Cari penerbangan

Jenis pulang-pergi

Aviastar Airlines

Aviastar merupakan maskapai penerbangan domestik Indonesia yang beroperasi di bawah PT Aviastar Mandiri. Didirikan pada tahun 2000 oleh pilot Indonesia bernama Sugeng Triyono bersama empat rekannya, Aviastar semula diciptakan untuk melayani penyewaan berbagai jenis helikopter. Pada tahun 2003, Aviastar kemudian mendapat izin operasi maskapai (Air Operator’s Certificate atau AOC) sebagai maskapai penerbangan niaga berjadwal.

Berkantor pusat di Jakarta Timur, maskapai penerbangan Aviastar memfokuskan pelayanannya untuk kebutuhan transportasi udara murah antar wilayah yang cukup terpencil di Indonesia, terutama daerah Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua. Armada maskapai Aviastar terdiri atas dua jenis unit pesawat, yaitu De Havilland DHC-6-300 Twin Otter dengan kapasitas maksimum 20 penumpang dan BAe 146-200 dengan kapasitas maksimum 112 penumpang. Khusus untuk pesawat De Havilland DHC-6-300 Twin Otter, selain untuk penerbangan komersil, pesawat ini sering pula difungsikan untuk penerbangan charter, pesawat kargo, ambulans udara, dan pesawat survey.

Basis operasional utama maskapai penerbangan Aviastar berada di Jakarta, yaitu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kota lainnya seperti Denpasar (Bandara Internasional Ngurah Rai), Makassar (Bandara Internasional Sultan Hasanuddin), Balikpapan (Bandara Sultan Aji Muhammad

Sulaiman), Palangkaraya (Bandara Tjilik Riwut), dan Nabire (Bandara Nabire). Maskapai Aviastar juga memiliki satu hub di bandara Samarinda.

 

Cara Check-In

Penumpang dari maskapai penerbangan Aviastar dapat melakukan check-in dengan mengunjungi konter Aviastar di bandara. Pertama-tama, setelah melakukan pemesanan, maka Anda akan menerima e-ticket Aviastar melalui email. Setelah menerima e-ticket tersebut, cetaklah dan bawalah ke konter check-in di bandara. Batas waktu check-in di konter maskapai Aviastar ini yaitu 45 menit sebelum waktu keberangkatan. Penumpang yang sedang mengandung atau bepergian bersama anak kecil dapat tetap melakukan check-in dengan catatan sebagai berikut:

* Wanita hamil dengan usia kandungan di bawah 27 minggu wajib melaporan kehamilannya saat check-in dan menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban. Khusus bagi wanita hamil dengan usia kandungan di antara 28-34 minggu, wajib menambahkan surat keterangan dokter pada saat melakukan check-in bersamaan dengan menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban. Perlu diingat bahwa wanita hamil dengan usia kandungan di atas 35 minggu tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan.

* Penumpang dipersilahkan membawa bayi berusia di atas delapan hari. Bayi di bawah usia delapan hari tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan kecuali disertai surat Pernyataan Penanggungjawaban dari orang tua bayi dan surat tertulis resmi dari dokter.

* Anak-anak di bawah usia 12 tahun wajib didampingi seseorang yang berusia di atas 18 tahun pada saat melakukan check-in dan juga selama penerbangan.

Rute Penerbangan 

Saat ini Aviastar melayani melayani lebih dari 30 rute penerbangan domestik Indonesia, didominasi oleh rute-rute ke kota perintis di antaranya Jakarta - Ketapang, Balikpapan - Samarinda, Palangkaraya  - Pangkalanbun, Makassar - Selayar, Tana Toraja - Bua, Banjarmasin - Muara Teweh,  dan Nabire - Timika. Penerbangan ke kota-kota besar di pulau Jawa juga tersedia yaitu ke kota Semarang dan Yogyakarta melalui kota Lampung. Aviastar sangat cocok bagi Anda yang ingin mengeksplorasi keindahan budaya serta alam Indonesia di daerah-daerah terpencil tersebut dengan biaya murah.