ID
Ketik negara, kota, atau bandara
Ketik negara, kota, atau bandara
12+ tahun
bawah 12
bawah 2
 
Pemeriksaan harga (jendela baru)
    cari maskapai 45

    Qatar Airways

    Maskapai penerbangan Qatar adalah penerbangan milik Qatar dan berkantor pusat di Doha. Maskapai penerbangan ini mulai beroperasi pada Januari 1994 dan pada Oktober 2012 menjadi bagian dari aliansi Oneworld. Qatar beroperasi dengan menggunakan 126 armada yang terdiri atas 81 pesawat Airbus 320, 340, 350, 380 dan 45 pesawat Boeing 777. Qatar juga sedang dalam proses pemesanan lebih dari 174 pesawat. Qatar telah tercatat di dalam sejarah sebagai maskapai penerbangan komersial dunia yang pertama yang menggunakan gas sintetis dan bukan bensin cair yang berasal dari gas alami. Maskapai penerbangan ini terkenal untuk layanan penerbangan mewah yang ditawarkan oleh First class dan Business class serta kenyamanan dan pelayanan luar biasa dari Economy class. Maskapai penerbangan Qatar menawarkan beragam pilihan hiburan individual selama penerbangan pada hampir semua penerbangannya (kecuali pada beberapa pesawat Airbus yang juga telah diganti). Selain itu Qatar juga memiliki program hadiah dan frequent flyer yang cukup populer di antara para konsumen.

     

    Penghargaan yang Telah Diperoleh

    Selama ini maskapai penerbangan Qatar telah menghadapi persaingan yang kuat antara berbagai maskapai penerbangan Timur Tengah yang populer seperti Emirates dan Etihad, tetapi Qatar membuktikan diri mampu mempertahankan reputasinya sebagai pemberi jasa layanan yang berkualitas. Maskapai ini terkenal oleh kepiawaian karyawannya, penataan tempat duduk yang superior, dan pelayanan yang memuaskan baik dari Business class maupun Economy class. Selain itu, maskapai penerbangan Qatar telah memenangkan beragam penghargaan selama beberapa tahun terakhir, seperti : Best Business Class (World Airline Awards, 2013), World’s Best Business Class Lounge (World Airline Awards, 2013), Best Airline Staff Service in Middle East (World Airline Awards, 2013), World’s Best First Class Lounge (World Airline Awards, 2011), Best Airline – Middle East (World Airline Awards, 2011), Best Economy Class (Skytrax Awards, 2010 dan2009).

     

    Rute dan Tujuan Penerbangan

    Qatar merupakan satu dari sedikit maskapai penerbangan yang beroperasi di enam benua, yang mencakup 128 tujuan penerbangan di 69 negara. Bandara pusatnya yakni Bandar Udara Internasional Doha terhubung ke semua destinasi penerbangan di Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Oseania. Qatar juga memiliki perjanjian code-share dengan berbagai maskapai penerbangan internasional seperti American Airlines, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Bangkok Airways, Gol Airlines, JetBlue Airways, Middle East Airlines, dan Philippine Airlines. Bahkan rute perpanjangan yang berada di luar jaringan Qatar juga tercakup oleh perjanjian code-share dengan SNCF railways (sebuah perusahaan kereta api milik Perancis).

     

    Informasi pada halaman ini terakhir diperbarui pada tanggal 17 Februari 2014.

    Kenapa terbang pakai Qatar

    Cara Check-In

    Counter check-in buka 2 jam sebelum jadwal penerbangan dan tutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan. Pada saat melakukan proses check-in, penumpang perlu mempersiapkan paspor, visa, rencana perjalanan yang telah dicetak, dan foto yang berlaku. Selain itu Qatar Airways juga menawarkan fasilitas web check-in yang dapat dilakukan sejak 36 jam hingga 90 menit sebelum jadwal penerbangan. Khusus penerbangan tujuan Amerika Serikat, web check-in baru dapat dilakukan 24 jam sebelum waktu keberangkatan. Fasilitas web check-in hanya berlaku untuk tidak lebih dari 9 penumpang yang tiketnya dipesan di bawah PNR yang sama. Qatar Airways juga menawarkan fasilitas mobile boarding pass bagi para penumpangnya.

    Ketentuan Bagasi

    Ketentuan bagasi bervariasi untuk setiap negara tujuan dan kondisi khusus setiap penumpang. Maskapai penerbangan Qatar menerapkan perhitungan bagasi per buah untuk negara seperti Brazil, Argentina, dan Amerika Serikat. Secara umum pada semua penerbangan, penumpang mendapat hak bagasi dengan beban maksimal 50 kg untuk First class, 40 kg untuk Business class, dan 30 kg untuk Economy class. Selain itu penumpang dapat membawa tas ke dalam kabin dengan ketentuan berat maksimal 7 kg untuk Economy class dan 15 kg baik untuk Business class maupun First class. Tarif untuk kelebihan beban bagasi berkisar dari 22 USD hingga 70 USD tergantung pada proses check-in (melalui web atau counter) yang dilakukan. Terdapat beberapa benda yang dilarang untuk dibawa, termasuk material radioaktif, bahan penyebab karat, erosol, bahan peledak, zat cair atau padat yang dapat terbakar, benda tajam, zat beracun.

    Makanan dan Minuman

    Maskapai penerbangan Qatar telah mempersiapkan beragam pilihan makanan yang lezat dan berbagai jenis minuman selama penerbangan untuk semua penumpangnya. Selain itu, Qatar juga menawarkan pilihan menu khusus, seperti untuk penderita diabetes dan penganut agama Hindu. Penumpang yang membutuhkan pilihan menu khusus dapat memberitahukannya pada saat melakukan pemesanan tiket atau setidaknya 72 jam sebelum jadwal keberangkatan.

    Pilihan Kursi

    Maskapai penerbangan Qatar mencakup pesawat Airbus A340-600 yang telah dirancang untuk memberikan kualitas kenyamanan kursi sesuai dengan kelasnya, yaitu First class, Business class, dan Economy Class. Pada umumnya setiap pesawat memiliki kapasitas tempat duduk berjumlah 306, dengan 8 tempat duduk First class, 42 kursi Business class, dan 256 tempat duduk Economy class.

    Biaya Pemesanan

    Hasil pencarian Skyscanner mencamtumkan harga tiket pesawat Qatar yang sesungguhnya. Skyscanner tidak mengambil komisi apapun. Penumpang dapat melakukan pembayaran tiket secara langsung ke situs resmi dari mitra Skyscanner yang memberikan tiket itu. Adapun demikian biaya tambahan dari online travel agent tertentu mungkin berlaku untuk beberapa metode pembayaran, seperti kartu kredit.

    Perangkat Penerbangan

    Situs Internasional

    Masuk sebagai

    Pengaturan Akun Keluar