Cari penerbangan

Jenis pulang-pergi

Penerbangan ke Maroko

Maroko

 

Hanya beberapa jam saja dari kota-kota utama di Eropa, Anda bisa masuk ke Afrika Utara dan berkenalan dengan negeri magis Maroko. Bukan hanya pegunungan bersalju dan pantai berombak tinggi yang negara ini tawarkan, tapi juga bukit berpasir Sahara yang menakjubkan. Wisata ke Maroko pun akan semakin penuh warna karena banyaknya pasar-pasar terbuka yang menjual berbagai macam barang, dijamin Akan membuat Anda lupa waktu di negeri yang indah ini.

 

Mata Uang dan Visa

Mata uang: Dirham

 

Warga Indonesia tidak membutuhkan visa untuk memasuki Maroko, dan turis bisa tinggal di sana hingga 90 hari. 

 

Ke mana harus pergi

Mulailah wisata Anda ke Maroko dengan berkeliling kota yang ceria ini. Kunjungi pasar-pasar terbukanya, kagumi arsitektur peninggalan abad pertengahan lewat pintu-pintu tua dan tembok pertahanannya. Lihat juga beberapa tempat wisata populer di Maroko seperti Pusara Saadian, reruntuhan Istana El Badi, dan Masjid Koutoubia dengan menara abad ke-12 nya. Sore harinya, Anda bisa berjalan ke Jamaa el-Fnaa, alun-alun kota terbesar di Afrika yang dibanjiri oleh penjual-penjual makanan dan kios-kios lainnya.

 

Kunjungilah juga beberapa kota yang wajib dikunjungi di Maroko, seperti Meknes, yang terkenal akan keindahannya sehingga disebut-sebut sebagai Versailles-nya Maroko. Jangan lupa juga untuk menyempatkan diri mampir ke kota Casablanca, kota terbesar di Maroko sekaligus rumah dari Masjid Hassan II yang merupakan masjid terbesar di Afrika dan terbesar ke-7 di dunia, dan tentunya kunjungi juga lah kota Marrakesh yang terkenal sebagai “Kota Merah” yang merupakan salah satu peninggalan masa kerajaan yang paling menonjol, akan meninggalkan kesan khusus sepeninggal Anda dari kota ini.

 

Bermainlah juga ke Fez untuk melihat kota kerajaan yang masih banyak memiliki jalan-jalan peninggalan abad pertengahan yang sempit, medina yang besar, Universitas Al-Karaouine yang kuno dan Bou Inania Madrasa yang berfungsi sebagai institusi pendidikan sekaligus tempat ibadah. 

 

Untuk Anda yang ingin lebih bersantai, jangan lupa kunjungi ibukota Maroko, Rabat, yang sangat santai dan tidak rumit. Merapatlah ke Asila, Agadir, atau Essaouira yang terkenal akan pantai-pantainya yang cantik, sekaligus merupakan titik awal untuk memulai perjalanan Anda ke Pegunungan High Atlas. 

 

Naiklah ke Jebel Toubkal, puncak tertinggi di Afrika Utara yang menawarkan pemandangan indah tak terlupakan. Naiklah unta dan berkelanalah ke Sahara di Erg Chebbi dekat Merzouga. Bangunlah kemah dan nikmati malam penuh bintang di langitnya.

 

Sudah tiba di Maroko jangan sampai tidak mencoba hammam-nya. Tanyakan pada hotel Anda ke mana para penduduk lokal pergi, dan ikutilah arahannya karena biasanya hammam para penduduk lokal adalah yang terbaik.

 

Berkeliling

Kereta menjadi pilihan terbaik untuk berkeliling Maroko karena cepat, frekuensinya yang banyak, dan juga nyaman. Akan tetapi, rute yang ditawarkannya sangatlah terbatas, hanya beberapa kota-kota besar di Maroko saja, seperti Marrakesh, Tangier, Casablanca, Rabat, Meknes, dan Fez. Bis mewah menjadi pilihan berikutnya yang bisa menjangkau daerah yang lebih luas. Bis lokal tetap bisa diandalkan walaupun lebih lama karena mereka berhenti di banyak tempat.

 

Pilihan lain yang bisa Anda coba adalah taksi. Tapi taksi di Maroko berbeda dengan taksi di Indonesia, di mana taksi di sana menggunakan sistem sharing dengan penumpang lainnya yang tidak selalu Anda kenal, dan biasanya memuat hingga enam penumpang per mobil. Harganya lebih murah dari bis mewah, tapi lebih mahal dari bis lokal, dan bisa mengantar Anda dari satu kota ke kota lainnya.

 

Yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Menyetir dalam keadaan mabuk adalah ilegal, bahkan jika Anda hanya meminum satu gelas/kaleng/botol bir saja.

 

Jangan meminum air dari keran di Maroko, bahkan di hotel sekalipun, karena air di sana mengadung mineral yang lebih tinggi dibanding di Eropa.

 

Hati-hati terhadap berbagai jenis penipuan, baik yang menawarkan Anda untuk berkeliling, menawarkan hadiah, ataupun sekedar mengajak Anda berbicara untuk melatih Bahasa Inggris mereka. Berani untuk berkata tidak dengan sopan jika Anda tidak yakin dengan apa yang ditawarkan kepada Anda.

 

Toilet-toilet di Maroko kadang tidak memiliki tisu, sehingga ada baiknya jika Anda membawanya sendiri jika Anda ingin ke toilet.

 

Apakah anda tahu…?

Harga-harga barang di pasar terbuka ditentukan dalam basis harian, atau bahkan jam, tergantung seberapa banyak barang yang sudah terjual pada hari itu, dan kadang juga tergantung pada estimasi kekayaan pembeli oleh si penjual. Namun jika Anda bersikap ramah dan sopan, harga yang diberikan kepada Anda bisa jadi lebih murah. Beranikan diri untuk menawar harga pada barang yang memang Anda inginkan.

 

Kebanyakkan restoran di Maroko menyakikan makanan internasional karena penduduk lokal terbiasa makan makananan khas Maroko di rumahnya masing-masing.

 

Cari penerbangan murah ke Maroko

Rencanakan liburan ke Maroko yang eksotis. Dengan harga tiket ke Maroko yang cukup bervariasi, Skyscanner bisa membantu Anda mencari tiket pesawat murah ke Maroko. Tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Maroko. Beberapa maskapai yang terbang ke Maroko: Emirates, Air France, Qatar Airways, Saudia, KLM, Etihad Airways, Turkish Airlines, dan Lufthansa.

lainnya

Foto oleh Flickr/dewet