dan terdapat banyak pohon pinus berjejer di sepanjang kawasan pantai sehingga memberikan kesan yang unik sekaligus santai bagi para pengunjung. Selain menikmati keindahan pantai, para pengunjung juga dapat mencoba banana boat serta arena outbound. Selain Pantai Caroline, Pantai Padang Taplau juga menjadi salah satu tujuan wisata. Pantai ini terletak di pusat Kota Padang. Pantai ini tidak terlalu berpasir, namun pengunjung tidak akan kecewa dengan pemandangan matahari terbenam yang dapat dilihat dari pantai ini. Selain itu, anak-anak juga dapat terhibur dengan arena bermain serta kegiatan naik mobil berbentuk kereta menelusuri Pantai Padang. Anak muda juga suka menghabiskan waktu disini di malam hari sambil menikmati pisang atau jagung bakar. Anda ingin bergabung untuk menikmati keindahan Kota Padang? Segera terbang ke Padang, dan tentunya carilah tiket pesawat hemat terlebih dahulu dengan mudah dengan Skyscanner. Selain berwisata pantai, para wisatawan juga dapat berkunjung ke Jembatan Akar. Jembatan ini terletak lebih kurang 88 km dari Kota Padang, yaitu di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Hal yang istimewa dari jembatan ini adalah jembatan ini dibangun dengan merangkai akar dari dua jenis pohon dan diperkirakan berusia 100 tahun. Pulau Sikuai menjadi salah satu tempat wisata yang banyak digemari oleh turis domestik dan mancanegara beberapa tahun belakangan ini. Untuk lebih detail, baca cerita singkat tentang Pulau Sikuai.

 

Wisata Kuliner

Wisata kuliner merupakan wisata wajib saat berkunjung ke Padang. Salah satu makanan khas Padang yang namanya sudah terkenal hingga mancanegara adalah makanan rendang. Rendang daging terdiri atas santan dan daging sapi. Daging ini dimasakan dengan menggunakan berbagai rempah seperti lengkuas, serai, dan bawang. Makanan khas lainnya dari Padang adalah sate padang. Menu ini juga menggunakan daging dan lidah sapi yang dimakan dengan dipadu kuah kacang yang kental. Sate padang memiliki cita rasa yang pedas yang membuat siapapun yang memakannya ketagihan. Di Padang sendiri terdapat dua jenis sate lainnya, yaitu sate padang panjang yang berkuah dan sate pariaman yang berkuah warna merah. Salah satu tempat untuk mencoba sate khas Padang adalah di Sate Mak Syukur yang terletak di Jl. St. Syahrir No 250 Silaing Bawah, Padang. Rumah Makan Aie Badarun yang terletak di Jl. Koto Tuo Panyailaian Padangpanjang juga merupakan salah satu tempat makan pilihan untuk menyicipi berbagai masakan padang. Rumah makan ini terletak 5 km menjelang Bukittinggi dari arah Padang. Gulai ikan juga menjadi salah satu menu favorit wisatawan di Padang. Menurut beberapa orang, Restoran Pauh yang terletak di Jl. Khatib Sulaiman merupakan salah satu tempat yang menjual gulai ikan dengan rasa yang sangat nikmat. Tidak hanya makanan berat, Padang juga memiliki makanan ringan yang tidak boleh terlewatkan, yaitu tumbang pisang. Makanan ini menggunakan jenis pisang batu atau gepok yang direbus lalu dikupas dan ditumbuk. Pisang ini nantinya disajikan dengan gula aren dan kelapa parut.

 

Oleh-oleh Khas Kota Padang

Para wisatawan tidak perlu merasa bingung dalam mencari oleh-oleh khas Padang karena terdapat beragam pilihan, mulai dari kain hingga makanan. Kain songket merupakan kain terkenal yang berasal dari Sumatra Barat. Kain songket merupakan oleh-oleh yang khas karena kain ini terbuat dari benang emas. Terdapat beragam pilihan kualitas dan harga dari kain songket ini, tergantung dari cara pembuatannya. Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis kain di sentra penjualan kain di Pasar Atas Bukittinggi. Aksesoris bernuansa Minang juga dapat menjadi pilihan oleh-oleh, misalnya gantungan kunci dan replika mini dari rumah gadang. Barang-barang ini dapat ditemukan di Pasar Bukittinggi. Pengunjung juga biasanya akan membawa kerupuk kulit dan keripik balado sebagai salah satu oleh-oleh. Keripik balado sendiri adalah keripik dari ubi kayu yang diiris tipis, digoreng, lalu diberi saus pedas. Rasanya sungguh lezat! Jenis kerupuk ini dapat ditemukan di berbagai pasar.

 

    lainnya

    Penerbangan termurah ke Padang dari...

     Tawaran Padang

    Hotel di Padang dari Rp 618.138 per malam

     Terpopuler di Skyscanner

    harga mulai dari Rp 644.648 pulang-pergi

    ID
    PDG
    Ketik negara, kota, atau bandara
    Ketik negara, kota, atau bandara
    12+ tahun
    bawah 12
    bawah 2
     
    Pemeriksaan harga (jendela baru)
      cari maskapai 48

      Foto oleh flickr/udeyismail

      Perangkat Penerbangan

      Situs Internasional

      Masuk sebagai

      Pengaturan Akun Keluar